Press "Enter" to skip to content

10.000 Bulu Burung Ditempel di Bodi Mobil Sport Selama 300 Jam Pakai Tangan, Begini Jadinya

Burungnya.com – Kecepatan mobil sport sudah tak bisa dipertanyakan lagi kehebatannya. Mobil ini memang didesain ramping dengan tingkat aerodinamis sempurna agar udara yang menerpa bodi mobil tidak menghalangi laju kecepatan mobil. Nah, untuk tujuan yang sama perusahaan mobil McLaren membuat desain mobil berlapis bulu burung.

Perusahaan mobil sport mewah asal Inggris, McLaren, belum lama ini mengumumkan peluncuran Feather Wrap (pembungkus bulu) sebagai pilihan untuk model 570GT. Mobil langsing tersebut setidaknya telah ditempeli 10.000 bulu burung dari bahan sintetis pada keseluruhan bodinya.

Sehingga, mobil McLaren model 570GT sekilas tampak seperti burung sungguhan. Proses penempelan bulu burung ke bodi mobil dilakukan secara manual menggunakan tangan, dengan lama pengerjaan sekitar 300 jam.

Bulu burung sintetis memiliki panjang 7 cm dan dilapisi dengan pernis pearlescent. Semua bulu ditempel secara pararel ke arah depan supaya bisa menjadi bantalan efek dari udara yang mengalir di atas tubuh mobil. Bulu-bulu palsu tersebut bertindak sebagai alur angin ke belakang.

Baca juga: Inilah Lovebird Tanpa Bulu yang Banjir Pujian dan Heboh di Instagram

“Insinyur dan desainer kami telah lama terinspirasi oleh alam dengan tujuan untuk menciptakan bentuk paling ringan dan paling aerodinamis di jalan. Kami menyebutnya biomimicry. Dan saat itu merupakan hari yang indah di sekitar kampus kami bahwa salah satu dari kami menatap burung-burung berputar-putar di danau kami, kemudian mengambil bulu burung dari tanah dan meletakkannya di sebuah mobil. Setelah itu terjadi percakapan dengan para pengrajin dan wanita di  McLaren Special Operations (MSO) yang menyebabkan penciptaan Feather Wrap,” terang Robin Crane, McLaren Biomimicry Specialist, dikutip dari Paultan.

Bila mobil melaju dengan kecepatan tinggi, maka diperkirakan bulu-bulu akan bergetar. Guna mengurangi efek tersebut, pihaknya hanya menambahkan 2,5 kg bulu dari berat mobil.

Baca juga: Pecinta Hewan Marah, Bangkai Burung Dijadikan Karya Seni Seharga Rp 53 Juta

“Prestasi kami telah mencetak burung kecil melalui proyek ini. Feather Wrap sudah bisa dipesan sebagai pilihan untuk McLaren 570GT mulai tanggal 1 April 2017,” pungkas Crane, seperti dikutip dari Okezone.

Berikut video mobil sport berlapis bulu burung dari McLaren:

 

Be First to Comment

Comment here