Burung tercantik

10 Burung Tercantik di Dunia Tak Pernah Tergantikan Hingga Sekarang

Burungnya.com – Ketika ditanya, burung apa yang paling cantik di dunia? Sepertinya semua orang akan memberikan jawaban yang berbeda-beda. Ini tak mengherankan karena sekarang terdapat sekitar 10.000 spesies burung yang tersebar di seluruh dunia. Setiap spesies burung terlahir unik dengan keindahannya masing-masing.

Ada burung yang cantik karena suaranya. Ada pula burung yang dikatakan cantik karena keindahan bulunya. Nah, di sini kami akan memperkenalkan burung-burung tercantik di dunia karena keindahan bulunya. Kecantikan burung-burung tersebut disinyalir tak pernah tergantikan hingga sekarang, seperti yang disadur dari TheMysteriousWorld.

1. Burung Golden Pheasant

Burung Golden Pheasant (TheMysteriousWorld)
Burung Golden Pheasant (TheMysteriousWorld)

Burung Golden Pheasant sering dipanggil burung tercantik di dunia karena memiliki bulu yang sangat indah. Burung ini terlahir sempurna dengan warna bulu kuning keemasan yang dipadukan dengan warna merah darah. Bagian leher hingga punggung dihiasi garis-garis berwarna orange yang melingkar indah. Selain itu, jambul emasnya membuat burung Golden Pheasant semakin tampak berwibawa. Burung Golden Pheasant sendiri bisa ditemui di kawasan hutan lebat China Tengah.

2. Burung Scarlet Macaw

Burung Scarlet Macaw (TheMysteriousWorld)
Burung Scarlet Macaw (TheMysteriousWorld)

Burung Scarlet Macaw merupakan salah satu burung terindah di keluarga Macaw. Bahkan, spesienya yang lain seperti burung Beo juga mengakui bahwa burung Scarlet Macaw adalah burung yang sangat indah. Keindahan burung tersebut terpancar dari warna-warna bulu yang indah, seperti perpaduan warna merah cerah, kuning, hijau dan biru. Burung Scarlet Macaw biasa mendiami kawasan hutan cemara lembab di Amerika Tengah dan Selatan.

3. Burung Flamingo

Burung Flamingo (TheMysteriousWorld)
Burung Flamingo (TheMysteriousWorld)

Burung Flamingo menjadi salah satu burung paling indah di dunia karena memiliki warna bulu pink semburat orange yang indah. Burung ini terbilang unik karena terbiasa hidup di lingkurang perairan. Hal ini wajar karena makanan utama burung Flamingo adalah ikan kecil, larva, dan plankton. Keunikan lainnya, kaki burung Flamingo bisa mencapai 50 inci atau sekitar 130 cm. Burung Flamingo sendiri bisa ditemukan di semua benua, kecuali Antartika.

4. Burung Merak

Burung Merak (TheMysteriousWorld)
Burung Merak (TheMysteriousWorld)

Semua orang pasti mengakui bahwa burung merak adalah salah satu jenis burung tercantik di dunia. Bagaimana tidak cantik, burung bertubuh biru ini mempunyai ekor warna-warni yang sangat mempesona. Ekornya yang indah bisa tumbuh hingga 5 kaki atau sekitar 1,5 meter. Burung Merak juga disebut-sebut sebagai salah satu burung terbang terbesar di dunia. Burung ini tersebar di seluruh dunia, terutama di India dan Kongo.

5. Burung Keel-billed Toucan

Burung Keel-billed Toucan (ttschleuder wikimedia)
Burung Keel-billed Toucan (ttschleuder wikimedia)

Burung Keel-billed Toucan adalah salah satu burung paling cantik dari keluarga burung berparuh panjang. Ya, burung ini mempunyai paruh berwarna pelangi dan bulu hitam legam. Biasanya, burung Keel-billed Toucan tersebar di hutan-hutan Amerika Tengah dan Selatan.

6. Burung Atlantic Puffin

Burung Atlantic Puffin (tero laakso flickr)
Burung Atlantic Puffin (tero laakso flickr)

Burung Atlantic Puffin sering dipanggil burung beo laut. Soalnya, burung ini menghabiskan masa hidupnya di laut. Menariknya lagi, burung Atlantic Puffin mempunyai bulu kedap air untuk mencari makan di permukaan dan dalam air laut. Kecepatan terbangnya mencapai 55 mil per jam dengan kepakkan sayap hingga 400 kali per menit. Burung Atlantic Puffin tinggalnya di tebing-tebing Pulau Utara Samudera Atlantik.

7. Burung Blue Jay

Burung Blue Jay (TheMysteriousWorld)
Burung Blue Jay (TheMysteriousWorld)

Seperti namanya, burung Blue Jay adalah burung yang indah dengan warna biru serta putih. Burung ini tidak hanya indah karena dia juga dijuluki sebagai salah satu burung paling pintar di dunia. Burung Blue Jay dapat menirukan suara burung dari spesies lain, bahkan burung elang sekalipun. Kalau di penangkaran, burung Blue Jay dapat pula diajarkan untuk meniru ucapan manusia dan suara hewan peliharaan lainnya. Burung Blue Jay tersebar di hutan Amerika Timur, Tengah, dan Utara.

8. Burung Bohemian Waxwing

Burung Bohemian Waxwing (TheMysteriousWorld)
Burung Bohemian Waxwing (TheMysteriousWorld)

Burung Bohemian Waxwing adalah burung penyanyi yang memiliki kepala jambul khas dan masker berwarna hitam. Selain jambul, warna bulu kecoklatannya juga membuat burung Bohemian Waxwing terlihat semakin indah. Burung pemakan serangga dan buah ini sering dijumpai di hutan Boreal di seluruh Amerika Utara, Eurasia, Kanada, dan Alaska.

9. Burung Hyacinth Macaw

Burung Hyacinth Macaw (sunira wikimedia)
Burung Hyacinth Macaw (sunira wikimedia)

Burung Hyacinth Macaw merupakan spesies burung beo terbesar di dunia. Burung ini terlihat begitu mencolok dengan warna birunya. Sayang, populasi burung Hyacinth Macaw mulai menurun dalam beberapa tahun terakhir. Sekarang hanya tersisa kurang dari 5.000 burung Hyacinth Macaw di seluruh dunia. Hal ini disebabkan oleh perburuan liar yang begitu marak. Namun, saat ini burung Hyacinth Macaw bisa ditemui di kawasan padang rumput Brasil Utara.

10. Burung Cendrawasih

Burung Cendrawasih (youtube.com)
Burung Cendrawasih (youtube.com)

Burung Cendrawasih atau biasa disebut burung surga ini mempunyai bulu dan ekor terindah di dunia. Burung ini mempunyai ekor warna putih dan kuning yang memanjang indah. Dari tujuh spesies bird of paradise, hanya burung Cendrawasih yang dikatakan sebagai burung paling indah. Burung Cendrawasih sendiri dapat ditemukan di New Guinea dan Kepulauan Aru di Indonesia.

Nah, itu tadi 10 burung tercantik di dunia yang tak pernah tergantikan hingga sekarang. Apakah Anda mengakui bahwa burung-burung tadi merupakan burung terindah di dunia, atau Anda memiliki pilihan burung yang lain? Sampaikan pendapat Anda di kolom komentar.

One thought on “10 Burung Tercantik di Dunia Tak Pernah Tergantikan Hingga Sekarang

Komentar