Press "Enter" to skip to content

10 Cara Mengembalikan Warna Bulu Pleci Kusam Menjadi Cerah dalam Waktu Singkat

0

Burungnya.com – Mengapa warna bulu burung Pleci bisa berubah menjadi kusam? Pertanyaan semacam ini sering kali dilontarkan oleh (Pleman) Pleci Mania di berbagai daerah di Indonesia. Menurut mereka, warna bulu Pleci yang tadinya hijau kuning cerah berangsur-angsur berubah menjadi kusam dan cenderung gelap. Ada apa gerangan?

Apakah perubahan warna bulu Pleci terkait dengan suatu penyakit? Ternyata bukan, warna bulu burung Pleci yang berubah menjadi kusam disebabkan karena perawatan yang kurang tepat. Hal ini dibenarkan oleh beberapa Pleman yang sudah berpengalaman dalam memelihara Pleci.

Bulu Pleci yang terlihat kusam, bulak, buluk, kusut, atau rusak disebabkan karena kesalahan dalam perawatan. Berikut beberapa penyebab mengapa warna bulu Pleci berubah menjadi kusam.

Penyebab warna bulu burung Pleci menjadi kusam

  • Burung Pleci jarang dimandikan menggunakan semprotan atau jarang mandi di keramba.
  • Burung Pleci terlalu lama dijemur di bawah terik sinar matahari.
  • Burung Pleci tidak mendapat asupan buah dan sayur yang memadai.
  • Burung Pleci hanya diberi pakan yang kering setiap hari.
  • Burung Pleci kekurangan nutrisi makanan.
  • Burung Pleci terlalu sering diberi doping tanpa dinetralkan sama sekali.
  • Burung Pleci diberi madu setiap hari dengan takaran berlebihan.
  • Pemilik burung Pleci sering menggonta-ganti jenis maupun merek voer.
  • Burung Pleci berubah warna karena faktor genetik atau keturunan dari indukan.
Baca juga:  Apakah Pleci Harus Menggunakan Doping Agar Cepat Gacor?

Setelah mengetahui apa saja penyebab dari perubahan warna bulu Pleci, sekarang saatnya untuk mengatasi dan menangani masalah tersebut. Bagaimana caranya?

Cara mengembalikan bulu Pleci yang kusam menjadi cerah

  1. Jangan menjemur burung Pleci terlalu lama. Usahakan waktu penjemuran sebelum jam 10.00 dengan durasi 1-2 jam.
  2. Kalau memungkinkan, mandikan burung Pleci setiap hari. Proses pemandian bisa dilakukan menggunakan semprotan atau mandi di keramba. Dengan mandi setiap hari, bulu Pleci Anda akan terbebas dari parasit, jamur, tungau, maupun kutu.
  3. Anda juga bisa memandikan Pleci menggunakan shampo khusus burung bernama Jati Jajar agar bulu terlihat lebih lembut dan cerah. Kalau tidak ada shampo burung, maka gunakan shampo bayi, tapi sedikit saja atau air cucian beras campur air rebusan daun sirih.
  4. Pemberian pakan buah dan sayur harus ditingkatkan, jangan hanya memberikan pakan yang kering-kering saja. Buah dan sayuran yang baik untuk Pleci bisa Anda baca pada artikelĀ 10 Buah dan Sayur Terbaik untuk Burung Pleci serta 3 Racikan Makanan Agar Cepat Gacor.
  5. Jangan pernah menggonta-ganti voer. Kalau Anda sudah menemukan jenis voer yang tepat untuk Pleci Anda, maka jangan digonta-ganti lagi. Oh iya, kalau bisa pilihlah voer yang mengandung alga hijau atau rumput laut. Saran kami, kurangi pakan voer selama bulu Pleci masih terlihat kusam dan menggantinya dengan variasi buah-buahan.
  6. Saran dari beberapa Pleman, berikan susu kental manis pada siang hari setiap hari.
  7. Campurkan madu pada air minum Pleci, bisa madu rasa atau madu asli. Pemberian madu jangan setiap hari, tapi di saat musim dingin atau musim penghujan saja.
  8. Coba berikan extra fooding lain, seperti tepung daging, tepung udang alami, dan tepung jangkrik.
  9. Perubahan warna bulu Pleci menjadi kusam bisa diakibatkan karena terlalu sering menggunakan doping. Oleh karena itu, Anda harus menetralkan doping dengan cara memberikan air kelapa hijau, susu beruang (Bear Brand), air infusan, dan air larutan tanpa rasa.
  10. Jangan lupa berikan vitamin burung secara berkala. Tujuannya agar kondisi kesehatan burung selalu terjaga dan warna bulu burung tetap terlihat indah.
Baca juga:  20 Jenis Burung Langka di Indonesia Lengkap dengan Gambar

Demikian beberapa cara mengembalikan warna bulu Pleci yang kusam menjadi cerah kembali. Cara-cara ini bisa terlihat hasilnya dalam hitungan hari, kemungkinan 3-7 hari tergantung kharakter Pleci atau nutrisi yang terdapat pada tubuh Pleci. Semoga bermanfaat.

Comment here