10 Cara Merawat Kacer Agar Cepat Gacor Untuk Pemula

Burung Kacer (commons.wikimedia.org)

Burungnya.com – Apa yang Anda inginkan setelah membeli burung Kacer? Apakah Anda ingin mendengar suaranya atau hanya ingin memeliharanya saja? Tentu semua kicau mania ingin mendengar suara burung Kacer yang gacor. Namun, tidak semua kicau mania bisa mencapai keinginan tersebut.

Pasalnya, untuk menjadikan burung Kacer cepat gacor, butuh usaha, perawatan, kesabaran, waktu, dan modal yang tidak sedikit. Meski begitu, dari semua faktor yang bisa membuat burung Kacer cepat gacor, Anda bisa memilih salah satu faktor yang paling utama, yakni perawatan.

Perawatan burung kacer memang sangat penting, khususnya untuk pemula. Mereka yang baru membeli Kacer harus mengerti bagaimana cara merawat burung Kacer agar cepat gacor. Jangan asal memberinya pakan dan membersihkan kotorannya saja. Ini tidak akan membantu membuat Kacer cepat gacor.

Lantas, apa saja yang bisa membuat Kacer cepat gacor? Untuk menjadikan burung Kacer cepat gacor, Anda harus melakukan serangkaian perawatan harian. Semuanya dilakukan secara bertahap dan rutin agar hasilnya maksimal. Daripada berkata panjang lebar, mending kita langsung membahas cara merawat Kacer agar cepat gacor.

1. Pemilihan jenis kelamin Kacer

Burung Kacer yang dapat berkicau gacor hanya burung berkelamin jantan. Oleh karena itu, Anda sebagai pemula harus mengerti cara memilih burung Kacer jantan.

Ciri-ciri jenis kelamin burung Kacer jantan

  • Bentuk kepala Kacer terlihat lebih persegi atau sedikit lebih rata.
  • Paruh Kacer jantan berwarna hitam di bagian atas dan bawah. Selain itu, ukuran paruhnya biasanya pendek.
  • Lidah Kacer jantan trotolan memiliki 1-2 bercak hitam atau blackspot.
  • Bulu bagian punggung dan sayap berwarna hitam, sedikit legam.
  • Postur tubuh lebih langsing, dada lebih bidang, dan kalau berdiri terlihat lebih tegap. Nantinya, kalau sudah dewasa, postur tubuh Kacer akan terlihat lebih bulat.
  • Pada posisi diam, ekor Kacer jantan akan terlihat lebih rapat, tidak terpisah-pisah.
  • Suara Kacer jantan lebih nyaring, gacor, dan bervariasi.

Baca juga: Cara Mengetahui Ciri-Ciri Burung Kacer Juara dan Berkualitas Bagus

2. Pemberian pakan dan minum Kacer

Pakan terbaik untuk Kacer terbagi menjadi dua, yaitu pakan alami dan pakan buatan atau racikan. Pakan alami Kacer cukup beragam, seperti jangkrik, belalang, orong-orong, kroto, ulat bambu, ulat Hong Kong, dan cacing tanah. Sebagai contoh, berikan jangkrik 2-3 ekor pada pagi hari dan sore hari. Sedangkan, ulat Hong Kong cukup 1 sendok teh setiap tiga hari sekali.

Sementara, pakan buatan adalah voer dan semacamnya. Voer yang baik harus diganti setiap dua hari sekali. Selain itu, voer harus memiliki kadar protein 12-18 persen.

Kalau untuk minumannya, ada yang mengatakan bahwa Kacer lebih baik diberi air minum yang matang. Tujuannya agar air terhindar dari bakteri yang mengganggu tenggorokan, sehingga suaranya lebih plong dan tidak serak.

Baca juga: Cara Menyembuhkan Burung Kacer yang Sakit Tenggorokan

3. Pembersihan sangkar Kacer

Sangkar Kacer harus dibersihkan setiap hari secara rutin. Kalau sampai terlambat biasanya kotoran burung Kacer akan terkontaminasi jamur dan bakteri yang dapat membahayakan kesehatan Kacer.

4. Pemandian dan penjemuran Kacer

Sebelum dimandikan, sebaiknya burung Kacer diangin-anginkan selama 15-30 menit. Setelah itu, burung Kacer dimandikan dan dijemur mulai jam 8-10 pagi.

5. Pemasteran burung Kacer

Pemasteran Kacer yang baik dilakukan pada sore hari dan malam hari hingga pagi. Namun, kalau malam hari udaranya dingin, Anda bisa melakukan pemasteran di sore hari. Di samping itu, pilihlah suara burung masteran yang bagus. Anda bisa mendapatkan suara burung masteran dari artikel 12 Aplikasi Suara Burung Kicau Terbaik Untuk Masteran Gratis

6. Lingkungan yang tepat untuk Kacer

Burung Kacer menyukai suasana tenang. Jadi, usahakan Kacer selalu berada di tempat yang sunyi, jauh dari keramaian yang mengganggu. Selain itu, jauhkan pula burung Kacer dari hewan pemangsa, seperti kucing, ular, semut, cicak, tikus, dan lain-lain.

Baca juga: Cara Melindungi Burung dari Bahaya Tikus, Ular, Semut, Nyamuk, dan Kucing

7. Latihan mental Kacer

Untuk melatih mental Kacer, sesekali bawalah Kacer Anda di tempat keramaian, di antaranya pinggir jalan, pasar, gantangan, dan tetangga yang memiliki burung Kacer. Tak hanya itu, Anda juga bisa membawanya di alam liar, seperti hutan, kebun, dan sawah.

8. Menjinakkan burung Kacer

Agar Kacer cepat gacor, maka buatlah dia jinak. Caranya, berikan perlakuan khusus kepada Kacer, seperti mengelus-elus bulunya, mengajaknya makan bersama, nonton televisi bersama, memanggil dengan nama kesukaannya, dan lain-lain. Lebih lengkapnya, Anda bisa melihat artikel Cara Membuat Burung Kacer Cepat Jinak Dalam Waktu Singkat.

9. Kerodong Kacer di malam hari

Saat malam hari dan di musim penghujan, burung Kacer harus dikerodong agar tidak kedinginan. Udara dingin bisa mengganggu kesehatan burung Kacer.

Baca juga: 11 Tips Merawat Burung di Musim Hujan Agar Performa Tidak Menurun

10. Diadu dengan burung Kacer lain

Supaya burung Kacer cepat gacor, Anda bisa mengadu suaranya dengan burung Kacer lain. Cara ini mampu membuat Kacer terpancing untuk lebih gacor dari pesaingnya. Namun, sebaiknya pilihlah pesaing yang level suaranya lebih rendah dari Kacer Anda agar burung Anda tidak minder dan stres.

Demikian beberapa cara merawat burung Kacer agar cepat gacor. Semoga Anda yang masih pertama kali memelihara Kacer bisa segera membuat burung Kacer Anda cepat gacor.

Pencarian terkait:

  • kacer
  • cara merawat burung kacer
  • cara merawat kacer
  • kacer gacor
  • perawatan burung kacer
  • perawatan kacer
  • cara merawat burung
  • cara membuat kacer gacor
  • cara merawat burung kacer biar gacor
  • cara merawat kacer biar gacor

2 Comments on “10 Cara Merawat Kacer Agar Cepat Gacor Untuk Pemula”

Comment here