10 Ciri dan Fakta Menarik tentang Burung Hantu Putih

Burung Hantu Putih atau Snowly owl (Phoochan.com)

Burungnya.com – Burung Hantu menjadi terkenal setelah film Harry Potter tayang di bioskop. Sosok burung Hantu Putih yang selalu menemani Harry Potter ini terlihat menarik dan menjadikan semua orang ingin memelihara burung tersebut. Ternyata burung Hantu Putih sendiri mempunyai ciri dan fakta yang sangat menarik.

Berbeda dengan yang lain, burung Hantu putih atau burung Hantu Salju (Snowy owl) termasuk spesies burung Hantu terbesar dan terberat di Amerika Utara. Bahkan, bentang sayapnya juga sangat panjang. Maka tak heran, banyak pecinta Harry Potter yang juga memelihara burung Hantu Putih Snowy owl.

Baca juga: 36 Fakta Unik dan Mitos Burung Hantu yang Mencengangkan

Berikut ciri-ciri fisik burung Hantu Putih atau Snowy owl yang disadur dari allaboutbirds.org dan wikipedia.org:

Loading...

Ciri fisik burung Hantu Putih

Burung Hantu Putih (reconnectwithnature.org)
Burung Hantu Putih (reconnectwithnature.org)

1. Ukuran tubuh burung Hantu Putih

Burung Hantu Putih mempunyai panjang tubuh antara 52-71 cm. Sementara, lebar sayapnya mencapai 126-145 cm. Kemudian, berat tubuh burung Hantu Putih sekitar 1,6-3 kg.

2. Ciri warna di tubuh burung Hantu Putih

Burung Hantu Putih dewasa yang berkelamin jantan mempunyai warna bulu putih bersih. Sedangkan burung Hantu Putih betina juga berwarna putih tetapi ada beberapa bintik-bintik gelap atau hitam di tubuhnya.

Burung Hantu Putih muda mempunyai bintik hitam di tubuhnya, tapi seiring bertambahnya usia, warna hitamnya akan memudar dan tersisa warna putih saja. Hal ini terjadi pada burung Hantu Putih jantan, untuk betina warna hitamnya kemungkinan tidak akan hilang sempurna.

Cara membedakan burung Hantu Putih jantan dan betina (imgfave.com)
Cara membedakan burung Hantu Putih jantan dan betina (imgfave.com)

Jika Anda ingin membedakan jenis kelamin burung Hantu Putih jantan dan betina, maka Anda cukup melihat bintik hitamnya saja. Intinya, burung Hantu Putih jantan dewasa berwarna putih bersih, sedangkan burung Hantu Putih betina putih berbintik hitam.

Baca juga: Burung Hantu Betina Membunuh Pasangannya Karena Alat Vital Kecil

3. Mata burung Hantu Putih

Burung Hantu Putih memiliki mata berwarna kuning dan hitam. Bagian tepi mata berwarna kuning, sementara untuk bagian tengahnya berwarna hitam.

4. Paruh burung Hantu Putih

Hampir semua burung Hantu Putih mempunyai paruh berwarna hitam. Ukuran paruh tersebut kecil tapi tajam, sehingga bisa memangsa hewan-hewan, seperti tikus, kelinci, tupai, marmut, musang, dan lain-lain.

Fakta menarik tentang burung Hantu Putih

Ciri dan fakta menarik tentang burung Hantu Putih atau Snowy owl (pbs.org)
Ciri dan fakta menarik tentang burung Hantu Putih atau Snowy owl (pbs.org)

1. Selalu mempertahankan wilayah

Burung Hantu Putih atau burung Hantu Salju selalu mempertahankan wilayah tempat dia tinggal. Mereka sering terlibat pertempuran antar burung Hantu untuk mendapatkan wilayah.

2. Hobi berburu

Burung Hantu Putih bisa berburu kapanpun dia mau selama 24 jam. Walau dikenal burung malam, burung Hantu Putih bisa berburu di siang hari, di musim dingin, dan di musim panas.

3. Burung karnivora

Burung Hantu Putih memakan hampir semua hewan, termasuk tikus, kelinci, tupai, marmut, musang, ikan, burung, bebek, dan angsa. Burung ini juga pernah ketahuan menangkap ikan menggunakan kakinya.

Burung Hantu Putih makan tikus (birdeden.com)
Burung Hantu Putih makan tikus (birdeden.com)

4. Kebiasaan dalam berburu

Burung Hantu Putih suka berburu hewan di tanah. Oleh karena itu, burung ini akan bertengger di atas sebuah tiang pagar, bangunan, tiang telepon, dan pohon agar mendapatkan sudut pandang yang baik.

5. Sering berdiam diri

Burung Hantu Putih sering berdiam diri di satu tempat selama berjam-jam. Biasanya burung Hantu Putih juga memutar kepalanya hingga 270 derajat.

Baca juga: Pria Ini Bisa Memutar Kepalanya 180 Derajat Seperti Burung Hantu

6. Terancam punah

Burung Hantu Putih atau Salju terancam punah di Amerika Serikat dan Kanada. Bahkan, burung Hantu Putih terdaftar di 2016 State of North America’s Birds’ Watch List, yang meliput jenis burung yang paling terancam punah.

Di samping itu, burung Hantu Putih atau Snowy owl sudah least concern by the IUCN sejak tahun 1988. Kemudian di tahun 2017 status konservasinya menjadi vulnerable atau rentan (rentan punah). Pasalnya, dulu jumlah populasi burung Hantu Putih mencapai 200.000, sekarang kurang lebih tinggal 2.000 sampai 20.000-an.

Baca juga: 20 Jenis Burung Langka di Indonesia Lengkap dengan Gambar

Demikian beberapa ciri fisik dan fakta menarik tentang burung Hantu Putih. Semoga tidak ada lagi yang memburu burung Hantu Putih karena populasinya mulai mengkhawatirkan. Bagi pecinta burung Hantu Putih, sebaiknya biarkan burung-burung tersebut tinggal di alam liar, daripada dipelihara di kandang.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.


Pencarian terkait:

  • hal-hal tentang burung hantu putih

Comment here