Press "Enter" to skip to content

10 Doping Pleci Alami dari Bahan Hewani yang Jarang Diketahui

Burungnya.com – Dari hari ke hari banyak kicau mania yang menanyakan doping terbaik untuk burung Pleci. Sebenarnya tidak ada doping terbaik, sebab doping itu menyesuaikan kharakter burung masing-masing. Jika ada doping yang membuat Pleci langsung gacor, belum tentu doping tersebut sama khasiatnya bila diterapkan ke burung Pleci lainnya.

Lantas, kalau memang demikian, gimana solusinya? Pleci mania (Pleman) harus bersabar mencari racikan doping dan rawatan harian yang pas. Semua ada prosesnya, begitu juga dengan perawatan burung Pleci. Anda bisa melakukan uji coba dengan berbagai doping yang telah diberikan dari pengalaman para Pleman.

Baca juga: 5 Cara Menetralisir Efek Doping Pleci untuk Mengembalikan Performanya

Namun ingat, yang namanya uji coba tidak boleh terlalu berlebihan. Apalagi kalau yang Anda ujicobakan adalah doping dari obat-obatan kimia. Pastinya, efek sampingnya tidak baik untuk kesehatan burung Pleci. Kalau doping alami tidak terlalu bermasalah karena efek sampingnya tidak terlalu besar, bahkan mungkin malah tidak ada efek sampingnya sama sekali.

Baca juga: Apakah Pleci Harus Menggunakan Doping Agar Cepat Gacor?

Oleh karena itu, kali ini kami akan membagikan info terkait doping alami Pleci dari bahan hewani. Anda bisa mendapatkan hewan-hewan tersebut dari alam. Jika Anda kebetulan tinggal di perkotaan, maka Anda bisa membelinya di pasar burung atau toko pakan burung. Sebab, kalau tidak tinggal di pedesaan, kemungkinan Anda akan kesulitan mencari doping hewani untuk Pleci.

Doping Pleci yang berasal dari hewani tidak mempunyai efek samping di kemudian hari. Tapi, kalau Anda memberikan doping secara berlebihan, tentunya ada efek sampingnya walaupun tidak terlalu berbahaya. Nah, daripada bicara panjang lebar tentang efek samping doping Pleci, bagaimana kalau kita langsung membahas tentang doping alami untuk Pleci.

Doping Pleci alami dari bahan hewani

1. Ulat daun

Ulat daun pisang (rahardianbram.blogspot.com)
Ulat daun pisang (rahardianbram.blogspot.com)

Sebagian besar Pleman mungkin belum tahu kalau ulat daun ternyata bisa dijadikan doping alami Pleci. Ya, ini memang terbilang rahasia karena yang memberitahukan doping alami dari ulat daun adalah salah seorang Pleman yang sering menjadi juara di berbagai lomba burung.

Menurutnya, ulat daun yang sering diberikan pada burung Pleci adalah ulat daun pisang atau orang Jawa menyebutnya Enthung. Ulat ini mampu mendongkrak performa burung Pleci secara cepat. Pasalnya, di dalam ulat daun pisang terdapat kandungan protein yang cukup tinggi.

Pemberian ulat daun pisang tidak boleh setiap hari karena bisa membuat burung Pleci over birahi. Sebaiknya, ulat daun pisang diberikan 1 ekor setiap 1-2 kali dalam seminggu.

2. Undur-undur

Undur-undur (wijayarayaherbal.com)
Undur-undur (wijayarayaherbal.com)

Tahukah Anda, undur-undur sudah lama dijadikan sebagai obat tradisional untuk penyembuhan berbagai penyakit. Undur-undur sendiri mempunyai banyak manfaat untuk burung Pleci, seperti menambah stamina burung, membuat suara tambah ngeplong dan gacor, serta mengobati burung Pleci yang macet bunyi.

Cara pemberian undur-undur biasanya dicampur dengan tumbukan batu bata. Hal ini biar undur-undur bisa tetap hidup walau berada di dalam wadah pakan. Pemberian undur-undur sebaiknya memang dalam kondisi hidup agar efeknya kelihatan. Oh ya, lebih baik undur-undur diberikan saat mau lomba, dengan takaran 10-15 ekor di dalam cepuk.

3. Laba-laba kecil

Laba-laba kecil (deviantart.com)
Laba-laba kecil (deviantart.com)

Laba-laba berukuran kecil merupakan makanan lezat untuk burung Pleci. Di tubuh laba-laba terdapat taurine atau asam amino yang sering ditemukan dalam susu dan minuman berenergi. Jadi, bisa dipastikan bahwa laba-laba kecil sangat baik untuk burung kicau, terutama burung Pleci.

4. Ulat bambu

Ulat bambu (dunia-abde.blogspot.co.id)
Ulat bambu (dunia-abde.blogspot.co.id)

Ulat bambu biasa dipanggil Cangkilung atau ulat bumbung karena hidup di dalam bambu yang membusuk atau roboh. Ulat bambu dapat diberikan ke burung Pleci untuk menaikkan birahi tanpa efek panas di tubuhnya. Biasanya, ulat bambu hanya diberikan 3 ekor saat burung Pleci akan mengikuti lomba.

5. Belalang

Belalang (fahyuatar.wordpress.com)
Belalang (fahyuatar.wordpress.com)

Belalang mengandung banyak protein yang baik untuk kesehatan burung Pleci. Manfaat belalang untuk Pleci cukup beragam, di antaranya menaikkan birahi burung Pleci serta membuat bulu Pleci menjadi lebih halus. Pemberian doping alami berupa belalang tidak boleh sembarangan.

Sebaiknya, berikan 3 ekor belalang yang berwarna hijau polos dan berukuran kecil. Kalau Anda memberikan belalang, selain warna hijau biasanya belalang tersebut mengandung racun.

6. Kecebong

Kecebong (shutterstock.com)
Kecebong (shutterstock.com)

Kecebong adalah anak katak yang biasa ditemukan di genangan air atau kolam. Anda dapat mencari kecebong di musim penghujan. Pemberian kecebong pada burung Pleci dipercaya mampu memberikan sifat tenang dan mengurangi giras atau liar.

7. Ulat Jerman

Ulat Jerman (dhoran.com)
Ulat Jerman (dhoran.com)

Ulat Jerman atau buffalo worm merupakan jenis ulat yang mirip dengan ulat Hong Kong, tapi ukurannya lebih besar. Ulat ini mempunyai kandungan protein tinggi dan kadar lemak yang lebih rendah bila dibandingkan dengan ulat Hong Kong.

8. Ulat Hong Kong

Ulat Hong Kong (nirwana-nusantara.blogspot.co.id)
Ulat Hong Kong (nirwana-nusantara.blogspot.co.id)

Siapa yang tak kenal ulat Hong Kong. Pasti kicau mania sudah mengenalnya dengan baik. Ulat ini bisa dijadikan doping alami Pleci dengan takaran 3 ekor setiap hari. Namun, Anda harus berhati-hati karena ulat Hong Kong memiliki efek samping yang membuat tubuh burung Pleci terasa panas. Untuk menanganinya, Anda cukup memberikan mentimun agar tubuhnya dingin kembali.

9. Kroto

Kroto (bibitkroto99.blogspot.co.id)
Kroto (bibitkroto99.blogspot.co.id)

Tak berbeda jauh dengan ulat Hong Kong, kroto atau telur semut rangrang juga mempunyai efek panas bagi tubuh burung Pleci. Meski demikan, pemberian kroto dapat mendongkrak performa burung Pleci, terutama saat menjelang lomba. Nah, agar pemberian kroto mempunyai efek yang maksimal, maka kombinasikan kroto dengan apel yang sudah diparut dan diperas airnya.

Baca juga: Pakan Kroto dan Ulat Kandang, Lebih Bagus Mana?

10. Ulat Kandang

Ulat kandang (pelangi-bf.com)
Ulat kandang (pelangi-bf.com)

Ulat kandang memiliki ukuran yang lebih kecil dari ulat Hong Kong. Selain itu, ulat kandang bisa dikonsumsi Pleci setiap hari, asalkan takarannya sesuai dengan kharakter burung.

Pemberian ulat kandang akan menghasilkan efek hangat pada tubuh burung. Kalau tubuh burung sudah hangat, dia akan terpancing untuk berkicau. Namun, kalau pemberiannya terlalu banyak, tubuh burung bisa kepanasan dan akhirnya mengakibatkan kematian.

Demikian beberapa doping Pleci alami dari bahan hewani yang mungkin jarang diketahui Pleci mania. Semoga bermanfaat.

Pencarian terkait:

  • doping pleci
  • doping pleci alami
  • ramuan air minum untuk pleci
  • doping pleci paling ampuh
  • cara membuat doping pleci
  • doping alami pleci
  • pleci pake air ludah
  • doping buat pleci
  • Doping burung pleci
  • doping pleci ampuh

Be First to Comment

Comment here