Press "Enter" to skip to content

12 Fakta Menarik Tentang Lovebird

Burungnya.com – Siapa yang tak kenal dengan Lovebird, burung cantik dengan bulu warna-warni ini mempunyai pesona yang tak bisa digantikan oleh burung lain. Namun, ternyata tidak hanya warnanya saja yang membuat Lovebird menjadi istimewa. Suara Lovebird juga mampu memikat banyak penghobi burung di Indonesia.

Lovebird sejatinya memiliki keunikan yang mungkin belum diketahui banyak orang. Contohnya saja, Lovebird akan menyuapi pasangannya dengan cara berciuman. Ini biasa dilakukan jika pasangan Lovebird tersebut lama tidak bertemu. Mungkin, ini perwujudan kasih sayang yang ditunjukkan oleh Lovebird kepada pasangannya.

Tak hanya itu saja, sebenarnya masih banyak hal unik tentang Lovebird. Beberapa hal unik akan kami rangkum menjadi 12 fakta menarik tentang Lovebird, seperti yang dikutip dari Tailandfur.

1. Lovebird akan berpasangan sampai meninggal

Lovebird mencapai kematangan seksual ketika berusia sekitar 10 bulan. Setelah usia mereka mencukupi, maka mereka bisa dikawinkan dan akan terus berpasangan hingga ajal menjemput. Rata-rata kelangsungan hidup Lovebird hingga usia 15 tahun. Jadi, bisa dibayangkan betapa tingginya tingkat kesetiaan Lovebird terhadap pasangan.

2. Sarang Lovebird berbeda-beda tergantung spesies

Dari studi yang dilakukan oleh salah satu ilmuwan menunjukkan bahwa Lovebird mempunyai kemampuan membangun sarang yang berbeda-beda tergantung dari spesies-nya. Lovebird Fisher membawa potongan kulit pohon menggunakan paruh mereka. Sementara, Lovebird Muka Salem membawa kulit pohon dengan cara diselipkan di bawah bulu mereka.

3. Lovebird membawa penyakit zoonosis yang berbahaya bagi manusia

Sebuah penelitian membuktikan bahwa Lovebird dapat membawa bakteri ragi (Cryptococcus neoformans) untuk menginfeksi tubuh manusia. Lovebird juga membawa berbagai jenis bakteri berbahaya bagi manusia. Biasanya, bakteri-bakteri tersebut menyebar setelah Lovebird mengalami kontak fisik dengan kotoran burung Merpati.

Salah satu parasit Encephalitozoon hellem juga sering ditemukan pada Lovebird Fisher, Lovebird Muka Salem, dan Lovebird Topeng. Parasit ini bisa menyebar ke manusia dengan cara menyerang kekebalan tubuh. Lebih lengkapnya bisa dilihat di forum Kicaumania.

4. Lovebird sangat mencintai pasangannya

Lovebird memiliki perilaku mirip manusia, di mana mereka akan menunjukkan rasa kehilangan yang begitu mendalam ketika ditinggal oleh pasangannya. Terlebih jika pasangannya telah meninggal, Lovebird bisa menderita dan depresi.

5. Lovebird memiliki banyak spesies

Sampai saat ini, terdapat sekitar 9 spesies Lovebird. Semua spesies tersebut termasuk dalam genus Agapornis dengan bulu yang didominasi warna hijau.

6. Populasi Lovebird

Populasi Lovebird banyak ditemukan di Barat Daya Amerika, San Fransisco, dan beberapa kota di Afrika. Di beberapa wilayah tadi, Anda akan melihat Lovebird berterbangan ke sana ke mari, seperti burung Geraja yang terbang di sekitar rumah Anda.

7. Lovebird menyuapi pasangan mereka

Seperti yang telah kami sampaikan di atas, ketika pasangan Lovebird lama tidak bertemu, maka mereka akan saling menyuapi pasangannya menggunakan paruh.

8. Lovebird berasal dari Afrika

Penelitian Arkeologi menyatakan bahwa Lovebird berasal dari Afrika. Beberapa fosil Lovebird kuno telah ditemukan di Afrika oleh Arkeolog. Menurut mereka, fosil Lovebird yang ditemukan di sana sudah berusia sekitar 1,9 juta tahun.

9. Lovebird hidup di lubang

Lovebird yang tinggal di alam liar, biasanya memilih untuk hidup di lubang. Mereka membuat lubang di pepohonan, batu, dan semak-semak. Namun, kalau di perkotaan, mereka bisa hidup di mana saja.

10. Jenis kelamin Lovebird

Lovebird jantan dan betina dapat dibedakan hanya dengan melihatnya saja. Seperti spesies Agapornis Taranta, di mana Lovebird jantan memiliki mahkota berwarna merah, sementara Lovebird betina mempunyai bulu berwarna hijau. Selain itu, pada beberapa spesies terlihat Lovebird jantan lebih besar dari Lovebird betina.

11. Musim kawin Lovebird

Saat musim kawin tiba, Lovebird menjadi sangat agresif. Namun, di antara semua jenis Lovebird, hanya Lovebird Muka Salem lah yang paling agresif.

12. Sebagian Lovebird terancam punah

Beberapa spesies Lovebird menghadapai situasi yang terancam punah. Sebut saja, Lovebird Pipi Hitam dari Zambia yang kini sudah dinyatakan terancam punah oleh IUCN. Populasi Lovebird Pipi Hitam (Agapornis Nigrigenis) hanya sekitar 10.000 ekor saja.

Demikian tadi beberapa fakta unik tentang Lovebird. Semoga bisa menambah wawasan Anda tentang Lovebird.

Pencarian terkait:

  • tentang lovebird
  • seputar lovebird
  • tentang love bird
  • fakta burung lovebird
  • keunikan burung labet
  • mutasi warna lb
  • tentang burung lovebird
  • mitos burung lovebird
  • mitos lovebird
  • seputar love bird

Be First to Comment

Comment here