Burung Kenari Lizard (finespangledsort.com)

12 Fakta Menarik tentang Burung Kenari Lizard Bersisik Kadal yang Jarang Diketahui

Burungnya.com – Salah satu jenis burung Kenari yang paling eksotis adalah Kenari Lizard. Mengapa dikatakan eksotis? Sebab, corak bulu di tubuhnya terlihat seperti sisik kadal. Warnanya pun lebih unik bila dibandingkan dengan bulu burung Kenari lainnya. Maka tak heran, banyak kicau mania yang memelihara burung Kenari Lizard karena tertarik dengan warnanya.

Burung Kenari Lizard sebenarnya salah satu jenis kenari yang masuk dalam kategori Kenari warna atau colour bred canary. Sehingga dapat dipastikan keunggulan burung Kenari Lizard bukan terletak pada postur tubuh atau suaranya, melainkan warnanya yang khas seperti kadal.

Sedikit bercerita tentang sejarah burung Kenari Lizard. Ternyata, jenis Kenari Lizard merupakan Kenari tertua dalam varietas burung Kenari warna. Pada tahun 1700-an, burung Kenari Lizard mulai dikembangkan di negara Perancis. Sejak saat itu, penyebaran burung Kenari Lizard bertambah luas hingga ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Burung Kenari Lizard (pinterest.com)
Burung Kenari Lizard (pinterest.com)

Sayangnya, pada tahun 1900-an burung Kenari Lizard dikabarkan hampir punah. Hal ini disebabkan oleh perang dunia dan meluasnya wabah penyakit pada saat itu. Meski begitu, pada tahun 1940-an Kenari Lizard mulai dibudidayakan lagi agar tidak punah. Salah satu asosiasi pecinta Kenari Lizard yang berhasil menyelamatkan populasinya hingga sekarang adalah Lizard Canary Asociation atau yang sering pula dipanggil Asosiasi Kenari Kadal Inggris Raya.

Baca juga: 20 Jenis Burung Langka di Indonesia Lengkap dengan Gambar

Penangkaran yang bertujuan untuk melestarikan Kenari Lizard akhirnya menghasilkan berbagai jenis Kenari Lizard dengan warna menarik. Setidaknya, terdapat empat jenis burung Kenari Lizard berdasarkan ciri khas pada warna bulunya.

Jenis Kenari Lizard

  • Burung Kenari Lizard Merah (Red Lizard Canary)
  • Burung Kenari Lizard Biru (Blue Lizard Canary)
  • Burung Kenari Lizard Emas (Gold Lizard Canary)
  • Burung Kenari Lizard Silver (Silver Lizard Canary)

Ciri-ciri Kenari Lizard

  • Postur tubuh Kenari Lizard berukuran 13-14 cm
  • Motif bulu Kenari Lizard seperti kadal di bagian punggung dan dadanya
  • Sayap dan ekor berwarna hitam
  • Bagian tubuh tertentu berwarna gelap, seperti paruh, kaki, dan kuku-kukunya
  • Bagian kepala Kenari Lizard tampak seperti mengenakan sebuah topi tapi tidak semua jenis memilikinya
  • Tipe kepala atau topi Kenari Lizard ada lima, yaitu clear cap (botak tengah seperti tidak ada bulu), non capped (kepala ditumbuhi bulu), near non cap Lizard (kepala ditumbuhi bulu sedikit), nearly clear cap (bulu kepala sedikit), dan broken cap (kepala botak bulu agak rusak)

Cara membedakan Kenari Lizard jantan dan betina

Burung Kenari Lizard jantan

  • Bulu lebih cerah dengan warna yang lebih tegas
  • Motif sisik kadal lebih sedikit, terutama pada bagian dada dan panggul
  • Postur tubuh gagah dan bahu lebih lebar
  • Sorot mata tajam
  • Perilaku lebih agresif

Burung Kenari Lizard betina

  • Kenari Lizard betina memiliki melanin dan phaeomelanin lebih banyak daripada burung Kenari Lizard jantan, terutama pada bagian dadanya
  • Warna bulu cenderung lebih kusam
  • Corak sisi bervariasi, lebih besar, dan jumlahnya lebih banyak daripada Kenari Lizard jantan
  • Terkadang memiliki bentuk bulu yang lebih pendek
  • Postur tubuh lebih bulat, terkadang terlihat montok dan gemuk
  • Sorot mata lebih lembut

Baca juga: 12 Fakta Menarik Tentang Lovebird

Fakta menarik tentang burung Kenari Lizard

1. Kenari Lizard sudah muncul sejak ratusan tahun lalu

Banyak kalangan yang menyebutkan bahwa Kenari Lizard termasuk “fosil hidup”, lantaran sudah muncul sejak beratus-ratus tahun yang lalu. Deskripsi mengenai jenis Kenari Lizard telah dipublikasikan sejak tahun 1742, tetapi telah dikembangkan di Perancis sejak awal tahun 1700.

2. Kenari Lizard adalah Kenari hias yang mewah

Meski mempunyai lagu-lagu yang menarik, Kenari Lizard lebih dianggap sebagai burung hias yang mewah terutama karena motif bulu-bulunya yang sangat kontras, seperti yang disadur dari Omkicau.

3. Kenari Lizard mempunyai struktur warna berbeda

Warna dasar Kenari Lizard sangat berbeda dari jenis-jenis Kenari lainnya, khususnya dari rona dan intensitasnya. Hal itu terutama disebabkan kombinasi struktur bulu, bagian dasar yang gelap, serta metabolisme yang tidak biasa dari pigmen warna yang dimiliki Kenari Lizard.

4. Kenari Lizard bukan termasuk jenis Kenari umum

Kenari Lizard menjadi satu-satunya jenis Kenari yang tidak umum, dan tidak termasuk dalam kelompok Kenari tipe postur maupun lagu atau penyanyi. Kenari Lizard lebih dianggap sebagai Kenari motif yang mudah dikenali dari pola-pola di bulunya.

5. Penampilan Kenari Lizard tidak pernah berubah

Sejak pertama kali dikembangkan hingga sekarang, Kenari Lizard tetap memiliki bentuk seperti aslinya. Meski kini banyak ditemukan beragam varietas lainnya, tapi penampilannya cenderung tidak berubah dan tetap pada ciri khasnya, yaitu topi.

6. Topi Kenari Lizard ada banyak

Kenari Lizard memiliki ciri khas topi yang unik dan beraneka ragam, seperti clear cap (botak tengah seperti tidak ada bulu), non capped (kepala ditumbuhi bulu), near non cap Lizard (kepala ditumbuhi bulu sedikit), nearly clear cap (bulu kepala sedikit), dan broken cap (kepala botak bulu agak rusak).

7. Kenari Lizard mempunyai penampilan seperti burung Gereja

Kenari Lizard adalah contoh klasik dari kisah “itik buruk rupa yang berubah menjadi angsa cantik”. Ketika berumur remaja, Kenari Lizard memiliki penampilan seperti burung Gereja. Namun, setelah menyelesaikan mabung pertamanya, penampilan Kenari Lizard akan berubah total dan menjadi jauh lebih cantik.

8. Kenari Lizard mudah diketahui umurnya

Sangat mudah untuk mengetahui umur burung Kenari Lizard, hanya dengan mengamati penampilannya. Burung yang sudah berumur lebih dari 1 tahun atau sudah melewati mabung keduanya, dapat dikenali dari bercak putih yang terdapat pada ujung sayap dan ekornya.

9. Kelamin burung Kenari Lizard mudah dibedakan

Pada jenis burung Kenari lainnya, identifikasi jenis kelamin sulit dilakukan kalau hanya melihat penampilannya saja. Nah, hal sebaliknya terjadi pada Kenari Lizard. Burung Kenari Lizard jantan dan betina mudah dibedakan melalui penampilan fisiknya. Contoh, motif sisik kadal pada bulu Kenari Lizard jantan lebih sedikit ketimbang Kenari Lizard betina.

10. Kenari Lizard mudah dibudidayakan atau diternak

Banyak peternak menganggap Kenari Lizard sebagai burung yang aktif dan subur. Selain mudah dipelihara, Kenari Lizard juga mudah dibudidayakan atau diternak. Tidak heran jika burung ini dapat bertahan selama beratus-ratus tahun.

11. Kenari Lizard pernah hampir punah

Sebelum popular seperti sekarang, Kenari Lizard pernah dianggap hampir punah pada awal tahun 1900-an. Hal ini terjadi akibat Perang Dunia I dan II, serta wabah penyakit yang melanda dunia saat itu. Pada pertengahan tahun 1940-an, beberapa pasang Kenari Lizard yang berhasil diselamatkan kemudian diupayakan untuk dikembangbiakkan dan tetap dilestarikan hingga sekarang.

12. Pigmen hitam Kenari Lizard tersebar di seluruh tubuh

Dibandingkan dengan jenis Kenari lainnya, Kenari Lizard memiliki pigmen hitam yang tersebar ke seluruh tubuhnya, mulai dari bulu, sayap, ekor, kaki, dan kuku-kukunya. Kualitas dari pigmen hitam tersebut membentuk warna gelap yang lebih tajam.

Baca juga: 17 Fakta Menarik tentang Burung Falcon

Demikian beberapa fakta menarik burung Kenari Lizard bersisik kadal yang jarang diketahui. Semoga bermanfaat.

Komentar