Lovebird Mandi Hujan (pinterest.com)

12 Jenis Burung yang Suka Hujan-Hujanan dan 7 Prosedur Mandi Air Hujan yang Benar

Burungnya.com – Tak banyak orang yang tahu bahwa hujan dapat membawa berkah pada beberapa jenis burung. Bahkan, hujan bisa dijadikan metode perawatan burung, terutama burung yang sedang stres dan burung yang (OB) over birahi. Meski begitu, apakah kandungan zat-zat kimia di dalam air hujan tidak berbahaya untuk kesehatan burung?

Selama lingkungan di sekitar tidak tercemar, maka air hujan tidak akan membahayakan burung Anda. Sebaliknya, jika lingkungan Anda sudah tercemar dengan asap kendaraan dan polusi yang berasal dari industri atau pabrik, maka air hujan di wilayah Anda kemungkinan bisa membahayakan burung peliharaan Anda.

Faculty of Physical Education and Physiotherapy, Institute of Technology, Opole, Polandia pernah melakukan penelitian tentang kandungan kimia di dalam air hujan. Hasilnya dapat disimpulkan bahwa kandungan kimia di dalam air hujan berbeda-beda tergantung dari wilayah yang terkena hujan. Oleh karena itu, air hujan dapat dijadikan indikator untuk memonitor pencemaran lingkungan di suatu wilayah dan untuk mengetahui pengaruh lingkungan pada tubuh manusia.

Intinya, jika Anda tinggal di kawasan pedesaan, maka air hujan yang turun di kawasan tersebut bisa Anda gunakan untuk memandikan burung kesayangan. Namun, jika Anda tinggal di daerah yang dekat dengan kawasan industri atau pemukiman di perkotaan, maka Anda harus berpikir dua kali saat akan memandikan burung dengan air hujan.

7 Prosedur mandi air hujan

Saran kami, gunakan efek air hujan menggunakan semprotan atau shower, biar burung peliharaan Anda tidak terserang penyakit. Namun, kalau Anda bersikeras ingin memandikan burung dengan air hujan, maka perhatikan dulu prosedur mandi air hujan yang benar berikut:

  1. Memandikan burung dengan air hujan dilakukan pagi sampai siang hari.
  2. Burung hanya diperbolehkan mandi hujan bila intensitas hujan ringan, rintik-rintik, atau gerimis.
  3. Sangkar yang digunakan saat terapi hujan harus sangkar khusus. Kalau Anda menggunakan sangkar harian, biasanya sangkar tersebut menjadi kusam dan mudah rusak. Namun, Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa mengilapkan sangkar yang kusam menggunakan bahan seadanya.
  4. Terapi mandi hujan dilakukan maksimal 10 menit (untuk berjaga-jaga agar burung tidak kedinginan). Lalu, disemprot atau dibilas dengan air bersih.
  5. Setelah terapi mandi air hujan, burung diangin-anginkan sebentar sambil diberi (EF) extra fooding berupa jangkrik atau (UH) ulat hong kong. Tujuannya agar burung Anda rajin berkicau dan gacor.
  6. Mandi hujan tidak boleh dilakukan setiap hari. Anda bisa memandikan burung dengan air hujan seminggu sekali atau dua minggu sekali.
  7. Burung yang diperbolehkan mandi hujan harus yang sehat dan jinak. Namun, sebagian kicaumania memanfaatkan air hujan untuk menjinakkan burung. (semua tergantung Anda, pilihan ini kami serahkan sepenuhnya kepada Anda)

Setelah memahami prosedur mandi air hujan untuk burung peliharaan, sekarang saatnya Anda mengetahui ciri khusus burung yang suka hujan-hujanan.

Pada kasus ini, Anda harus jeli melihat perilaku burung. Apabila burung terlihat mengangkat atau mengepakkan sayapnya saat hujan turun, berarti burung Anda ingin mandi hujan.

12 Jenis burung yang suka hujan-hujanan

Tapi tunggu dulu, tidak semua jenis burung menyukai terapi mandi hujan. Sejauh ini, kami hanya mengetahui beberapa jenis burung saja yang suka hujan-hujanan. Berikut beberapa jenis burung yang suka hujan-hujanan:

  1. Burung Kakatua
  2. Burung Bayan atau Betet
  3. Burung Poksay (semua jenis burung Poksay)
  4. Burung Nuri (hanya beberapa jenis saja)
  5. Burung Kacer (hanya beberapa jenis saja)
  6. Burung Cinta atau Lovebird (hanya beberapa jenis saja)
  7. Burung Ciung Batu
  8. Burung Jalak Kerbau
  9. Burung Beo
  10. Burung Branjangan, Sanma, Pailing
  11. Burung Pleci
  12. Burung Kutilang

5 Jenis burung yang suka mendengar suara hujan

Apakah burung peliharaan Anda suka mandi hujan atau hanya suka mendengar suara hujan? Setelah mengamati beberapa kharakter burung, ternyata ada burung yang hanya menyukai suara hujan. Jenis burung seperti ini akan terlihat lebih rajin berkicau saat hujan turun. Kira-kira jenis burung apa saja yang menyukai suara hujan? Simak beberapa jenis burung yang suka mendengar suara hujan berikut:

  1. Burung Murai Batu
  2. Burung Anis Merah
  3. Burung Anis Kembang
  4. Burung Cucak Hijau
  5. Burung Cucak Jenggot

Jika salah satu jenis burung tersebut merupakan peliharaan Anda, maka jangan sia-siakan kesempatan emas ini; mumpung sekarang masih musim hujan.

Berkah air hujan di dalam Al-Qur’an

Hujan memang membawa banyak berkah untuk semua makhluk hidup. Hal ini juga disebutkan di dalam Al-Qur’an surah Al-Furqaan dan Qaaf.

“Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih, agar Kami menghidupkan dengan air itu negeri (tanah) yang mati, dan agar Kami memberi minum dengan air itu sebagian besar dari makhluk Kami, binatang-binatang ternak dan manusia yang banyak. Dan sesungguhnya Kami telah mempergilirkan hujan itu di antara manusia supaya mereka mengambil pelajaran (daripadanya); maka kebanyakan manusia itu tidak mau kecuali mengingkari (nikmat).” [QS. Al-Furqaan : 48-50].

“Dan Kami turunkan dari langit, air hujan yang diberkahi (mubaarak)…” [QS. Qaaf : 9].

9 Manfaat air hujan

Tak hanya itu, hujan juga membawa banyak manfaat untuk burung. Apa sajakah manfaat tersebut? Berikut manfaat air hujan untuk burung peliharaan:

  1. Menstabilkan burung yang over birahi
  2. Menghilangkan stres pada burung
  3. Burung terlihat lebih segar dan bugar
  4. Burung menjadi rajin berkicau karena efek relaksasi dari suara hujan
  5. Membuat burung lebih jinak, terutama burung hasil tangkapan
  6. Mengasah mental burung, terutama sebelum lomba
  7. Membuat burung menjadi lebih tenang di tangkringan
  8. Membantu meningkatkan stamina burung
  9. Menjadi media terapi bagi burung-burung fighter yang sedang macet

Demikian beberapa hal tentang prosedur mandi hujan, jenis burung yang suka hujan-hujanan, jenis burung yang suka suara hujan, berkah air hujan di dalam Al-Qur’an, dan manfaat air hujan untuk burung peliharaan. Sementara untuk perawatan burung di musim hujan, Anda bisa mengkerodong burung, memberikan ulat hong kong, dan memberikan kencur pada burung. Semoga bermanfaat.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat video terapi air hujan Lovebird Kusumo milik Om Sigit. Lovebird ini diberikan terapi air hujan sekitar 20 menit. Setelah Lovebird Kusumo mulai bunyi ngeplong-ngeplong, Om Sigit bergegas mengambilnya. “Kalau sudah bunyi pertanda sudah cukup, sudah minta dimasukkan,” kata Om Sigit.

Komentar