Press "Enter" to skip to content

15 Jenis Warna Lovebird Termahal dan Paling Dicari Kicau Mania

Burungnya.com – Bicara tentang burung Lovebird, kira-kira jenis warna Lovebird apa yang paling mahal? Pertanyaan seperti ini paling sering dilontarkan oleh pemula yang baru terjun ke dunia Lovebird. Kebanyakan dari mereka penasaran dengan warna Lovebird termahal di Indonesia.

Kalau dilihat dari sisi warna, tentunya orang awam pun mengetahui mana warna Lovebird yang bagus dan mana yang biasa-biasa saja. Jadi, walaupun Lovebird tidak ngekek panjang sekalipun, hal ini tidak menjadi masalah karena yang dilihat adalah kencantikannya yaitu warna dan jenis Lovebird.

Kendati demikian, tidak semua warna Lovebird dianggap bagus. Burung Lovebird dianggap bagus dan indah jika warnanya terbilang langka dan sulit ditemukan. Ya, warna Lovebird langka memang paling dicari kicau mania.

Sebab, warna Lovebird langka biasanya sulit dikembangbiakkan dan harganya pasti mahal. Dari alasan itulah, banyak orang memburu warna Lovebird yang langka.

Bisa diartikan pula bahwa Lovebird yang warnanya langka pasti harganya mahal. Jenis Lovebird seperti ini yang dicari kicau mania di seluruh Indonesia, khususnya pecinta Lovebird yang berkantong tebal.

Baca juga: 10 Jenis Lovebird yang Paling Bagus dan Trend Warna Lovebird Terbaru

Warna Lovebird langka dikatakan mahal karena harga per ekor bisa mencapai puluhan juta rupiah. Ini masih dalam kategori warna Lovebird, belum lagi keturunan Lovebird dan juga jenisnya.

Jika ada Lovebird yang warnanya bagus, kemudian berasal dari trah jawara atau keturunan Lovebird juara lomba, lalu jenisnya langka, sudah bisa dipastikan harga Lovebird ini sangat mahal dan sempurna.

Namun, apakah ada Lovebird yang sempurna seperti itu? Untuk saat ini, sepertinya belum ada, tapi tak menutup kemungkinan bahwa suatu hari nanti akan ada Lovebird sempurna dengan kriteria tadi.

Daripada bermimpi terlalu tinggi, lebih baik mengenal macam-macam warna Lovebird termahal dan paling dicari kicau mania di Indonesia.

Baca juga: 10 Lovebird Termahal di Indonesia Setelah Menang Lomba

Warna Lovebird termahal dan paling dicari kicau mania

1. Lovebird Biola

Lovebird Biola (YouTube.com)
Lovebird Biola (YouTube.com)

Lovebird Biola jadi primadona di kalangan Lovebird. Selain harganya mahal, Lovebird Biola cukup langka karena sulit menghasilkan anakan Lovebird Biola.

Kalau di pasaran, harga Lovebird Biola muda bisa mencapai Rp 8 juta – Rp 9 juta. Untuk Lovebird Biola dewasa harganya lebih mahal lagi, bahkan konon katanya ada Lovebird Biola yang sampai dibanderol dengan harga Rp 22 juta.

Pantas saja, banyak kicau mania yang mengatakan bahwa Lovebird Biola masuk dalam kategori warna Lovebird termahal di dunia.

2. Lovebird Biola Euwing

Lovebird Biola Euwing (YouTube.com)
Lovebird Biola Euwing (YouTube.com)

Lovebird Biola Euwing merupakan hasil persilangan antara Lovebird Biola dan Lovebird Euwing. Anda bisa membayangkan, jika harga Lovebird Biola saja sudah sangat mahal, apalagi kalau harga Lovebird Biola Euwing, pastinya tak berbeda jauh harganya.

Ya, sementara ini harga Lovebird Biola Euwing di pasaran berada di kisaran Rp 13 juta – Rp 17 juta.

3. Lovebird Biola Blue

Lovebird Biola Blue (YouTube,com)
Lovebird Biola Blue (YouTube,com)

Harga Lovebird Biola Blue atau Biola Biru ternyata lebih mahal bila dibandingkan dengan Lovebird Biola Green atau Biola Hijau. Ya, dari hasil pantauan di grup KLI, harga Lovebird Biola Hijau berada di kisaran Rp 10 juta – Rp 15 juta.

Sementara, harga Lovebird Biola Blue series lebih fantastis, yakni sekitar Rp 40 juta. Bahkan, ada salah satu kicau mania yang menjual Lovebird Biola Blue dengan mahar Rp 50 juta nego.

4. Lovebird Parblue

Lovebird Parblue (burungeksotis.blogspot.co.id)
Lovebird Parblue (burungeksotis.blogspot.co.id)

Lovebird Parblue pertama kali ditemukan pada tahun 2001 oleh Felix del Valle dari Amerika Serikat. Lovebird Parblue memiliki nama lain Yellow Face karena pada bagian muka dan lehernya berwarna kuning keputihan.

Warna kuningnya tidak seperti warna kuning milik Lovebird Lutino. Kalau Lovebird Lutino warna kepala dan lehernya merah menyala sedangkan warna Lovebird Parblue didominasi oleh biru. Namun, ada juga yang berwarna hitam seperti Lovebird Parblue Perso.

Untuk harga, Lovebird Parblue dibanderol sekitar Rp 10 juta. Kalau mau lebih mahal, Anda bisa menyilangkan Lovebird Parblue dengan Lovebird Biola agar menghasilkan Lovebird Biola Parblue seharga Rp 30 juta.

Kalau di pasar burung, ada juga pedagang yang menjual anakan Lovebird Parblue seharga Rp 2,5 juta – Rp 3,5 juta.

5. Lovebird Blorok

Lovebird Blorok (YouTube.com)
Lovebird Blorok (YouTube.com)

Lovebird Blorok termasuk salah satu jenis Lovebird yang unik. Sebab, warna bulunya tidak selalu memiliki dominan warna tertentu. Warna bulu Lovebird Blorok biasanya semburat antara warna putih dengan warna yang lain.

Beberapa jenis Lovebird Blorok adalah Lovebird Parblue Blorok dan Lovebird Merah Blorok. Lovebird jenis ini sangat mudah dikenali karena warnanya terlihat seperti gradasi dari warna-warna yang lain.

Untuk menghasilkan warna Lovebird Blorok, Anda harus menyilangkan jenis Lovebird yang berbeda. Misalnya, menyilangkan Lovebird Lutino dengan Lovebird Dakori. Nantinya, kemungkinan anakan Lovebird yang muncul adalah Lovebird Blorok hijau atau Lovebird Green Series.

Harga Lovebird Blorok sendiri mulai dari Rp 1 juta – Rp 2 juta. Kalau Lovebird Blorok dewasa, kemungkinan harganya lebih tinggi lagi.

6. Lovebird Batman

Lovebird Batman (birdsplanet.com)
Lovebird Batman (birdsplanet.com)

Konon katanya, Lovebird Batman sangat sulit diternak kalau induknya tidak ada yang berwarna hitam Batman. Warna Lovebird hitam Batman juga termasuk hasil mutasi warna yang baru.

Bicara tentang harga, Lovebird Batman yang sudah dewasa dijual sekitar Rp 900 ribu – Rp 1,3 juta. Kalau Anda ingin mencetak Lovebird Batman yang mudah dan murah, Anda tinggal membeli Lovebird Batman jantan kemudian dikawinkan dengan Lovebird warna lainnya.

Namun, sekarang harga Lovebird Batman cenderung mengalami penurunan. Soalnya, di beberapa pasar burung, ada yang menjual Lovebird Batman sekitar Rp 300 ribu – Rp 700 ribu.

7. Lovebird Euwing

Lovebird Euwing (instarix.com)
Lovebird Euwing (instarix.com)

Lovebird Euwing adalah akronim dari Eumelanin dan Wing yang artinya bagian sayap Lovebird mengalami peningkatan Eumelanin atau faktor gelap. Ini juga menjadi alasan mengapa sayap Lovebird Euwing lebih gelap dari sayap Lovebird lainnya.

Karena sayap Lovebird Euwing berwarna lebih gelap, maka bagian punggungnya terlihat lebih cerah. Jadi, kalau diperhatikan dengan saksama, bagian punggung Lovebird Euwing seperti ada simbol huruf V.

Harga Lovebird Euwing mengalami kenaikan setiap tahunnya. Untuk tahun 2017, diketahui harga Lovebird Euwing atau Ewing di pasaran berada di kisaran Rp 2,3 juta – Rp 5,5 juta.

8. Lovebird Albino

Lovebird Albino (Pinterest.com)
Lovebird Albino (Pinterest.com)

Mungkin beberapa dari Anda, ada yang pernah melihat jenis Lovebird yang keseluruhan tubuhnya berwarna putih? Ya Lovebird dengan warna bulu putih polos ini sering disebut Lovebird Albino.

Lovebird ini memang cukup unik karena tidak memiliki variasi warna lain. Sebagian orang menyukai burung jenis ini karena terlihat bersih.

Lovebird Albino cukup langka di Indonesia, tetapi harganya tidak semahal Lovebird Merah. Kalau harga Lovebird Merah mencapai Rp 1 jutaan ketika masih muda, maka harga Lovebird Albino hanya Rp 700 ribuan saja.

Meski begitu, Lovebird Albino terbagi menjadi dua, yakni Lovebird Albino mata hitam dan Lovebird Albino mata merah. Untuk Lovebird Albino mata hitam dibanderol seharga Rp 500 ribu – Rp 750 ribu, sementara Lovebird Albino mata merah dihargai Rp 500 ribu – Rp 1 juta.

9. Lovebird Violet

Lovebird Violet (Hogarmania.com)
Lovebird Violet (Hogarmania.com)

Lovebird Violet adalah jenis Lovebird yang mengubah warna blue normal di area sponge menjadi warna violet. Lovebird Violet mempunyai factor (penurunan sifat) single (SF) dan Double (Double). Untuk mencetak mutasi warna Lovebird Violet, salah satu indukan harus jenis Lovebird Violet, baik itu jantan maupun betina.

Ciri-ciri Lovebird Violet mempunyai warna bulu biru keunguan atau yang umum disebut Violet. Warna bulu tersebut terlihat di bagian sayap dengan ujung berwarna hitam. Sedangkan, di bagian perut Lovebird berwarna putih, kepalanya dominan hitam, dan paruh putih pucat atau orange tua.

Tak hanya itu, Lovebird Violet mempunyai varian warna lain yang dinamakan Lovebird Pastel Violet. Warna bulu jenis Lovebird ini dominan putih tapi ada warna pastel violet di bagian punggung dan sayapnya. Harga Lovebird Violet dibanderol mulai dari Rp 400 ribu hingga Rp 800 ribu, tergantung daerah dan usianya. Untuk tahun 2017, harga Lovebird Violet dibanderol mulai dari Rp 600 ribu.

10. Lovebird Lutino

Lovebird Lutino (Budidayaperawatan.blogspot.com)
Lovebird Lutino (Budidayaperawatan.blogspot.com)

Lovebird Lutino dikenal memiliki warna bulu dominan kuning dan merah. Biasanya, bagian tubuhnya berwarna kuning, sementara bagian kepala berwarna merah atau orange. Burung ini termasuk memiliki nilai jual karena warnanya yang cerah.

Lovebird Lutino berusia 2 – 3 bulan dijual seharga Rp 400 ribu, sementara Lovebird Lutino usia 5 – 6 bulan bisa mencapai Rp 700 ribu. Lovebird jenis ini juga sering diikutkan lomba, terutama lomba kecantikan warna dan kicauan.

Di tahun 2017, ada peningkatan harga Lovebird Lutino, terutama Lovebird Lutino mata hitam dan Lovebird Lutino mata merah. Harga Lovebird Lutino mata hitam mulai dari Rp 350 ribu – Rp 700 ribu. Sementara harga Lovebird Lutino mata merah sekitar Rp 550 ribu – Rp 850 ribu.

Jenis Lovebird Lutino sendiri cukup beragam, seperti Lovebird Lutino Golden Cherry (warna kuning, mata gelap), Lovebird Lutino Albino (warna putih, mata merah), Lovebird Lutino (warna kuning mata merah), Lovebird Cinnamon (kecokelatan), dan Lovebird Pied (Bercak-bercak atau blorok).

Untuk mencetak Lovebird Lutino, paling gampang dengan mengawinkan Lovebird pejantan hijau normal dengan Lovebird Lutino betina. Biasanya, kombinasi pasangan Lovebird ini akan memperoleh anakan Lovebird Lutino dengan tingkat akurasi 60 persen pada generasi pertama.

11. Lovebird Olive

Lovebird Olive (Kaskus.co.id)
Lovebird Olive (Kaskus.co.id)

Lovebird Olive merupakan salah satu dari tiga jenis Lovebird berwarna hijau. Lovebird warna hijau ada tiga jenis, di antaranya Hijau Standard atau WildColour, Dark Green (Hijau Tua), dan Double Dark Green (DD Green) atau biasa disebut Olive.

Jadi, kalau Anda menjumpai Lovebird dengan warna hijau yang sangat tua, sudah pasti itu adalah Lovebird Olive. Bagian warna hijau ini tidak menyelimuti keseluruhan tubuhnya, melainkan hanya bagian dada, sayap, punggung, hingga ujung ekor saja. Untuk kepalanya sendiri, biasanya berwarna orange, kuning, dan pink.

Harga Lovebird Olive di pasaran mencapai Rp 300 ribu – Rp 600 ribu. Harganya tergantung dari usia Lovebird Olive. Kalau masih anakan harga Lovebird Olive lebih murah, tapi kalau sudah dewasa, harganya lebih mahal.

12. Lovebird Cobalt

Lovebird Cobalt (animalia-life.club)
Lovebird Cobalt (animalia-life.club)

Lovebird Cobalt lebih dikenal masyarakat Indonesia dibandingkan jenis Lovebird lainnya karena varian warnanya banyak.

Ciri utama jenis Lovebird Cobalt yakni hampir keseluruhan bagian tubuhnya berwarna biru (telur asin), kecuali bagian kepala hingga leher yang berwarna abu-abu. Namun, ada jenis burung Lovebird lain yang mirip dengan Cobalt, yakni Lovebird Biru-Violet.

Jenis Lovebird Biru-Violet sama-sama memiliki bulu berwarna biru, hanya saja bagian kepalanya berwarna hitam lengkap dengan kacamata yang indah. Kemudian bagian leher dan dada biasanya berwarna putih.

Untuk harga Lovebird Cobalt, kicau mania menjualnya di kisaran harga Rp 450 ribu – Rp 750 ribu.

13. Lovebird Pastel

Lovebird Pastel (Gambartop.com)
Lovebird Pastel (Gambartop.com)

Lovebird Pastel sering kali menjadi burung incaran para penggemar Lovebird di Indonesia. Pasalnya, warna bulunya cenderung lebih kalem atau soft jika dibandingkan dengan yang lain.

Bila biasanya warna Lovebird itu hijau tua dan kuning, maka Lovebird Pastel akan tampil dengan warna hijau muda dan kuning muda. Meski begitu, ada Lovebird yang warnanya lebih muda dari Pastel, yakni Dilute.

Lovebird jenis Dilute sering disebut dengan Lovebird yang memiliki warna bulu yang telah mencair. Nah, Lovebird Pastel yang paling umum dijumpai di Indonesia antara lain, Lovebird Pastel Ijo (Pasjo), Lovebird Pastel Kuning (Paskun), Lovebird Pastel Biru (Pasblue) dan Lovebird Pastel Putih (Pasput).

Harga Lovebird Pastel berada dikisaran Rp 350 ribu – Rp 550 ribu. Namun, di tahun 2017 terjadi penurunan harga Lovebird Pastel menjadi Rp 250 ribu – Rp 400 ribu.

14. Lovebird Halfsider

Lovebird Halfsider (Instarix.com)
Lovebird Halfsider (Instarix.com)

Lovebird Halfsider adalah Lovebird yang paling langka dan sangat sulit dikembangbiakkan. Lovebird jenis ini mempunyai perpaduan warna yang unik, yakni setengah warna putih setengahnya lagi warna kuning.

Jadi, kalau dilihat dari samping, seperti terdapat dua ekor burung dalam satu sangkar. Keunikan perpaduan Lovebird Halfsider juga cukup aneh karena berada tepat di tengah-tengah garis tubuhnya. Untuk harga, tak perlu ditanyakan lagi.

Bila Lovebird biasa harganya Rp 750 ribu, maka harga Lovebird Halfsider bisa mencapai 20 kali lipat dari harga Lovebird biasa.

15. Lovebird Kepala Elang atau Lovebird Sable Head

Lovebird Kepala Elang atau Lovebird Sable Head (Imgrid.net)
Lovebird Kepala Elang atau Lovebird Sable Head (Imgrid.net)

Lovebird Kepala Elang termasuk jenis Lovebird yang sulit dicetak, Biasanya Lovebird Kepala Elang atau Lovebird Sable Head ini dari keturunan Lovebird Violet yang mengalami mutasi warna putih pada kepalanya.

Lovebird Kepala Elang termasuk dalam keluarga Lovebird Fischeri. Lovebird ini lebih populer dipanggil Sable yang artinya Lovebird dengan kepala warna cerah dan bersih.

Harganya pun lebih tinggi dibandingkan dengan Lovebird violet. Beberapa waktu lalu, diketahui kisaran harga Lovebird Sable Head atau Kepala Elang berada di kisaran Rp 1,5 juta – Rp 2 juta.

Demikian beberapa jenis warna Lovebird termahal dan paling dicari kicau mania di Indonesia. Walaupun sebagian jenis Lovebird tadi harganya tidak terlalu mahal, tapi banyak Lovebird mania yang memburunya untuk dijadikan indukan warna Lovebird.

Intinya, semakin langka jenis Lovebird tersebut, maka harganya semakin mahal. Apabila banyak dari kalangan kicau mania bisa mencetak jenis Lovebird tersebut (misalnya Lovebird Josan), pasti harganya lebih murah.

Selain itu, harga yang tertera pada artikel di atas kemungkinan berbeda di setiap daerah. Namun, kami telah menyesuaikan dengan rata-rata harga umum Lovebird di pasaran.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • lovebird termahal di dunia
  • lovebird termahal
  • jenis lovebird termahal
  • jenis lovebird paling bagus
  • warna lovebird paling mahal
  • burung lovebird termahal
  • jenis lovebird paling mahal
  • lovebird biola
  • lovebird mahal
  • lovebird halfsider

Be First to Comment

Comment here