15 Penyebab dan Cara Mengatasi Pleci Macet Bunyi dengan Cepat

Burung Pleci macet bunyi (wikipedia.org)

Burungnya.com – Pleci adalah salah satu jenis burung terkecil yang digemari kicau mania di Indonesia. Walau ukurannya kecil, ternyata suara kicauan burung Pleci bisa terdengar sangat keras, gacor, ngalas, dan ngerol panjang.

Inilah yang menjadi alasan mengapa burung Pleci sangat disukai semua kalangan. Sayangnya, tidak semua burung Pleci dapat melakukannya. Sebagian burung ini hanya ngeriwik saja, bahkan ada yang tidak mau berkicau atau macet bunyi.

Penyebab Pleci macet bunyi ternyata beranekaragam, ada yang karena mabung, sakit, dan lain-lain. Jadi, sebaiknya Anda mencari tahu apa saja penyebab burung Pleci tidak mau bunyi, barulah Anda bisa melanjutkannya ke tahap pemulihan.

Baca juga: 7 Penyebab Pleci Bersuara Serak dan Cara Mengatasinya secara Alami

Penyebab Pleci macet bunyi

  1. Burung Pleci sedang masuk masa mabung atau masa pemulihan pasca mabung. Di daerah lain mabung, disebut juga ngurak, ngararas, ganti bulu, dan lain-lain.
  2. Burung Pleci sakit karena salah dalam pemberian pakan atau pakan terinfeksi bakteri dan kotoran.
  3. Burung Pleci stres dan trauma karena sangkar jatuh, ngedrop mental saat bertemu lawan, atau diganggu hewan predator, seperti ular, tikus, kucing, dan lain sebagainya. Untuk melindungi burung dari bahaya hewan predator, Anda bisa membaca artikel Cara Melindungi Burung dari Bahaya Tikus, Ular, Semut, Nyamuk, dan Kucing.
  4. Burung Pleci sendirian di rumah tanpa ada teman burung sejenis. Burung ini termasuk burung koloni. Jadi, paling tidak, di rumah harus ada minimal dua ekor burung Pleci atau lebih dari itu.
  5. Burung Pleci belum terbiasa dengan kandang yang baru. Jika Anda baru membelikan kandang, sebaiknya tunggulah sampai burung beradaptasi sempurna, biasanya kurang lebih selama 1 minggu.
  6. Burung Pleci kaget dengan lokasi atau tempat tinggal baru. Misal, dulu burung tersebut tinggal di kawasan yang sepi penduduk, kemudian setelah dibeli oleh Pleman atau Pleci Mania lain, dia malah tidak mau bunyi. Kalau sudah seperti ini, Anda tak perlu panik karena burung Pleci masih dalam tahap adaptasi dengan lingkungan baru.
  7. Burung Pleci tidak biasa dengan pakan baru. Sebab, gonta-ganti pakan bisa menjadikan Pleci macet bunyi. Hal ini bukan karena salah pakan tapi karena belum terbiasa dengan makanan baru.
  8. Burung Pleci yang jadi korban doping oplosan, biasanya juga tidak mau berkicau. Awalnya doping memang membuat Pleci gacor, ngalas, dan ngerol panjang, tapi lama-kelamaan efeknya sangat fatal sekali. Suara burung bisa rusak dan tak mau berkicau lagi atau macet bunyi untuk selama-lamanya.
Cara mengatasi Pleci macet bunyi (teboklovebird.com)
Cara mengatasi Pleci macet bunyi (teboklovebird.com)

Cara mengatasi burung Pleci macet bunyi

1. Solusi mengatasi Pleci macet bunyi saat mabung

Untuk mengatasi Pleci macet bunyi karena mabung tidak terlalu sulit. Pasalnya, Anda hanya tinggal menunggu dan bersabar saja.

Intinya, tunggu saja sampai burung Pleci selesai mabung dengan sempurna. Kalau masih ada bulu burung yang belum tumbuh, berarti mabungnya belum selesai.

Loading...

2. Cara menyembuhkan Pleci macet bunyi karena salah pakan

Salah pakan bisa terjadi karena Anda kurang teliti dalam pemberian pakannya, terutama kondisi pakan masih bagus atau sudah jamuran. Di samping itu, gonta-ganti merek pakan juga bisa menyebabkan Pleci macet bunyi.

Solusinya, Anda cukup memberikan pakan yang biasa disukai burung saja. Jika Anda baru membeli Pleci baru, maka tanyakan merek pakan apa yang biasa dikonsumsi burung sebelumnya.

3. Cara mengatasi burung Pleci macet bunyi karena stres

Burung Pleci yang macet bunyi karena stres bisa diatasi dengan koloni. Seperti yang kita tahu bersama, Pleci termasuk burung koloni. Jadi, agar stres burung tidak berkepanjangan maka untuk menyembuhkannya dengan cara koloni.

Ibaratnya seperti seseorang sedang stres, maka dia akan mengeluarkan unek-uneknya kepada teman atau curhat kepada pacarnya.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan terapi suara relaksasi agar stresnya hilang. Suara yang bisa digunakan di antaranya suara Pleci koloni di alam, suara terapi aliran air sungai deras, suara terapi aliran air pancuran, suara air terjun, dan lain-lain.

4. Cara mengembalikan suara Pleci yang macet bunyi karena kandang baru

Menurut pemiliknya, kandang baru memang terlihat nyaman. Namun, biasanya burung justru tidak suka. Cara mereka menyampaikannya kepada pemilik yaitu dengan mogok bunyi dan tidak mau berkicau lantang seperti sebelumnya.

Nah, solusi untuk masalah kandang baru Pleci, ternyata cukup mudah yakni dengan membuat situasi kandang baru seperti kandang lama. Misalnya, cepuk pakan atau tangkringan dibuat sama seperti kandang lama. Warna cat kandang juga bisa dibuat mirip dengan warna kandang sebelumnya.

5. Solusi mengatasi Pleci macet bunyi karena tempat baru

Terkadang pindahan rumah atau pindah kontrakan memaksa burung Pleci harus beradaptasi lagi. Saat-saat seperti burung Pleci terkadang tidak mau bunyi karena tidak sesuai dengan habitat sebelumnya.

Untuk itu, cara mengatasi masalah ini adalah bersabar. Anda harus menunggu sampai burung Pleci terbiasa hidup di tempat baru. Sambil menunggu manjakan burung dengan memberi pakan-pakan bergizi dan perawatan harian yang lebih dari biasanya.

6. Cara mengatasi Pleci mogok bunyi karena pakan baru

Pakan baru dianggap lebih bagus dari sebelumnya, tapi terkadang burung Pleci malah tidak suka. Kalau sudah begini, burung Pleci sering berhenti berbunyi sebagai tanda protes.

Solusi mengatasinya dengan memberikan pakan yang lama dulu, kemudian diberikan pakan baru secara bertahap atau dicampur.

Misal, takaran pakan lama 70 persen, dan pakan baru 30 persen. Kalau burung Pleci sudah terlihat menikmati, maka ditingkatkan takarannya menjadi 50 persen pakan lama dan 50 persen pakan baru. Lalu, dilanjutkan lagi dengan takarannya, yang pakan baru lebih besar porsinya dan pakan lama lebih sedikit. Begitu terus sampai pakan baru diberikan 100 persen.

7. Cara menetralisir efek doping Pleci agar tidak macet bunyi

Efek doping Pleci bisa merusak pita suara Pleci dan membuatnya macet bunyi. Untuk mengembalikan suaranya, maka yang harus dilakukan adalah netralisasi efek doping.

Ibaratnya, burung Pleci seperti keracunan makanan, maka Anda harus menghilangkan racunnya terlebih dahulu atau menetralisir efek doping dulu.

Nah, cara menetralisir efek doping bisa Anda baca pada artikel 5 Cara Menetralisir Efek Doping Pleci untuk Mengembalikan Performanya.

Baca juga: 8 Cara Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor dan Mengeluarkan Suara Isian

Perawatan harian Pleci yang macet bunyi

  • Menjemur Pleci secara rutin di pagi hari.
  • Memandikan burung Pleci dengan air dingin atau air es.
  • Memberikan ulat Hong Kong atau ulat kandang secukupnya.
  • Memberikan 2-3 butir kroto segar setiap pagi.
  • Memberikan pakan buah-buahan yang bervariasi. Buah yang bagus untuk Pleci bisa dibaca pada artikel 10 Buah dan Sayur Terbaik untuk Burung Pleci serta 3 Racikan Makanan Agar Cepat Gacor.
  • Menjaga kebersihan kandang Pleci lengkap dengan peralatan pakan dan minum.
  • Memberikan suplemen bergizi untuk Pleci.
  • Memutar suara masteran Pleci ngalas dengan volume cukup keras agar suara Pleci kembali seperti sediakala.
  • Menggantang Pleci di tengah-tengah koloni yang sudah gacor.
  • Mengajak Pleci jalan-jalan secara rutin.

Demikian penyebab dan cara mengatasi Pleci macet bunyi dengan cepat. Agar hasilnya maksimal, Anda juga harus memberikan perawatan harian yang baik.

Setelah itu, tinggal melihat perkembangan burung Pleci saja. Semoga dengan cara dan solusi tersebut, burung Pleci Anda bisa gacor lagi seperti sebelumnya.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • cara cepat pleci macet bunyi
  • obat pleci macet bunyi
  • mengatasi jalak uren macet bunyi
  • kicau mania atas burung pleci malas bunyi
  • kenari love bird dan cucak hijau termasuk jenis burung
  • ilmu biologi penyebab pleci gacor
  • cara mengatasi pleci macet ngalas
  • cara mengatasi pleci macet berbunyi
  • cara mengatasi pleci gantung
  • cara membuat burung kacamata agar ga stes saat bunyi sama musuhnya

Comment here