Press "Enter" to skip to content

17 Fakta Menarik tentang Burung Falcon

0

Burungnya.com – Bagi Anda yang belum tahu apa itu burung Falcon, kami akan menjelaskannya secara singkat. Burung Falcon termasuk ke dalam spesies burung Elang, tapi berbeda dengan burung Elang. Pasalnya, burung Elang adalah jenis burung dari family Accipitridae, sementara burung Falcon dari family Falconidae.

Kalau dilihat sekilas, keduanya memang tampak sama. Namun, sejatinya burung Elang sedikit lebih besar dari burung Falcon. Oleh sebab itu, kecepatan mereka berbeda satu sama lain. Jika burung Falcon dan burung Elang balapan, maka yang menjadi pemenangnya adalah burung Falcon.

Burung Falcon atau Peregrine Falcon memiliki kecepatan terbang rata-rata hingga 320 km/jam. Maka tak heran, burung Falcon menjadi burung tercepat di dunia. Bahkan, kecepatan tertinggi yang pernah dilakukan burung Peregrine Falcon bisa mencapai 389 km/jam, seperti yang disadur dari Smithsonianmag.

Sedangkan burung Elang, paling cepat melaju dengan kecepatan 320 km/jam. Walau sudah sangat cepat, tetapi burung Elang masih kalah cepat bila dibandingkan dengan burung Falcon.

Tak hanya itu saja, masih banyak fakta menarik tentang burung Falcon. Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak informasi berikut.

Fakta menarik burung Falcon

  1. Di beberapa negara, burung Peregrine Falcon sering dipanggil Alap-Alap Kawah.
  2. Burung Falcon memiliki kecepatan tertinggi 389 km/jam dan dinyatakan sebagai burung tercepat di dunia.
  3. Burung Falcon bisa ditemukan di seluruh benua kecuali benua Antartika.
  4. Burung Falcon tinggal di berbagai habitat, seperti padang pasir, padang rumput, daratan pasang surut, tundra arktik, hingga hutan tropis.
  5. Burung Falcon memiliki ciri-ciri tubuh yang pendek, kekar, sayap runcing, dan panjang. Paruhnya pendek membengkok, jari kakinya kuat dan panjang, serta cakarnya tajam.
  6. Burung Falcon terkecil adalah black-thighed falconet dari Asia Tenggara. Panjang burung tersebut sekitar 15 cm dengan lebar sayap sekitar 30 cm.
  7. Burung Falcon terbesar adalah gyrfalcon yang biasa ditemukan di Amerika Utara, Eropa, dan Asia. Panjang burung ini bisa mencapai 64 cm dengan lebar sayap 1,5 m.
  8. Makanan burung Falcon sangat beragam, di antaranya ular, kadal, mamalia kecil, serangga besar, dan burung lain. Burung yang menjadi makanan favoritnya adalah burung Merpati, burung Nuri, burung Jalak, dan anak ayam.
  9. Suara burung Falcon bervariasi, ada yang terdengar seperti jeritan melengking, lolongan seperti kucing, hingga suara kek-kek-kek yang keras.
  10. Penglihatan burung Falcon mempunyai akurasi yang sangat tinggi. Bahkan, menurut para ilmuwan diperkirakan akurasi penglihatan mata burung Falcon 8 kali lebih tinggi dari mata manusia. Jadi, walau burung ini berada di tebing yang tinggi, dia tetap bisa melihat mangsanya yang berada di bawah dengan jelas.
  11. Burung Falcon mampu menangkap mangsanya di udara.
  12. Burung Falcon mampu mengepakkan sayapnya hingga empat kali dalam satu detik tanpa merasa kelelahan.
  13. Burung Falcon dijadikan perlombaan dan hobi dalam berburu. Sejak 3.500 tahun silam, burung Falcon telah dijadikan alat untuk berburu, khususnya di daerah Mesopotamia dan Mongolia. Biasanya, yang melakukan perburuan didominasi oleh kaum pria. Namun, ada juga kaum wanita yang suka berburu menggunakan burung Falcon, yakni Ratu Elizabeth I, Catherine yang Agung dari Rusia, dan Mary Ratu Scots.
  14. Hobi berburu menggunakan burung Falcon masih berlangsung hingga sekarang. Bahkan, saat ini terdapat asosiasi internasional yang mengelola perburuan tersebut dengan anggota lebih dari 60.000 orang.
  15. Burung Falcon setia dengan pasangan mereka. Namun, pasangan burung Falcon tidak selalu bersama. Sebab, hidupnya dihabiskan untuk berburu mangsa.
  16. Burung Falcon pernah hampir punah di Amerika Utara. Hal ini dikarenakan warga Amerika Utara menggunakan pestisida DDT yang bahan kimianya dapat melemahkan cangkang telur burung Falcon. Meski begitu, pada tahun 1999, populasi burung Falcon mulai bertambah dan sekarang burung Falcon dihapus dari daftar spesies terancam punah.
  17. Burung Falcon mampu menjelajah wilayah dengan jarak 25.000 km selama satu tahun hanya untuk mencari makan.
Baca juga:  Lovebird Belalang Tempur Ditawar Rp 20 Juta, Ternyata Rahasianya Bawang Putih

Demikian beberapa fakta tentang burung Falcon (saudaranya burung Elang). Semoga bermanfaat.

Comment here