Cenderawasih Merah (xander-info.blogspot.co.id)

20 Jenis Burung Langka di Indonesia Lengkap dengan Gambar

Burungnya.com – Daftar kelam hewan-hewan langka semakin bertambah jumlahnya. Menurut laporan (IUCN) International Union for Conservation of Nature pada tahun 2013, terdapat sekitar 21.286 jenis hewan di dunia yang terancam punah. Sebanyak 1.206 jenis hewan dari total tersebut merupakan hewan yang terancam punah di Indonesia.

Itu jumlah keseluruhan hewan yang terancam punah di Indonesia dan mungkin sekarang jumlahnya sudah bertambah. Dari ribuan jumlah hewan langka atau terancam punah, terdapat 121 jenis burung di Indonesia yang juga mengalami ancaman kepunahan.

Beberapa jenis burung di Indonesia menjadi langka karena sedikit demi sedikit jumlahnya mulai berkurang. Hal ini tidak lain karena banyaknya burung yang ditangkap kemudian diselundupkan untuk dijual ke luar negeri dan juga kerusakan habitat hutan akibat penebangan hutan serta pembakaran hutan.

Baca juga: Cara Menangkap Burung yang Lepas Dari Sangkar Sesuai Jenis Burung

Jika nanti tak ada lagi burung-burung di Indonesia, apakah ekosistem lingkungan akan terganggu? Tentu hal tersebut bisa saja terjadi, tapi kepunahan burung-burung di Indonesia bisa dihindari dengan konservasi burung, ternak burung, dan penangkaran burung. Maka dari itu, mulai dari sekarang sebaiknya Anda tidak menangkap burung di alam liar lagi.

Lebih baik, kalian mulai melestarikan burung-burung di Indonesia dengan cara beternak atau menangkar burung. Selain dapat melestarikan burung, beternak burung juga bisa menambah penghasilan.

Baca juga: Usaha Sampingan Ternak Lovebird Lengkap dengan Analisa Perhitungan Biaya

Berikut beberapa jenis burung langka di Indonesia yang terancam punah.

1. Jalak Bali

Jalak Bali (zootalk.wordpress.com)
Jalak Bali (zootalk.wordpress.com)

Jalak Bali (Leucopsar rothschildi) merupakan burung endemik pulau Bali dan dinobatkan sebagai lambang fauna provinsi Bali.

2. Maleo Senkawor

Maleo Senkawor (youtube.com)
Maleo Senkawor (youtube.com)

Maleo Senkawor (Macrocephalon maleo) merupakan satu-satunya burung di dalam genus tunggal Macrocephalon yang diperkirakan jumlahnya kurang dari 10.000 ekor.

3. Elang Jawa

Elang Jawa (rezasulkhaerah.wordpress.com)
Elang Jawa (rezasulkhaerah.wordpress.com)

Elang Jawa (Spizaetus bartelsi) merupakan burung yang ditetapkan sebagai maskot satwa langka di Indonesia sejak tahun 1992.

4. Merak Hijau

Merak Hijau (hotspotbirding.com)
Merak Hijau (hotspotbirding.com)

Merak Hijau (Pavo muticus) merupakan burung yang dievaluasikan sebagai rentan di dalam IUCN Red List.

5. Kuau Kerdil Kalimantan

Kuau Kerdil Kalimantan (igoterra.com)
Kuau Kerdil Kalimantan (igoterra.com)

Kuau Kerdil Kalimantan (Polyplectron schleiermacheri) adalah burung yang memiliki status konservasi EN (endangered) atau terancam punah oleh IUCN red list.

6. Kakatua Kecil Jambul Kuning

Kakatua Kecil Jambul Kuning (straitstimes.com)
Kakatua Kecil Jambul Kuning (straitstimes.com)

Kakatua Kecil Jambul Kuning (Cacatua sulphurea) adalah burung yang dievaluasikan sebagai kritis di dalam IUCN Red List.

7. Kasuari Gelambir Ganda

Kasuari Gelambir Ganda (biologypop.com)
Kasuari Gelambir Ganda (biologypop.com)

Kasuari Gelambir Ganda (Casuarius casuarius) merupakan burung yang dievaluasikan sebagai rentan (vulnerable, VU) di dalam IUCN Red List.

8. Gosong Maluku

Gosong Maluku (globaltwitcher.com)
Gosong Maluku (globaltwitcher.com)

Gosong Maluku (Eulipoa wallacei) adalah burung yang dievaluasikan sebagai rentan (vulnerable, VU) di dalam IUCN Red List.

9. Bangau Tongtong

Bangau Tongtong (henrygoh18.blogspot.co.id)
Bangau Tongtong (henrygoh18.blogspot.co.id)

Bangau Tongtong (Leptoptilos javanicus) adalah burung yang dievaluasikan sebagai rentan (vulnerable, VU) di dalam IUCN Red List.

10. Mentok Rimba

Mentok Rimba (nejohnston.org)
Mentok Rimba (nejohnston.org)

Mentok Rimba (Cairina scutulata) merupakan salah satu burung air yang paling langka di dunia karena jumlahnya tinggal 800 ekor.

11. Cenderawasih Merah

Cenderawasih Merah (amazingpictureblog.com)
Cenderawasih Merah (amazingpictureblog.com)

Cenderawasih Merah (Paradisaea rubra) merupakan salah satu burung asli Indonesia yang dikategorikan burung langka dan terancam punah oleh IUCN.

12. Kuau Raja

Kuau Raja (biolib.cz)
Kuau Raja (biolib.cz)

Kuau Raja (Argusianus argus) adalah burung langka yang masuk dalam kategori hampir terancam punah di IUCN.

13. Kehicap Boano

Kehicap Boano (burungocehan.link)
Kehicap Boano (burungocehan.link)

Kehicap Boano (Monarcha boanensis) adalah burung yang hanya ditemukan di pulau Boano, Maluku. IUCN memasukkan burung Kehicap Boano dalam kategori kritis atau sangat terancam punah karena jumlah populasinya tinggal sekitar 200 ekor saja.

14. Punai Timor

Punai Timor (supripakaian.blogspot.co.id)
Punai Timor (supripakaian.blogspot.co.id)

Punai Timor (Treron psittacea) merupakan burung yang dimasukkan dalam kategori terancam punah oleh IUCN. Bahkan, menurut Birdlife.org jumlah burung Punai Timor menunjukkan penurunan di pulau Timor dan sekarang jumlahnya tak lebih dari 200 ekor.

15. Pleci atau Kacamata Sangihe

Pleci atau Kacamata Sangihe (wikipedia.org)
Pleci atau Kacamata Sangihe (wikipedia.org)

Pleci atau Kacamata Sangihe (Zosterops nehrkorni) adalah burung langka yang masuk dalam kategori sangat terancam punah di IUCN karena jumlahnya diperkirakan tinggal 50 ekor saja.

16. Gagak Banggai

Gagak Banggai (speciesonthebrink.org)
Gagak Banggai (speciesonthebrink.org)

Gagak Banggai (Corvus unicolor) adalah burung yang dikategorikan sangat terancam punah oleh IUCN.

17. Tokhtor Sumatera

Tokhtor Sumatera (speciesonthebrink.org)
Tokhtor Sumatera (speciesonthebrink.org)

Tokhtor Sumatera (Carpococcyx viridis) merupakan burung endemik dari Sumatera yang jumlahnya tak lebih dari 300 ekor. Dulu, burung Tokhtor Sumatera pernah dinyatakan punah pada tahun 1916, namun muncul kembali pada 1997. Oleh karena itu, saat ini status burung Tokhtor Sumatera sangat terancam punah.

18. Trulek Jawa

Trulek Jawa (biodiversitywarriors.org)
Trulek Jawa (biodiversitywarriors.org)

Trulek Jawa (Vanellus macropterus) adalah burung paling langka di Pulau Jawa. Bahkan, IUCN sempat menyatakan bahwa burung Trulek Jawa sudah punah pada tahun 1994, tapi di tahun 2000 pernyataan tersebut direvisi menjadi sangat terancam punah. Nyatanya, sampai sekarang burung Trulek Jawa sangat sulit ditemukan di manapun, mungkin burung ini sudah benar-benar punah dari muka bumi.

19. Sikatan Aceh

Sikatan Aceh (hbw.com)
Sikatan Aceh (hbw.com)

Sikatan Aceh (Cyornis ruckii) merupakan burung yang ditemukan oleh M. Ruck pada tahun 1917. Namun, sampai saat ini burung Sikatan Aceh tidak pernah ditemukan keberadaannya. IUCN langsung menyatakan bahwa status burung Sikatan Aceh sangat terancam punah.

20. Cenderawasih Biru

Cenderawasih Biru (radioaustralia.net.au)
Cenderawasih Biru (radioaustralia.net.au)

Cenderawasih Biru (Paradisaea rudolphi) adalah jenis burung langka dari Papua yang dinyatakan rentan oleh IUCN Red List.

Demikian beberapa jenis burung langka di Indonesia yang terancam punah. Semoga kita sebagai pecinta burung bisa menjaga burung-burung asli Indonesia agar tidak cepat punah.

One thought on “20 Jenis Burung Langka di Indonesia Lengkap dengan Gambar

  1. Burung-burung langka yang bagus dan harus benar-benar dijaga. Terima kasih infonya, ada sebagian burung yang aku baru tahu….

Komentar