Press "Enter" to skip to content

21 Cara Merawat Lovebird Paud atau Balibu Agar Cepat Fighter di Lomba

Burungnya.com – Semua hal yang dilakukan secara terburu-buru pasti hasilnya tidak maksimal. Ini sama seperti perawatan Lovebird Paud atau Balibu. Butuh waktu cukup lama menjadikan Lovebird Paud cepat fighter dan ngekek panjang di lapangan. Proses perawatan Lovebird tidak semudah membalikkan telapak tangan. Kicau mania harus jeli memilih bahan Lovebird kekean yang mempunyai sifat fighter dan latah. Selain itu, suara ngekek panjang juga menjadi faktor penting dalam penilaian lomba Lovebird.

Cara memilih Lovebird Paud atau Balibu

Oleh karenanya, sebelum merawat Lovebird Paud atau Balibu (Bayi Lima Bulan) sebaiknya cari tahu dulu asal usul Lovebird tersebut. Apakah Lovebird tadi berasal dari keturunan indukan Lovebird ngekek panjang, atau hanya indukan Lovebird biasa saja.

Baca juga: 38 Cara Setting Lovebird Jantan Untuk Lomba Biar Ngekek Panjang

Sebab, terkadang apa yang kita usahakan dalam melatih Lovebird Paud akan menjadi sia-sia karena Lovebird Paud tadi tidak berasal dari trah jawara.

Berbeda ceritanya jika Lovebird Paud berasal dari indukan Lovebird prestasi jawara. Biasanya, hasil keturunan Lovebird tersebut, 60 persen akan meniru kemampuan induknya.

Walau persentasenya tidak terlalu besar, yang jelas Lovebird balibu yang akan kita rawat sudah memiliki pondasi awal menjadi Lovebird jawara.

Kalau Anda sudah yakin, Lovebird Paud peliharaan Anda berasal dari indukan jawara, maka perawatan bisa dilakukan secara maksimal. Keyakinan ini bisa diperoleh dari penjualnya langsung yang sedang mengelola penangkaran indukan Lovebird jawara dan prestasi.

Harga Lovebird Paud hasil ternak indukan jawara pasti lebih mahal daripada Lovebird muda ombyokan di pasar burung. Pasalnya, sudah ada keturunan darah bagus yang tentunya akan menghasil Lovebird Paud yang bagus pula.

Lalu, bagaimana cara mengetahui Lovebird tersebut kelak akan berprestasi atau tidak? Caranya gampang, Anda tinggal memilih Lovebird Paud berdasarkan ciri fisik yang dia miliki.

Baca juga: Ngekek Panjang 5 Menit, Lovebird Marco Terjual di Atas Rp 500 Juta

Cara memilih Lovebird Paud agar bermental juara

Berikut cara memilih Lovebird Paud dan beberapa ciri fisik Lovebird Paud berprestasi seperti yang dikutip dari Omkicau.com:

  • Usahakan mencari Lovebird Paud yang sehat atau lebih aktif dari Lovebird lainnya. Jangan memilih Lovebird Paud yang padangan matanya terlihat sayu dan sering tidur-tiduran atau kurang fit.
  • Lovebird Paud yang bagus harus memiliki leher panjang dan lebar.
  • Bagian bulu sayap dan ekor Lovebird Paud selalu mengapit rapat dan tidak mekar.
  • Bagian batang kaki tidak cacat atau mulus tidak ada luka. Sementara bagian cakarnya kokoh saat mencengkeram tangkringan.
  • Lovebird Paud juara biasanya sorotan matanya tajam, tidakr berair, tidak belekan, dan tidak menderita penyakit snot.
  • Lovebird Paud lebih aktif belajar ngekek dan mulai terlihat fighter.
  • Suara Lovebird Paud lebih kencang dan mudah menyahut saat diputar suara masteran Lovebird melalui MP3.

Baca juga: Kelamin Jantan, Lovebird Mbah Marijan Ngekek Panjang 10 Menit, Begini Perawatannya

Cara merawat dan melatih Lovebird Paud atau Balibu

  1. Perawatan harian Lovebird Paud cukup sederhana, yaitu selama 2-3 minggu Lovebird dimasukkan dalam kandang battery. Dalam perawatan ini, Lovebird Paud diberi dua tangkringan yang masing-masing dikasih pakan dan wadah air.
  2. Penggunaan dua tenggeran bertujuan untuk melatih otot sayap dan dada, sehingga penapasan Lovebird Paud lebih panjang. Selain itu, pakan dan wadah air difungsikan agar Lovebird Paud lebih aktif bergerak saat meraihnya.
  3. Pakan harian Lovebird Paud cukup milet putih dan jagung muda. Tak hanya itu, dalam beberapa hari sekali Lovebird Paud juga harus diberi pakan tambahan atau extra fooding (EF) berupa kangkung segar, kwaci 5-6 biji yang sudah dikupas, dan egg food untuk meningkatkan stamina.
  4. Selain pakan tambahan milet putih dan jagung muda, Anda juga bisa memberi daun bayam, daun gingseng, daun binahong, dan pucuk daun mengkudu. Pemberian pakan tambahan ini tidak boleh terlalu sering hanya beberapa kali saja sesuai kebutuhan Lovebird.
  5. Manfaat jagung muda untuk memperkeras suara Lovebird Paud pada saat lomba. Manfaat daun bayam untuk memulihkan tenaga setelah mengikuti lomba. Manfaat daun gingseng untuk menjaga kesehatan ketika Lovebird terlihat kurang sehat. Manfaat daun binahong untuk mengobati burung yang sedang sakit. Manfaat pucuk daun mengkudu untuk mengkristalkan suara Lovebird Paud dan biar terdengar lebih nyaring.
  6. Untuk mandi, Lovebird Paud dimandikan dalam keramba atau bak mandi kecil dalam sangkar. Memandikan Lovebird baby secara rutin akan membuat napas dan suaranya menjadi panjang.
  7. Setelah mandi, Lovebird dijemur agar lebih sehat dan membantunya menghilangkan kutu atau parasit yang tinggal dalam bulu-bulu Lovebird. Penjemuran Lovebird Paud menjadikannya lebih rajin berbunyi.
  8. Perawatan Lovebird Paud tadi bisa diselingi dengan latihan untuk meningkatkan mentalnya. Cara melatih mental Lovebird Paud bisa dilakukan dengan menempatkan sangkarnya di keramaian, seperti dekat mesin diesel, mesin pengelasan, di pinggir jalan yang penuh dengan lalu lalang motor serta mobil, dan lain-lain.
  9. Cara melatih Lovebird Paud lainnya bisa dengan masteran burung secara langsung. Maksudnya, Lovebird Paud didekatkan dengan burung yang sering berkicau ramai, di antaranya Kenari, Cililin, Tengkek Buto, dan burung Pelatuk.
  10. Lovebird Paud dibawa ke latberan dua minggu sekali untuk menaikkan mental tarungnya. Dengan membawa Lovebird Paud ke gantangan, dia akan terbiasa dan beradaptasi dengan suasana lomba.
  11. Anakan Lovebird yang masih muda, sebaiknya jangan terlalu sering dipertemukan dengan Lovebird lain. Hal ini dilakukan agar saat nanti bertemu di koloni atau di lomba maka Lovebird akan langsung buka suara. Kalau di kehidupan kita, hal ini mirip dengan reuni atau bertemu kawan lama bisa juga diartikan bertemu lawan lama.

Baca juga: Dalam 20 Hari, Lovebird Kiranty Mengumpulkan 108 Piala, Begini Perawatannya

Settingan Lovebird Paud untuk mengeluarkan sifat fighter

  1. Lovebird Paud atau Lovebird Balibu diberi pakan yang mempunyai kadar protein dan karbohidrat seimbang. Pakan seperti ini bisa didapat dari milet putih. Kemudian Lovebird Paud diberi jadung muda (¼ potong) dan kangkung (1 batang). Pakan tambahan Lovebird Paud bisa dapat diberikan saat usia 1,5 bulan sampai 3,5 bulan.
  2. Pemandian Lovebird Paud sebaiknya tidak terlalu sering menggunakan semprotan atau sprayer. Kalau bisa, Lovebird Paud dilatih mandi sendiri dalam keramba atau bak mandi di dalam kandang.
  3. Lovebird Paud yang baru dimandikan bisa diangin-anginkan sebentar tapi jangan langsung dijemur di bawah sinar matahari. Tunggu sampai bulu Lovebird setengah kering, baru Lovebird dijemur selama 15-20 menit. Penjemuran Lovebird Paud yang baik bisa dilakukan pada pukul 08.30 hingga 08.50. Jika ingin melatih biar Lovebird Paud napasnya panjang, maka Anda bisa menjemur Lovebird lebih lama.
  4. Dalam proses penjemuran, ada baiknya Lovebird diletakkan di bawah atau di atas lantai. Namun, lakukan penjagaan yang ketat karena gantang di bawah berisiko diserang predator, seperti tikus, kucing, ular, semut, dan binatang lainnya. Tujuan gantang di lantai adalah agar Lovebird Paud berani ngekek panjang walaupun ditaruh di tempat manapun.
  5. Pemasteran Lovebird Paud dilakukan pada pukul 10.00-16.00. Kalau bisa lokasi pemasteran harus yang ramai dengan aktivitas manusia. Setelah dimaster, Lovebird Paud dikerodong full dan diistirahatkan total dalam ruangan pemasteran. Besoknya kerodong dibuka pada pukul 05.00 untuk pengembunan.

Baca juga: Cara Mengetahui 20 Karakter Lovebird saat di Lapangan atau Lomba

Settingan Lovebird Paud menjelang lomba

  1. Kalau Lovebird Paud sudah dianggap siap tempur, tak ada salahnya burung Lovebird dibawa ke gantangan atau latberan.
  2. Lovebird Paud yang siap lomba diberikan perawatan sederhana pada hari Sening-Kamis. Perawatan berupa mandi dan jemur serta pemberian pakan milet putih.
  3. Begitu masuk hari Kamis sore, Lovebird dikerodong sampai hari Minggu. Kalau sudah dikerodong, pakan dan minum tetap harus dicek biar tidak kehabisan. Intinya, hari Kamis-Minggu Lovebird Paud dikerodong full dan disimpan di tempat sejuk sendirian, tapi bisa juga diputar suara masteran.
  4. Pada hari Sabtu tingkatkan stamina Lovebird dengan cara memberikan satu tetes madu asli pada air minum Lovebird. Untuk pakan Lovebird Paud, tetap milet putih saja.
  5. Pada hari Minggu, bersihkan kandang dan sisa makanan, kemudian Lovebird Paud dibawa ke lapangan. Sesampainya di sana, usahakan Anda mendapat nomor gantangan yang terletak di pinggir lapangan. Sebab, lomba Lovebird Paud pertama kalinya ini untuk melihat karakter serta mental Lovebird.

Baca juga: Cara Panitia Lomba Mengecek Pesertanya Lovebird Paud atau Lovebird Dewasa

Cara mengembalikan performa Lovebird Paud

Lovebird mania yang sudah tidak sabar dengan gacoannya, terkadang terlalu gegabah dan langsung menjajal kekuatan Lovebird Paud di perlombaan. Hal ini sangat berisiko terutama pada mental Lovebird ke depannya.

Menurut Om Sigit WMP, Lovebird Paud sebenarnya bisa diikutkan lomba sejak usia 3,5-4 bulan tapi tidak boleh terlalu sering.

“Boleh saja diturunkan sejak umur 3,5 atau 4 bulan, tetapi cukup seminggu sekali, itupun hanya sekali gantang,” kata pemilik Lovebird Kusumo seperti yang disadur dari Omkicau.com (31/10/2015).

Om Anto 999 selaku pemilik breeding Lovebird Ananta 999 BF Sragen menambahkan bahwa menurunkan Lovebird Paud dengan usia terlalu dini ke perlombaan sebenarnya tidak dianjurkan.

“Cara seperti ini kurang dianjurkan. Meski burung mulai gacor, mentalnya masih labil, sehingga kita harus menunggu waktu yang tepat untuk melombakannya,” kata Om Anto 999.

Jika Lovebird Paud dipaksa lomba, maka risikonya sangat besar sekali, seperti Lovebird sering ngeruji, Lovebird sering turun ke dasar sangkar atau main bawah, Lovebird tidak mau ngekek saat berada di tangkringan, Lovebird tidak mau ngekek sama sekali, dan Lovebird terkadang sering mencabuti bulunya sendiri atau bulu Lovebird nyulam tidak selesai-selesai.

Baca juga: 12 Cara Mengembalikan dan Menambah Durasi Ngekek Lovebird Ala Om Sigit WMP

Apabila Lovebird Paud sudah terlanjur rusak akibat nekat gantang, sebaiknya Anda mengikuti cara mengembalikan performanya ala Om Sigit WMP.

  • Lovebird Paud segera dijodohkan untuk menstabilkan birahinya. Lalu, Lovebird disimpan dalam sangkar battery yang biasa dipakai untuk kandang ternak. Pakannya cukup milet putih saja.
  • Lovebird terapi mandi hujan, tetapi jangan dilakukan pada malam hari. Kalau tidak ada hujan, buatlah efek air hujan menggunakan semprotan air. Selain itu, setiap pagi Lovebird Paud dimandikan secara rutin hingga basah kuyup. Pemandian dilakukan dengan cara dipegang tangan secara lembut.
  • Setelah mandi, Lovebird Paud diangin-anginkan sebentar hingga bulu kering, kemudian Lovebird dijemur selama 15-20 menit. Siang harinya, Lovebird tidak perlu dikerodong dan Lovebird tidak perlu dimaster dulu biarkan dia beristirahat.
  • Pemulihan pasca nekat gantang Lovebird Paud ini biasanya berhasil sekitar 2-6 bulan tergantung kondisi burung serta perawatannya.

Demikian beberapa cara merawat Lovebird Paud atau Balibu agar cepat fighter di lapangan lengkap dengan penanganan jika Lovebird terlalu dini ikut lomba.

Jadi intinya, butuh kesabaran dalam merawat Lovebird Paud. Anda tidak perlu buru-buru dalam mengikutkan lomba Lovebird Paud. Pastikan dulu Lovebird benar-benar siap mengikuti lomba dan jangan nekat gantang karena bisa merusak burung tersebut.

Jika artikel Burungnya.com dirasa bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • waktu pengembunan yang tepat untuk burung lovebird balibu
  • cara membuat lovebird paud fighter
  • cara membuat fighter lovebird paud
  • cara membuat burung lakbet balibu tenang di tangkringan
  • cara melatih lovebird biar latah
  • cara lovebird balibu bisa conser
  • cara agar love bird muda cepat mecah suara
  • boleh pa ngga klo masi balibu di ujan nin
  • bagaimana merawat balibu biar juara lapangan
  • agar bulu paud lovebird cepat pecah

Be First to Comment

Comment here