Lovebird tidak mau bunyi (pinterest.com)

3 Cara Ampuh Mengatasi Lovebird Tidak Mau Bunyi saat Lomba

Burungnya.com – Memelihara Lovebird itu gampang-gampang susah. Terkadang, kita sudah yakin bahwa Lovebird kita bisa diandalkan karena suara ngekeknya panjang sekali di rumah. Namun, ketika dibawa ke perlombaan, tiba-tiba Lovebird tidak mau bunyi atau macet bunyi. Ini tentunya membuat kicau mania pusing tujuh keliling. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Tenang, tidak perlu khawatir, Lovebird macet bunyi seperti ini juga sering dialami oleh jenis burung yang lain. Nah, untuk menghindari agar masalah ini tidak terulang kembali, Anda dapat menyimak beberapa cara ampuh mengatasi Lovebird yang tidak mau bunyi saat lomba berikut.

Baca juga: 3 Juri Cantik Lomba Burung yang Bikin Mata Kicau Mania Tak Berkedip

1. Memahami kharakter Lovebird

Lovebird (pet-lovers)
Lovebird (pet-lovers)

Sebagai pecinta Lovebird, Anda harus bisa memahami kharakter Lovebird yang moody seperti ini. Maksudnya, Lovebird tidak konsisten dalam berkicau. Kadang Lovebird ngekek panjang sekali mirip Lovebird Kusumo, kadang malah tidak berbunyi sama sekali.

Baca juga: 5 Cara Melatih Lovebird Ngekek Panjang Seperti Perawatan Lovebird Kusumo

Oleh karena itu, cobalah untuk memahami kharakter Lovebird dengan cara mengamati perlakuan apa yang bisa membuat Lovebird Anda nyaman atau senang berkicau.

Misalnya, pengamatan Lovebird untuk beberapa hal berikut:

  • Takaran pakan, jenis pakan, merk pakan (pakan apa yang disukai Lovebird).
  • Cara mandi, mandi sendiri atau disemprot, waktu pemandian pagi hari atau sore hari.
  • Waktu penjemuran, durasi penjemuran, lokasi penjemuran.
  • Desain sangkar, jenis tangkringan, bahan atau ukuran cepuk, serta alas ruji bawah.
  • Lingkungan sekitar, lingkungan ramai atau sepi, lingkungan rumah atau lingkungan lomba.
  • Kharakter birahi, jika didekatkan Lovebird betina gimana kelakuannya.

Nah, setelah memahami kharakter Lovebird, catat semua kebiasaan Lovebird Anda, lalu buat dia senang dengan memberikan perlakukan yang menjadikan Lovebird ngekek panjang.

Pada umumnya, Lovebird tidak mau bunyi di arena lomba karena Lovebird Over Birahi (OB). Penyebab Lovebird over birahi beragam, seperti mendengar suara Lovebird lain yang membuatnya terangsang, akibat pemberian pakan dengan kandungan protein terlalu tinggi, dan lain-lain. Untuk mengatasi Lovebird yang over birahi, Anda bisa mengawinkan Lovebird dan memandikan Lovebird secara rutin sampai basah kuyup.

Setelah kondisi Lovebird membaik, amati apakah Lovebird sudah siap tempur atau belum. Ciri-ciri Lovebird yang siap tempur atau siap dilombakan dapat dilihat dari bentuk sayapnya. Kedua sayap Lovebird akan terlihat saling menyilang. Kalau kondisi sayapnya sudah menyilang, itu tandanya Lovebird dalam keadaan prima, baik fisik atau mental dan siap dilombakan. Namun, ini tidak bisa dijadikan patokan utama.

2. Buat Lovebird merasa nyaman agar tidak stres

Lovebird Blorok (ceriwis)
Lovebird Blorok (ceriwis)

Lovebird yang macet bunyi bisa disebabkan karena stres.

Apa yang membuat Lovebird menjadi stres?

  • Berikut beberapa penyebab Lovebird stres:
  • Memindahkan Lovebird ke sangkar baru.
  • Lingkungan tidak nyaman.
  • Suhu atau cuaca yang buruk.
  • Terdapat predator di sekitar sangkar yang selalu mengancam Lovebird.
  • Terganggu suara kicau burung lain yang lebih gacor atau terlalu keras.
  • Lovebird menderita penyakit tertentu.

Cara mengatasi Lovebird yang stres:

  • Biarkan Lovebird tetap di sangkar kesukaannya.
  • Tempatkan Lovebird di lokasi yang nyaman, dalam artian Lovebird selalu berkicau di lokasi tersebut.
  • Lovebird diletakkan di tempat yang sejuk. Lovebird jangan diletakkan di tempat yang terlalu panas atau dingin.
  • Jauhkan Lovebird dari predator berbahaya.
  • Sebaiknya Lovebird dibiarkan sendiri tanpa suara kicauan Lovebird lain. Kalau didekatkan dengan suara kicau
  • Lovebird yang selevel tidak masalah.
  • Jika Lovebird terlihat sakit, langsung cari penyebabnya kemudian diobati dan diberikan nutrisi atau vitamin agar kondisinya cepat pulih.

3. Memberikan Testo Bird Booster (TBB)

Testo Bird Booster (tokopedia.com)
Testo Bird Booster (tokopedia.com)

Untuk Lovebird yang tidak mau bunyi atau macet bunyi, Omkicau menyarankan untuk memberikan Testo Bird Booster. Testo Bird Booster sendiri mengandung semua jenis vitamin esensial untuk pembentukan testosteron, hormon stimulan testosteron, dan zinc.

Cara penggunaan Testo Bird Booster

Testo Bird Booster dilarutkan dalam air minum burung. Untuk satu ekor Lovebird, Anda bisa memberikan Testo Bird Booster sedikit saja, seukuran kepala pentol korek api, kemudian dicampur ke dalam 30cc-50cc air (wadah air minum ukuran normal).

Testo Bird Booster bisa juga dicampur dengan pakan, tapi takarannya setengah kepala pentol korek api, kemudian dicampur satu sendok teh kroto atau taburkan di atas buah atau sayuran.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan Testo Bird Booster ke jangkrik atau serangga lain. Caranya, Testo Bird Booster diletakkan di sendok kecil, lalu beri 1-2 tetes air dan oleskan ke tubuh jangkrik atau serangga lain.

Agar maksimal, berikan Testo Bird Booster selama 3 hari berturut-turut (sehari 1 kali). Kalau Lovebird sudah mulai berkicau, kurangi takarannya menjadi 1-2 kali seminggu.

Satu hal yang perlu Anda ingat, sebaiknya larutan Testo Bird Booster tidak digunakan setelah dicampur lebih dari 4 jam dan larutan Testo Bird Booster tidak boleh terkena sinar matahari secara langsung. Oh iya, Lovebird yang diperbolehkan menggunakan Testo Bird Booster adalah Lovebird yang berusia di atas 3 bulan.

Harga resmi Testo Bird Booster sekitar Rp 75.000 untuk kemasan botol 25 gram. Nah, karena ini bukan iklan, silakan Anda mencari sendiri Testo Bird Booster di toko online atau langsung menghubungi Omkicau.

Nantinya, jika Lovebird sudah bisa kembali ngekek panjang dan tidak sering ngeruji maka penggunaan Testo Bird Booster bisa dihentikan.

Demikian beberapa cara ampuh mengatasi Lovebird tidak mau bunyi saat lomba. Semoga bermanfaat.

Komentar

Loading Facebook Comments ...

Komentar