Press "Enter" to skip to content

3 Jenis Burung Ini Mampu Mengeluarkan Susu Layaknya Seorang Wanita

Burungnya.com – Tahukah Anda, ternyata susu tidak hanya dihasilkan oleh hewan menyusui atau mamalia saja. Beberapa jenis burung juga mampu mengeluarkan susu layaknya seorang wanita.

Bagaimana caranya? Bukankah burung tidak memiliki payudara? Ya, burung memang tidak mempunyai payudara, tapi tembolok yang terdapat di sebagian tubuh burung bisa menghasilkan air susu.

Baca juga: Burung Sage Grouse Jadi Burung Paling Unik di Dunia Karena Punya Payudara?

Sebelumnya kami akan menjelaskan apa itu tembolok. Tembolok adalah kantong kecil di bagian kerongkongan burung yang berfungsi untuk menyimpan makanan sebelum dicerna oleh perut. Jadi, perlu dicatat bahwa sebagian jenis burung bisa mengeluarkan susu melalui tembolok.

3 Jenis burung yang mampu mengeluarkan susu

Namun, tidak sembarang burung bisa menghasilkan susu. Hanya beberapa jenis burung seperti burung Merpati, Flamingo, dan Penguin Kaisar saja yang bisa menghasilkan susu.

Susu yang berasal dari burung ini biasanya dimuntahkan ke dalam mulut anak-anaknya. Selain itu, susu ini dihasilkan dari cairan sel yang melapisi tembolok.

Baca juga: 3 Jenis Burung yang Tinggal di Istana Kepresidenan Jakarta

Kandungan susu yang berasal dari burung

Hebatnya lagi, kandungan susu burung ternyata penting untuk pertumbuhan dan perkembangan burung Merpati muda atau anakan burung lainnya karena kaya akan lemak dan protein.

Hal ini diketahui dari sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal BMC Genomics. Dalam penelitian tersebut, menunjukkan bahwa susu burung Merpati mengandung antioksidan dan protein untuk meningkatkan kekebalan.

Proses penelitian

Para peneliti dari CSIRO Livestock Industries dan Deakin University Australia membandingkan profil gen pada empat Merpati betina yang menyusui dan empat Merpati betina yang tidak menyusui.

Gen dominan yang ada dalam burung Merpati menyusui adalah gen yang berperan juga untuk merangsang pertumbuhan sel, memproduksi antioksidan dan memperkuat sistem imun.

Tak hanya itu, peneliti juga menemukan gen tersebut berkaitan dengan produksi trigliserida lemak yang menunjukkan bahwa lemak di susu berasal dari hati burung Merpati.

“Sangat memungkinkan jika antioksidan dan protein kekebalan terkandung juga dalam susu Merpati. Zat-zat tersebut secara langsung meningkatkan sistem kekebalan tubuh Merpati serta melindungi jaringan tubuh Merpati tua,” kata penulis penelitian, Meagan Gillespie seperti dikutip dari ScienceDaily.com dan Detik.com.

Penelitian ini memberikan pandangan singkat mengenai beberapa proses yang terjadi ketika susu dalam tembolok Merpati sudah terbentuk.

“Karena sifat susu yang tidak biasa dijumpai pada burung Merpati, maka menjadi menarik untuk menyelidiki perbedaan pada tahap awal serta perkembangan Merpati dalam persiapannya untuk memproduksi susu. Kami ingin lebih memastikan pola gen yang khas dari susu Merpati ini,” ujar Gillespie.

“Mekanisme ini adalah contoh menarik sistem evolusi untuk diperbandingkan dengan susu mamalia, karena susu Merpati memiliki fungsi yang serupa dengan susu mamalia,” pungkas Gillespie.

Baca juga: Cara Membuat Sari Apel dan Sari Anggur Biar Lovebird Moncer di Lapangan

Burung tidak boleh minum susu

Walaupun khasiat susu sangat baik untuk anakan burung, tapi burung sebenarnya tidak boleh minum susu, apalagi susu kemasan yang biasa diminum manusia.

Mengapa burung tidak boleh minum susu? Susu yang diproduksi di pabrik biasanya mempunyai gula susu atau laktosa.

Masalahnya, burung tidak mempunyai enzim pencernaan yang disebut laktase. Fungsi laktase sendiri untuk mencerna laktosa atau gula susu. Jadi, jika burung diberi susu, maka dia akan mengalami gangguan pencernaan seperti diare.

Burung-burung tersebut tidak bisa mencerna produk susu yang mengandung laktosa. Jika Anda memaksa burung meminum susu, maka laktosa di tubuh burung akan difermentasi secara alami.

Kalau sudah demikian, siap-siap saja burung Anda akan terkena diare. Pasalnya, jika fermentasi laktosa melebihi 10 persen, maka burung akan mengalami sakit diare.

Oh iya, selain susu, Anda juga tidak disarankan memberikan keju dan yoghurt ke burung kesayangan. Alasannya, karena beberapa bahan makanan ini juga diproduksi dari susu.

Baca juga: Pakai Air Ludah, Dalam 1 Hari Lovebird Bisa Langsung Jinak, Begini Caranya

Produk susu yang boleh diminum burung

Meski begitu, ada beberapa produk susu yang boleh diminum burung, salah satunya susu yang mengandung asam amino dan sebagainya. Susu seperti ini mengandung sedikit laktosa, sehingga masih aman bila diberikan pada burung paruh bengkok.

Demikian beberapa jenis burung yang mampu mengeluarkan susu dan alasan mengapa burung tidak boleh minum susu.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman lainnya. Terima kasih.

Be First to Comment

Comment here