Lovebird makan nasi (youtube.com)

3 Resep Pakan Burung dari Olahan Nasi Untuk Jenis Burung Tertentu

Burungnya.com – Kata orang, kalau belum makan nasi berarti belum makan. Orang-orang di Indonesia memang demikian. Sebab, makanan pokok masyarakat di Indonesia adalah nasi. Nah, berbicara tentang nasi, ternyata nasi bisa juga diberikan kepada hampir semua jenis burung peliharaan, terutama burung paruh bengkok. Apakah pemberian nasi tidak akan mengganggu kesehatan burung?

Nasi mengandung karbohidrat yang baik untuk kesehatan. Asal takaran pemberiannya pas, maka pemberian pakan nasi ke burung tidak akan membahayakan. Kalau untuk burung, pemberian nasi bisa dicampur dengan pakan lainnya atau langsung diberikan ke burung.

Sebenarnya, terdapat beberapa jenis burung yang sudah lama mengonsumsi nasi, sebut saja burung Jalak, Beo, hingga burung Serindit. Burung-burung yang mengonsumsi nasi rumornya lebih pandai menirukan suara manusia. Apakah ini karena nasi menjadi makanan pokok manusia? Entahlah, mungkin hal tersebut hanya mitos belaka.

Tapi, orang-orang di mancanegara yang notabene mengonsumsi gandum dan roti sebagai makanan pokok justru sering memberikan nasi kepada burung peliharaan mereka. Jadi, nasi sejatinya memang baik untuk kesehatan burung.

Namun, di sini nasi tadi tidak diberikan kepada burung secara langsung. Nasi harus diolah dulu dan dicampur dengan pakan burung lainnya agar lebih bergizi. Olahan pakan dari bahan nasi ini disesuaikan dengan jenis burung yang Anda pelihara.

Berikut beberapa resep pakan burung yang terbuat dari bahan nasi, seperti yang disampaikan oleh Omkicau.

1. Olahan nasi untuk burung Parkit, Cockatiel, dan Lovebird

Seperti yang kami katakan sebelumnya, kicau mania di mancanegara sering memberikan nasi kepada burung kesayangan mereka. Pemberian pakan nasi untuk burung ini mereka campur dengan telur ayam rebus.

Cara pembuatan pakan dari olahan nasi dan telur ayam rebus:

  • Menyiapkan nasi matang yang belum basi sekitar 1 mangkuk kecil. Ingat nasi harus dalam keadaan dingin.
  • Merebus 2 butir telur ayam sampai matang. Setelah itu, mengupas cangkang atau kulit telur dan cacah telur tersebut menggunakan garpu hingga menjadi butiran kecil.
  • Mencampur nasi dengan cacahan telur ayam rebus hingga merata.
  • Setelah tercampur rata, olahan nasi dan telur ayam rebus bisa diberikan ke burung peliharaan.
  • Kalau sudah melewati batas waktu 3-4 jam, sebaiknya olahan nasi tadi segera diganti atau dibuang. Hal ini untuk menghindari olahan nasi basi dan terinfeksi bakteri atau jamur.

2. Olahan nasi untuk burung Kenari

Burung Kenari selalu memakan biji-bijian dan sayur-sayuran. Oleh karena itu, olahan nasinya harus dicampur dengan makanan pokok burung Kenari.

Baca juga: 5 Cara Cepat Membuat Kenari Gacor dalam Hitungan Hari

Cara pembuatan pakan dari olahan nasi dan biji:

  • Menyiapkan telur ayam 1 butir
  • Menyiapkan biji bunga matahari yang sudah dikupas dan ditumbuk halus setengah sendok teh.
  • Menambahkan buah atau sayur yang telah diiris kecil-kecil. Pemberian buah dan sayur hanya sebagai pilihan opsional saja. Jadi terserah Anda mau menambahkan bahan tersebut atau tidak.
  • Merebus telur hingga matang, kemudian didinginkan dan dikupas cangkangnya. Setelah itu, mencacah telur hingga menjadi butiran halus.
  • Cangkang telur atau kulit telur ditumbuk hingga halus.
  • Mencampur semua bahan menjadi satu. Urutannya, mencampur telur dan biji bunga matahari terlebih dahulu, kemudian menambahkan cangkang telur, dan terakhir buah atau sayur.
  • Kalau sudah tercampur rata, pakan siap disajikan ke burung peliharaan.

3. Olahan nasi untuk burung Jalak

Untuk jenis burung Jalak, olahan nasinya dicampur dengan voer. Pasalnya, makanan pokok burung Jalak adalah voer. Beberapa jenis burung Jalak yang suka memakan voer adalah Jalak Kerbau, Jalak Nias, Beo, dan Jalak Rio-Rio.

Baca juga: 6 Jenis Burung Jalak Terpopuler di Indonesia

Cara pembuatan pakan dari olahan nasi dan voer:

  • Menyiapkan nasi secukupnya atau seukuran cepuk pakan burung.
  • Mencampur nasi dengan voer yang halus atau kasar hingga merata. Konsentrasinya bisa setengah-setengah atau lebih banyak yang voer. Intinya, tidak lebih dari cepuk pakan burung.
  • Jika telah tercampur rata, Anda bisa memberikannya ke burung kesayangan Anda.

Demikian beberapa resep pakan burung dari olahan nasi untuk jenis burung tertentu. Semoga bermanfaat.

Komentar