33 Tanya Jawab Terlengkap tentang Pleci

Burung Pleci (birds-wallpapers.com)

Burungnya.com – Pleci atau burung Kacamata merupakan salah satu jenis burung kicau yang paling populer di Pulau Jawa. Mungkin Anda bertanya-tanya, apa yang membuat burung Pleci menjadi populer? Kalau dilihat dari fisiknya, burung ini tidak terlalu menonjol, bahkan bisa dikatakan biasa-biasa saja. Harga burung Pleci juga tidak terlalu mahal.

Tapi tunggu dulu, sudah pernahkah Anda memelihara Pleci? Burung mungil yang satu ini dikenal sulit dalam hal pemeliharaan dan perawatan. Bahkan, sebagian besar Pleci Mania (Pleman) mengaku pasrah karena rawatan hingga berbulan-bulan tetap tidak bisa membuatnya berkicau sama sekali.

Inilah yang membuat kicau mania semakin penasaran dan tertantang memelihara burung Pleci. Mereka rela bertanya dari grup satu ke grup yang lain hanya untuk mengetahui bagaimana cara menjadikan Pleci cepat gacor. Pertanyaan yang diajukan pun semakin beragam. Kami telah mengumpulkan sedikitnya 33 pertanyaan mendasar seputar Pleci.

Berikut beberapa tanya jawab terlengkap tentang Pleci:

  1. Mengapa Pleci sering dipanggil burung Kacamata?
    Pleci mempunyai ciri khusus berupa garis putih melingkar di sekitar mata. Maka dari itu, banyak orang yang memanggil Pleci sebagai burung Kacamata.
  2. Apa arti dari Zosterops?
    Zosterops adalah nama marga Pleci yang artinya sabuk mata.
  3. Apakah kacamata dan ekor dapat dijadikan acuan membedakan jenis kelamin Pleci?
    Tidak bisa, tebal dan tipisnya kacamata serta bentuk ekor Pleci tidak ada hubungannya sama sekali dengan jenis kelamin Pleci. Jika Anda ingin tahu cara membedakan kelamin Pleci, Anda bisa membaca artikel kami tentang cara membedakan burung Pleci jantan dan betina.
  4. Ada berapa jenis burung Pleci di Indonesia?
    Sedikitnya terdapat 7 jenis burung Pleci di Indonesia.
  5. Berapa ukuran panjang tubuh Pleci yang paling besar?
    Kalau diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor, burung Pleci terbesar mempunyai panjang hingga 15 cm.
  6. Apakah Pleci termasuk burung tipe petarung?
    Bukan, Pleci adalah burung koloni yang hidupnya bergerombol seperti burung Gereja.
  7. Mengapa Pleci hanya berkicau cuit-cuit dan griwik?
    Apabila Pleci dewasa masih cuit-cuit dan griwik, kemungkinan Pleci tersebut berkelamin betina. Kalau Anda sudah memastikan jenis kelaminnya jantan dan masih ngriwik, berarti perawatannya kurang. Setidaknya, burung Pleci akan menunjukkan jati dirinya pada usia rawatan minimal 1 tahun.
  8. Bagaimana cara agar Pleci cepat buka paruh, ngalas, ngerol, dan gacor?
    Untuk menjadikan Pleci cepat gacor, Anda harus merawatnya secara rutin dan konsisten. Berikan makanan yang bergizi, seperti buah, sayur, dan racikan makanan yang bisa membuat Pleci cepat gacor.
  9. Bagaimana cara menjadikan Pleci ngotot bongkar isian?
    Kuncinya hanya konsisten dalam perawatan Pleci sehari-hari, mulai dari pemberian makanan tambahan (EF), mandi, jemur, dan jangan lupa juga pemasteran suara burung yang tepat.
  10. Bagaimana membuat kicauan Pleci ngotot dan speed-nya rapat?
    Kalau Anda ingin burung Pleci berkicau ngotot, maka perawatannya harus ditingkatkan. Biasanya, Pleci Mania menggunakan doping tambahan agar kicauannya ngotot. Tapi ingat, penggunaan doping tidak terlalu baik bagi kelangsungan hidup Pleci dalam jangka panjang. Sementara, untuk speed rapat, Anda bisa memasterkan Pleci dengan suara burung Blacktroat, Sanger, Ciblek, Cililin, dan lain-lain.
  11. Apa beda suara burung Pleci ngriwik, ngalas, ngerol, dan ngeplong?
    Ngriwik adalah mereplay lagu dan isian dengan volume suara pelan.
    Ngalas adalah suara ciw yang rapat disambung-sambung dalam tempo yang cepat dan nada naik turun cenderung ditarik-tarik bergulung-gulung panjang.
    Ngerol adalah kemampuan burung untuk berkicau secara sambung menyambung seolah-olah tanpa terputus. Misalnya: 1-2-3-4-5-6 atau 6-5-4-3-2-1.
    Ngeplong adalah istilah untuk burung yang berkicau dengan lantang dan keras serta volume suara yang relatif besar.
  12. Apa saja tahapan suara burung Pleci?
    Tahapan suara pleci mulai dari bakalan: ngriwik/ middletone disertai teler suara pelan >> middletone nglagu/ mengeluarkan irama lebih jelas dan lebih keras dibandingkan suara ngriwik >> middletone nglagu keras di akhir ngerolnya dalam satu lagu mulai diikuti buka paruh ngalas pendek >> mulai ngalas buka paruh pendek diulang-ulang beberapa kali >> ngalas panjang buka paruh full diulang beberapa kali >> ngalas buka paruh full diikuti nglagu isian panjang dan juga buka paruh >> ngalas dan nglagu full buka paruh tanpa ngatup disertai suara kencang panjang.
  13. Apakah Pleci bisa di-master dengan suara burung lain?
    Bisa, Anda bisa memaster pleci menggunakan suara burung asli atau aplikasi suara kicau burung dari smartphone. Dalam hal ini, pemasteran bisa dilakukan mulai dari malam hari sampai pagi hari atau pagi hari hingga sore hari.
  14. Mengapa Pleci berbunyi ciirr.. ciirr.. ciir..?
    Bunyi ciirr.. ciirr.. menandakan Pleci sedang dalam bahaya atau Pleci sedang birahi. Bunyi seperti ini tidak menandakan Pleci berkelamin betina.
  15. Bagaimana cara menstabilkan birahi Pleci?
    Anda bisa memberikan buah pepaya, mentimun, dan pear untuk menurunkan over birahi Pleci. Kalau mau yang lebih ekstrem, Anda bisa mencoba terapi mandi air hujan.
  16. Bagaimana cara meningkatkan volume suara Pleci?
    Volume suara Pleci tidak bisa ditingkatkan karena Pleci mempunyai kharakter suara yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Namun, kalau Anda mau konsisten dalam hal perawatan, bisa jadi suara Pleci akan mengalami peningkatan dengan sendirinya.
  17. Bagaimana cara melatih mental Pleci dan membuat Pleci rajin berkicau?
    Caranya mudah, ajaklah Pleci berkoloni dengan burung Pleci yang lain ke tempat latberan, ke pasar burung, atau ke tempat yang ramai. Setelah itu, menjelang sore Pleci harus dipisah dari koloni dan biarkan mereka saling berkicau sahut-sahutan.
  18. Bagaimana cara mengembalikan Pleci ke kondisi semula sebelum terkena doping?
    Untuk memulihkan Pleci dari efek doping, Anda bisa memberikan buah pepaya. Beberapa Pleman juga pernah menyarankan memberikan susu beruang atau air kelapa muda (tapi kami belum tahu hasilnya seperti apa).
  19. Mengapa performa burung berbeda antara di rumah dan di tempat lomba?
    Pleci akan diam ketika melihat musuh yang lebih tua usianya. Sementara, kalau yang lebih muda, biasanya Pleci akan agresif dan lompat-lompat. Namun, kalau Pleci Anda sudah terlatih, dia tetap bunyi walau berhadapan dengan Pleci manapun.
  20. Bagaimana membuat pleci nagen dan tidak lompat-lompat?
    Pleci nagen biasanya dilakukan oleh Pleci yang sudah gacor dan mapan. Semakin tua semakin bagus nagennya. Namun, bukan berarti Pleci muda tidak bisa main nagen. Pleci yang masih muda pun bisa nagen dengan cara mengatur tingkat birahi Pleci.
  21. Mengapa setelah mabung, Pleci menjadi macet malas berkicau?
    Untuk masalah ini, kemungkinan ada yang salah dengan perawatan Pleci saat mabung. Di sisi lain, hal ini wajar karena burung yang sedang mabung memang malas berbunyi.
  22. Mengapa proses mabung Pleci lama sekali?
    Pleci yang sedang mabung atau nyulam membutuhkan waktu hingga 5 bulan untuk kembali normal. Kalau mau cepat, Anda bisa memberikan EF hewani yang banyak dan full kerodong.
  23. Bagaimana perawatan Pleci yang sedang mabung?
    Perawatannya sangat mudah, full kerodong, full gizi, pemasteran, tidak mandi semprot (biar mandi sendiri), dan tidak dijemur.
  24. Jenis makanan apa yang bisa membuat Pleci buka paruh?
    Tidak ada jenis makanan khusus yang bisa mempercepat Pleci buka paruh. Burung akan berkicau lantang minimal 1 tahun perawatan. Selain itu, (EF) extra fooding sesuaikan dengan karakter burung Pleci Anda, jangan terpengaruh dengan penggunaan doping yang dapat membuat Pleci cepat buka paruh dan gacor. Belum tentu hal tersebut baik untuk burung Pleci Anda. Pada awalnya mungkin bagus, tapi efeknya di kemudian hari tidak ada yang mengetahuinya.
  25. Bolehkah Pleci hanya dikasih voer atau bubur bayi?
    Sebenarnya, voer dan bubur bayi hanya untuk memudahkan Anda apabila Anda sedang bepergian ke luar kota. Kalau Anda ingin menyesuaikan dengan kehidupan Pleci di alam liar, berarti Anda harus memberikan buah, serangga, nektar, dan tambahan EF lainnya.
  26. Bagaimana cara pemberian madu pada Pleci?
    Madu boleh diberikan ke Pleci tetapi tidak setiap hari, cukup satu kali seminggu. Pemberian madu bisa dimasukkan cepuk atau dioles pada pisang.
  27. Kenapa ada sebagian Pleci yang tidak mau makan buah?
    Kalau Pleci Anda terbiasa mengonsumsi makanan atau minuman yang manis seperti bubur bayi, susu, voer, minuman rasa buah, serta madu, biasanya dia akan lebih memilih memakan yang manis-manis dan tidak mau makan buah.
  28. Kenapa ada sebagian Pleci yang tidak mau makan voer, kroto, UH, dan UK?
    Pleci hanya memakan apa yang biasa dia makan. Kalau biasanya Pleci tidak diberi makan voer, kroto, UH, dan UK, maka dia tidak akan mau memakannya. Namun, kalau Anda membiasakan Pleci memakan makanan tadi, maka lama-kelamaan Pleci Anda akan terbiasa.
  29. Apakah Pleci perlu diberi vitamin?
    Vitamin boleh diberikan seminggu sekali, atau saat Pleci membutuhkan. Misalnya: saat cuaca buruk dan saat burung kelihatan sakit. Tak hanya itu, vitamin bebas dibeli di toko burung. Pemberian boleh dicampur antara vitamin, madu, dan sedikit air dalam cepuk kecil.
  30. Bagaimana cara merawat Pleci yang kegemukan?
    Anda bisa menjemur Pleci dengan waktu yang lebih lama dari biasanya. Di samping itu, Anda juga bisa mengumbar Pleci di sangkar yang lebih besar.
  31. Apakah Pleci harus dikerodong?
    Pleci tidak wajib dikerodong, tapi dengan mengkerodong Pleci maka Pleci akan terbebas dari nyamuk, tikus, dan udara dingin.
  32. Bagaimana cara mengetahui Pleci yang sudah berumur atau tua?
    Biasanya bulu Pleci yang sudah tua terlihat kusam (tapi bulu kusam bukan patokan, jika lama makan voer juga bisa membuat bulu Pleci terlihat kusam). Cara lain, lihat bagian kakinya sudah bersisik tebal atau belum dan kukunya sudah panjang atau belum. Kalau memang kakinya sudah bersisik dan kukunya sudah panjang, berarti Pleci tersebut sudah berumur.
  33. Berapa jumlah ideal memelihara Pleci?
    Pleci adalah burung koloni. Jadi, peliharalah burung Pleci minimal tiga ekor. Kalau buat perlombaan, minimal pelihara lima ekor Pleci untuk membentuk koloni.

Demikian rangkuman 33 tanya jawab terlengkap tentang burung Pleci. Apabila Anda memiliki pertanyaan tambahan, silakan bertanya melalui kolom komentar atau via email redaksi. Semoga bermanfaat.

Pencarian terkait:

  • mengkoloni pleci di malam hari
  • apakah pleci betina bisa berkicau
  • apakah pleci betina bisa ngalas
  • apakah ngecir suara pleci betina
  • pleci betina bisa gacor
  • apakah pleci betina bisa gacor
  • manpaat koloni pleci com
  • apa pleci
  • apa penyebab burung pleci lama buka paruh
  • apa arti ngeriwik pada pleci jantan dan betina

2 Comments on “33 Tanya Jawab Terlengkap tentang Pleci”

Comment here