Press "Enter" to skip to content

36 Fakta Unik dan Mitos Burung Hantu yang Mencengangkan

0

Burungnya.com – Hampir semua jenis burung yang hidup di muka bumi ini mempunyai keunikan masing-masing. Begitu juga dengan burung Hantu atau Owl. Burung yang terdengar menyeramkan ini ternyata tak terlalu menakutkan bila dibandingkan dengan burung pemangsa lainnya.

Mengapa demikian? Soalnya, burung Hantu sering dinyanyikan anak-anak dan mereka terbukti tidak takut sama sekali. Bahkan, suara burung Hantu yang bikin merinding, justru dianggap merdu oleh anak-anak yang menyanyikannya. Coba Anda nyanyikan kalau tidak percaya.

Matahari terbenam, hari mulai malam.
Terdengar burung Hantu, suaranya merdu

Kukuk, kukuk, kukuk kukuk kukuk.
Kukuk, kukuk, kukuk kukuk kukuk.

Bagaimana, masih takut dengan burung Hantu?

Kalau hanya menyanyikan lagu burung Hantu, mungkin tak ada seorangpun yang takut dengan burung Hantu. Namun, setelah mengetahui fakta unik dan mitos tentang burung Hantu, apakah Anda masih tetap tidak takut dengan burung tersebut?

Terlepas dari rasa takut terhadap burung Hantu, ternyata burung Hantu memiliki sejumlah fakta dan mitos tersembunyi yang mencengangkan. Apa sajakah itu?

Fakta unik burung Hantu

  1. Burung Hantu bisa ditemukan di semua habitat yang berbeda di seluruh dunia, kecuali di Antartika.
  2. Terdapat lebih dari 220 spesies burung Hantu. Namun, yang pasti hanya terdapat 19 spesies burung hantu yang ditemukan di Amerika Utara.
  3. Kebanyakan burung Hantu tidak bermigrasi, tetapi mereka dapat hidup nomaden dalam mencari sumber makanan terbaik.
  4. Fosil burung Hantu telah ditemukan sejak 58 juta tahun yang lalu. Fosil burung hantu terbesar, Orinmegalonyx oteroi memiliki tinggi sekitar 3 meter.
  5. Burung Hantu terbesar dinamakan burung Hantu Abu-abu (Strix nebulosa. Burung ini memiliki tinggi 32 inci atau sekitar 84 cm.
  6. Burung Hantu terkecil di dunia adalah Elf Owl (Micrathene whitneyi) dengan ukuran hanya 5-6 inci dan berat sekitar 1,5 ons. Burung yang memiliki kepala bundar ini terdapat di daerah Amerika Serikat dan Meksiko.
  7. Semua burung Hantu memiliki postur tubuh tegak dan mata menghadap ke depan yang memberi mereka penglihatan teropong, sama seperti manusia.
  8. Mata burung Hantu disokong oleh soket mata bertulang. Burung ini juga tidak dapat mengerlingkan mata, tetapi burung Hantu mampu memutar kepala hingga 270 derajat.
  9. Burung Hantu memiliki tiga kelopak mata: satu untuk berkedip, satu untuk tidur, dan satu untuk menjaga mata tetap bersih dan sehat.
  10. Burung Hantu tidak dapat melihat objek yang terlalu dekat atau rabun dekat. Burung Hantu tidak dapat melihat dengan jelas dalam jarak beberapa sentimeter di depan mata. Untuk menangkap mangsa, burung Hantu menggunakan filoplumes. Filoplumes adalah bulu kecil di paruh dan kaki yang bertindak sebagai antena. Dengan bulu kecil inilah burung Hantu dapat melihat objek pada intensitas cahaya yang rendah.
  11. Banyak spesies burung Hantu yang memiliki telinga asimetris, di mana ukuran tinggi daun telinganya berbeda satu sama lain. Konfigurasi telinga ini membuat pendengaran burung Hantu lebih unggul dan memiliki kemampuan untuk menentukan posisi mangsa, bahkan ketika ia tidak dapat melihat mangsanya.
  12. Beberapa spesies burung Hantu memiliki jumbai (seperti telinga) di kepala, tetapi itu sebenarnya bukanlah telinga. Jumbai bulu ini muncul untuk menunjukkan mood burung, membantunya dalam kamuflase, atau digunakan untuk menunjukkan agresi.
  13. Bentuk muka rata dan bulat pada burung Hantu mampu menyalurkan suara ke telinga burung dan meningkatkan volumenya sebanyak 10 kali lipat untuk membantunya mendengar suara-suara yang tidak dapat dideteksi manusia.
  14. Burung Hantu memiliki bulu khusus dengan pinggiran lunak dan bulu utama kaku. Bagian bulu yang kaku untuk mengurangi kebisingan, sementara tepi bulu yang lunak untuk mengurangi turbulensi. Lalu, bulu-bulu halus yang menutupi permukaan sayap berfungsi untuk mengurangi suara. Sayap yang lebar dan tubuh yang ringan juga menjadikannya makhluk terbang yang senyap. Hal ini menjadikan burung Hantu lebih mudah menangkap mangsa.
  15. Burung Hantu memiliki kaki zygodactyl dengan dua jari-jari kaki menunjuk ke depan dan dua jari-jari kaki menunjuk ke belakang. Konfigurasi ini memberikan cengkeraman yang lebih kuat sehingga mereka dapat menjadi predator yang menakutkan.
  16. Burung Hantu jenis Barn Owl dan Serak Jawa (Tyto alba) bisa makan 1.000 ekor tikus dalam setahun, dan banyak petani mencoba mengundang burung ini untuk membantu mengendalikan populasi tikus di lahan pertanian.
  17. Burung Hantu adalah hewan karnivora yang memangsa tikus, mamalia berukuran kecil atau sedang, serangga nokturnal, ikan, dan burung lainnya. Setelah mencerna makanan mereka, burung Hantu memuntahkan pelet keras yang terdiri atas serpihan tulang, bulu, gigi, dan material lainnya yang tidak bisa dicerna.
  18. Burung Hantu jenis Macan memiliki sifat predator yang kuat dan gemar memangsa burung Hantu lainnya yang lebih kecil.
  19. Pada sebagian besar spesies burung Hantu, jenis kelamin betina lebih besar, lebih berat, dan lebih agresif dari pejantan. Jika sifatnya dimorfik, betina sering memiliki warna yang lebih kaya dibandingkan pejantan.
  20. Tidak semua burung Hantu mengeluarkan suara, tapi sebagian jenis burung Hantu dapat membuat berbagai jenis suara, seperti memekik, melengking, menyalak, dan mendesis. Selama musim bersarang, suara burung Hantu sering terdengar hingga beberapa kilometer.
  21. Burung Hantu termasuk hewan nokturnal karena lebih banyak aktif di malam hari. Meski begitu, terdapat beberapa jenis burung Hantu yang terlihat di siang hari, salah satunya burung Hantu Hedwig milik Harry Potter.
  22. Burung Hantu umumnya mempunyai sifat penyendiri (soliter). Oleh karena itu, burung Hantu tidak pernah terlihat berkelompok dengan burung Hantu lainnya.
  23. Burung Hantu adalah salah satu hewan paling setia karena hanya kawin sekali seumur hidup.
  24. Dalam bahasa Inggris, sekelompok burung hantu disebut parliament, wisdom, atau study. Sedangkan bayi burung Hantu disebut owlet.
  25. Burung Hantu sudah lama menjadi simbol budaya, bahkan burung Hantu sempat ditemukan pada lukisan gua di Perancis, dalam tulisan hieroglif Mesir, dan dalam seni suku Maya. Sementara di Yunani kuno, burung Hantu merupakan lambang dari kebijaksanaan.
  26. Ancaman terbesar bagi burung Hantu adalah hilangnya habitat, pestisida yang meracuni burung, persediaan makanan, serta penganiayaan manusia karena mitos yang negatif.
Baca juga:  Pria Ini Bisa Memutar Kepalanya 180 Derajat Seperti Burung Hantu

Mitos burung Hantu

  1. Dulu banyak orang menganggap bahwa melihat burung Hantu yang terbang di sekitar rumah merupakan pertanda akan terjadi kematian di dalam keluarga.
  2. Bangsa Romawi dan Yunani mempercayai bahwa burung Hantu adalah jelmaan para penyihir. Suara jeritan burung Hantu dianggap sebagai pertanda kematian. Seperti halnya kematian Agrippa, Julius Caesar, Commodus Aurelius, dan Augustus Caesar yang semua kematiannya telah diprediksi oleh burung Hantu.
  3. Sejarawan terkenal Romawi, Pliny, pada tahun 77 M mencatat kemunculan burung Hantu dengan suaranya yang menakutkan selalu menjadi pertanda berita buruk. Oleh karena itu, burung Hantu dianggap sebagai burung yang paling buruk dan sangat terkutuk.
  4. Di Wales, mendengar suara burung Hantu di malam hari adalah pertanda bahwa salju akan datang atau pertanda bahwa salah seorang dari gadis-gadis di desa akan mencari kekasih dan kehilangan kesuciannya.
  5. Di China, burung Hantu dianggap sebagai pembawa keberuntungan atau hoki.
  6. Memajang kulit burung Hantu di dinding bangunan pertanian dianggap membawa keberuntungan dan dapat melindungi warga dari kejahatan.
  7. Kaldu burung Hantu dapat mengurangi gejala batu rejan. Selain itu, makan telur burung Hantu konon berkhasiat membantu meningkatkan penglihatan, mencegah serangan epilepsi, dan membuat orang tersadar ketika sedang mabuk.
  8. Di Inggris kuno, ada anggapan bahwa dengan memasak dan memakan mata burung Hantu yang sudah dicampur dengan ramuan khusus akan membuat penglihatan manusia menjadi tajam, setajam mata burung Hantu. Bahkan di India, ada yang memakan mata burung Hantu secara langsung.
  9. Dalam kelompok suku Aborigin, di beberapa negara seperti Australia, burung Hantu dianggap suci. Mereka mempercayai bahwa burung Hantu adalah jelmaan dari roh orang-orang yang sudah meninggal.
  10. Dalam suku Apache, berkembang mitos bahwa bermimpi tentang burung Hantu, konon katanya adalah pertanda bahwa kematian orang tersebut akan segera datang.
Baca juga:  Burung Hantu Betina Membunuh Pasangannya Karena Alat Vital Kecil

Nah, itulah beberapa fakta unik dan mitos burung Hantu yang mencengangkan. Meski demikian, apapun mitos yang berkembang di masyarakat, burung Hantu tetaplah seekor burung eksotis yang mempunyai banyak keunikan. Bahkan, burung Hantu telah terbukti mampu membantu petani memusnahkan hama tikus di sawah. Jadi, tetap cintai burung Hantu dan jangan percaya mitos tentang burung Hantu yang belum terbukti kebenarannya.

Sumber: Komunitas Pecinta Burung Hantu, Kembangpete.com, dan Kicaupetzone.com.

Comment here