Burung Jalak Oxpecker (slate.com)

4 Jenis Burung Penghisap Darah Paling Mengerikan

Burungnya.com – Selama ini, kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa berbagai jenis burung memakan biji-bijian, buah-buahan, sayuran, serangga-serangga kecil, voer, hingga daging. Namun, ternyata di belahan dunia lain terdapat beberapa jenis burung yang mempunyai kebiasaan aneh, yakni menghisap darah. Benarkah hal itu?

Ya, burung yang terlihat biasa saja ini ternyata memiliki kebiasaan seperti drakula. Apakah burung-burung tersebut merupakan penjelmaan drakula? Kalau soal itu, kami tidak tahu pasti, tapi yang jelas burung-burung penghisap darah ini sangat mengerikan. Mereka tak segan menghisap darah burung lain yang ukurannya lebih besar.

Anehnya lagi, beberapa burung yang menjadi mangsanya seakan tak menyadari bahwa dia sedang dihisap darahnya. Tahu-tahu, burung yang dihisap darahnya terkulai lemas dan mati tak berdaya.

Kira-kira, jenis burung apa saja yang mampu menghisap darah mangsanya? Berikut kami sajikan beberapa jenis burung penghisap darah paling mengerikan.

1. Hood Mockingbird

Burung Hood Mockingbird (Fukarf.com)
Burung Hood Mockingbird (Fukarf.com)

Burung Hood Mockingbird merupakan salah satu jenis burung penghisap darah yang cukup baik. Mengapa kami mengatakan demikian? Sebab, burung ini tidak akan menghisap darah kalau kulit mangsanya tidak mengeluarkan darah. Jadi, dalam keadaan normal, burung Hood Mockingbird hanya akan memakan kutu dan parasit lainnya di tubuh mangsanya.

Namun, kalau dia tak sengaja melukai kulit mangsanya dan mengeluarkan darah, maka dia akan memilih menghisap darah mangsanya. Daftar mangsa burung Hood Mockingbird yang sering dihisap darahnya adalah burung-burung laut, singa laut, dan hewan-hewan lain yang berada di pesisir pantai.

2. Vampire Finch

Burung Vampire Finch (animalspot.net)
Burung Vampire Finch (animalspot.net)

Burung Vampire Finch (Geospiza difficilis) menjadi burung kecil yang sangat mematikan karena kegemarannya menghisap darah. Burung yang juga disebut sebagai Finch Drakula ini tidak pernah dijumpai di Indonesia. Kalau Anda penasaran dengan burung Vampire Finch, Anda bisa mencarinya di kepulauan Galapagos.

Oh ya, sebenarnya makanan utama burung Vampire Finch bukanlah darah, melainkan biji-bijian, nektar, dan serbuk sari sama seperti jenis burung Finch lain. Namun, karena kerasnya hidup di sana, burung Vampire Finch telah mengubah minuman favoritnya menjadi darah segar.

Biasanya, mangsa burung Vampire Finch adalah burung laut seperti blue-footed boobies (Sula nebouxi). Burung yang ukuran tubuhnya lebih besar dari Vampire Finch dipatuki hingga berdarah dan dihisap darahnya. Anehnya, burung laut tersebut tidak melakukan perlawanan dan seakan tidak kesakitan sama sekali.

Apakah ini karena paruh burung Vampire Finch yang terlalu tajam hingga tak menimbulkan rasa sakit? Entahlah, tapi logikanya memang demikian.

3. Gelatik Batu

Burung Gelatik Batu (Pixabay.com)
Burung Gelatik Batu (Pixabay.com)

Pernah mendengar burung Gelatik Batu? Burung ini adalah burung berukuran kecil yang digemari di seluruh dunia. Namun, siapa sangka, di balik ukurannya yang kecil, ternyata burung Gelatik Batu sangat menakutkan. Burung yang juga disebut burung Wingko ini diketahui pernah membantai seekor kelelawar dan kemudian memakan kepalanya.

Tak hanya kelelawar saja, sebab burung Gereja juga sering menjadi menu makanan favoritnya. Burung Gelatik Batu biasanya menyerang seekor burung Gereja yang sedang berkelompok dengan cara mencenkeram tubuhnya. Setelah itu, dia akan mematuki bagian kepala burung Gereja hingga tewas.

Burung Gelatik Batu hanya menghisap darah mangsanya dan memakan sebagian dagingnya saja. Kalau sudah kenyang, dia akan meninggalkan bangkai burung Gereja begitu saja.

4. Jalak Oxpecker

Burung Jalak Oxpecker (slate.com)
Burung Jalak Oxpecker (slate.com)

Di balik keindahan Jalak Oxpecker, ternyata tersimpan rahasia yang mengerikan. Burung ini walau terlihat menakjubkan, ternyata kebiasaannya sangat menakutkan. Bagaimana tidak, Jalak Oxpecker sering bertengger di hewan-hewan besar kemudian menghisap darahnya.

Hewan-hewan yang kurang beruntung tersebut, di antaranya Zebra, Jerapah, Badak, Kerbau, dan lain-lain. Mereka hanya bisa pasrah dan menikmatinya. Sebab, selain menyakitkan sebenarnya burung Jalak Oxpecker membantu hewan-hewan tadi dalam memusnahkan parasit di tubuh mereka. Jalak Oxpecker sebenarnya ikut memakan kutu dan parasit lainnya sembari menikmati lezatnya darah.

Meski begitu, ada yang aneh dari burung Jalak Oxpecker. Burung ini tidak mau hinggap di tubuh Unta. Padahal, tubuh Unta juga sama besarnya dengan hewan-hewan sebelumnya. Apakah darah Unta tidak enak? Silakan Anda cari sendiri jawabannya atau tanyakan pada burung Jalak Oxpecker. ‘Hehehe’

Nah, demikian tadi beberapa jenis burung penghisap darah paling mengerikan. Sebenarnya masih banyak jenis burung seperti ini, tetapi beberapa dari mereka ikut memakan dagingnya, jadi kami tidak mencantumkan mereka dalam daftar jenis burung penghisap darah paling mengerikan.

Komentar