Press "Enter" to skip to content

4 Masalah saat Kaki Burung Dipasangi Ring Lengkap dengan Solusinya

0

Burungnya.com – Salah satu cara mengetahui burung yang Anda beli merupakan hasil dari penangkaran adalah adanya ring kode atau cincin pada kaki burung. Ring kode sendiri bisa dibuat sesuai keinginan pemilik penangkaran atau peternakan burung. Anda juga bebas membuat kode tulisan yang tertera pada ring.

Sayangnya, terkadang burung justru mengalami berbagai masalah saat dipasangi ring. Entah karena kesalahan dalam pemasangan atau pemilihan jenis ring yang kurang tepat. Yang jelas, burung bukannya merasa senang tetapi justru tersiksa dan terluka. Burung yang tidak bisa protes hanya mampu meronta kesakitan dan melakukan ‘demo’ pada majikan dengan cara tidak berkicau sama sekali.

Hal ini lumrah ditemui di kehidupan kicau mania. Maka dari itu, Anda harus tahu bagaimana cara memasang ring kode pada kaki burung, kapan harus memasang ring, jenis ring yang nyaman untuk burung, dan dampak yang akan terjadi setelah pemasangan ring kode.

Sekarang mari kita bahas semua masalah tentang ring di kaki burung mulai dari waktu pemasangan.

1. Keterlambatan memasang ring burung

Semakin muda usia burung, maka semakin baik dipasangi ring atau cincin. Biasanya, pemasangan ring yang paling tepat dilakukan pada saat burung berusia 5-11 hari. Pasalnya, saat usia burung dalam hitungan hari (di bawah 12 hari), kakinya masih lentur, sehingga Anda akan lebih mudah memasangnya.

Setelah memasuki hari ke-12 hingga 15, kaki burung akan berkembang dan menjadi kaku. Ini ditunjukkan bagian telapak kaki yang membesar. Kalau Anda tetap memaksakan untuk memasang ring pada burung kesayangan Anda, bisa jadi kakinya akan terluka dan patah.

Baca juga:  15 Cara Melatih Mental Murai Batu Biar Fighter Pakai Teknik Buka Tutup Kerodong

Belajar dari beberapa kasus yang dialami kicau mania, pemaksaan pemasangan ring karena terlambat memasang ring akan mengakibatkan kaki burung terluka, patah, bengkok, dan akhirnya cacat.

Selain itu, Anda mulai sekarang harus waspada. Sebab, tidak semua burung yang dipasangi ring merupakan burung hasil penangkaran. Beberapa oknum yang ingin mencari keuntungan, sengaja memasangkan ring pada kaki burung hasil tangkapan hutan. Jelas saja, kaki burung akan terluka karena waktu pemasangannya tidak tepat.

Jadi, intinya Anda harus memeriksa terlebih dahulu bagian kaki burung yang sudah dipasangi ring, siapa tahu ada cacat fisik yang tidak terlihat.

2. Cara memasang ring yang salah

Pemasangan ring pada kaki burung ada caranya tersendiri. Jari kaki bagian belakang ditekuk ke atas agar ring bisa masuk dengan mudah. Proses seperti ini tidak akan menyakiti burung. Namun sebaliknya, jika Anda menekuk kaki belakang ke bawah, maka burung akan merasa kesakitan.

Cara pemasangan ring (mediaronggolawe.com)
Cara pemasangan ring (mediaronggolawe.com)

Ingat, selain menekuk kaki burung bagian belakang, Anda juga disarankan menggunakan pelicin saat akan memasang ring ke kaki burung. Pelicin bisa berupa bahan-bahan yang terdapat di dapur, seperti minyak kelapa dan bahan pelicin lainnya.

Tanpa pelicin, proses pemasangan ring akan sedikit lebih lama, sehingga kemungkinan besar dapat menyakiti kaki burung peliharaan Anda.

Para penangkar pemula yang baru belajar beternak burung sebaiknya berlatih bagaimana cara memasang ring yang baik dan benar. Jangan sampai burung-burung muda menjadi korban karena sang pemilik tidak tahu cara memasang ring.

3. Ring tersangkut karena ukuran yang tidak sesuai

Ring mempunyai ukuran yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, sesuaikan ukuran ring dengan kaki burung Anda. Kalau bisa ring tetap bisa bergeser naik turun mengikuti pergerakan burung. Jangan sampai ring tersangkut di kaki bagian atas. Ini bisa mengganggu aktivitas burung dan mengganggu kesehatan burung juga.

Baca juga:  Dalam 20 Hari, Lovebird Kiranty Mengumpulkan 108 Piala, Begini Perawatannya

Ring yang tersangkut karena kesempitan akan membuat peredaran darah tidak lancar. Kalau sudah begini, biasanya burung akan lebih sering mengangkat kaki. Nah, solusi untuk burung yang sering mengangkat kaki, Anda bisa membaca artikelĀ 7 Penyebab Burung sering Mengangkat Kaki dan Cara Mengatasinya.

Tahukah Anda mengapa ring bisa tersangkut? Penyebab ring tersangkut adalah ukurannya yang kurang tepat. Kebanyakan saat pemasangan ring terlihat pas di kaki burung, tapi setelah burung beranjak dewasa ring tersebut menjadi kesempitan. Untuk mengantisipasi hal ini, maka pilihlah ring sesuai jenis burung peliharaan Anda atau mencari jenis ring yang fleksibel (bisa dibongkar pasang kapan saja).

Ring memiliki beberapa jenis, di antaranya sebagai berikut:

  • Ring klip: Ring yang terbuat dari bahan plastik dan bisa dibongkar pasang kapan saja karena memiliki klip pengunci.
  • Ring powdercoating: Ring dari bahan aluminium yang dilapisi dengan karet sehingga nyaman untuk burung.
  • Ring roda: Ring dari bahan aluminium yang memiliki variasi warna yang cukup banyak.
  • Ring mata kucing atau donat mata kucing: Ring ini hampir sama dengan ring roda, hanya saja penulisan ring mata kucing menggunakan laser dan terlihat lebih menyala.
  • Ring donat: Ring ini menggunakan pengukiran laser, namun bagian luarnya terlihat lebih cembung, sehingga banyak yang menyebutnya ring donat.
  • Ring grafir laser: Ring ini menggunakan pengukiran laser, tetapi hurufnya lebih menjorok ke dalam atau cekung.
  • Ring laser: Ring ini menggunakan pengukiran laser tetapi tulisan tidak masuk ke dalam alias datar.
  • Ring baja laser: Ring ini sangat kuat dan sangat sulit dipotong. Ring baja laser hanya mempunyai warna silver. Ring ini cocok untuk burung hasil penangkaran yang berkualitas.
Baca juga:  Perawatan Cucak Ijo yang Sedang Sakit dengan Ramuan Tradisional

4. Anak burung yang memakai ring dibuang oleh induknya

Masalah pembuangan anak burung seperti ini sangat wajar sekali. Biasanya penyebab dari permasalahan ini adalah indukan yang menganggap bahwa ring di kaki anaknya bisa membahayakan dirinya dan anak-anaknya yang lain. Sehingga, indukan burung berusaha menyingkirkan anak burung tersebut.

Cara untuk mengatasi masalah ini sangat mudah. Anda tak perlu memisahkan anakan yang telah dipasang ring dari keluarganya. Anda cukup menambahkan biji-bijian saja ke dasar sarang. Mengapa harus memasukkan biji-bijian?

Indukan burung sangat menyukai kebersihan sarang. Bila ada bagian sangkar yang kotor, maka dia akan langsung membersihkannya. Nah, karena dasar sangkar tadi telah kotor gara-gara biji-bijian yang berserakan, maka indukan burung akan membersihkannya dan melupakan anak burung yang menggunakan ring. Dengan begitu, anak burung tadi tidak akan dibuang lagi oleh induknya.

Cara seperti ini hanya untuk mengalihkan perhatian indukan burung saja. Mungkin cara ini tidak berlaku selamanya. Jadi, Anda harus selalu mengawasi gerak-gerik indukan burung dan anak burung yang menggunakan ring.

Itu tadi beberapa masalah yang biasa terjadi saat kaki burung dipasangi ring atau cincin. Semoga dengan mengetahui masalah dan dampak pemasangan ring, Anda bisa lebih berhati-hati saat memasang ring di kaki burung peliharaan Anda.

Comment here