Press "Enter" to skip to content

5 Cara Mengatasi Burung yang Sering Mengacak-acak Pakan Hingga Berantakan

Burungnya.com – Perilaku burung tidak bisa dikontrol seperti halnya anak-anak. Oleh karena itu, kita harus lebih bersabar dalam memelihara burung. Terlebih kalau burung sering mengacak-acak pakan hingga berantakan.

Tingkah laku burung yang gemar mengacak-acak pakan atau mencelupkan pakan ke air minum merupakan perilaku yang sangat menjengkelkan. Selain sangkar menjadi kotor, kesehatan burung juga bisa terganggu.

Hal ini dikarenakan pakan yang berserakan di dasar sangkar atau yang masuk ke dalam air minum bisa mengundang bakteri dan jamur. Kalau dibiarkan begitu saja, tentunya burung bisa terkena penyakit jamur dan kemungkinan juga dapat merusak bulu-bulu burung.

Penyebab burung mengacak-acak pakan

Burung yang selalu mengacak-acak pakan dalam cepuk umumnya disebabkan karena beberapa hal, antara lain kekurangan atau kelebihan pakan, jenis pakan tidak cocok, karakter burung nakal, serta kebiasaan pemilik yang selalu memasukkan serangga dalam cepuk pakan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi burung yang suka mengotori sangkar dan membuang-buang pakan?

Berikut beberapa cara mengatasi burung yang sering mengacak-acak pakan hingga berantakan:

1. Wadah pakan atau cepuk pakan diganti dengan model tertutup

Model cepuk tertutup tidak membuat pakan mudah tumpah. Wadahnya didesain sedemikian rupa dengan pembatas di bagian tepinya, sehingga burung tetap bisa mengambil pakan tapi tidak berserakan.

Biasanya, pembatas tepinya berwarna-warni dan lebih sedap dipandang mata. Bagi Anda yang tidak ingin burung mengacak-acak pakan hingga berceceran ke mana-mana, Anda dapat mencoba model wadah pakan tersebut.

Kalau masih belum berhasil, Anda bisa menambahkan kertas di dalam wadah pakan, kemudian lubangi sedikit. Dengan ditambah kertas, lubang pakan akan semakin kecil, sehingga saat burung makan, pakannya tidak berceceran.

Baca juga: 3 Sangkar Burung Unik Paling Langka di Indonesia

2. Penempatan wadah pakan lebih tinggi

Solusi lain dalam mengatasi burung yang sering mengotori kandang yakni menempatkan posisi cepuk pakan lebih tinggi dari sebelumnya. Usahakan jangan terlalu tinggi, yang penting burung tetap bisa menjangkau pakan.

Jangan sampai gara-gara penempatan wadahnya terlalu tinggi, burung jadi tak bisa makan dan akhirnya malah membuat burung kelaparan. Maka dari itu, sebaiknya wadahnya ditempatkan sewajarnya saja.

3. Jangan berlebihan memberi pakan

Kalau memberi pakan tidak perlu terlalu banyak, cukup setengahnya atau sepertiga saja. Namun, pakan burung harus selalu dicek biar tidak kehabisan. Setidaknya, setiap pagi pakan burung harus diisi ulang dan dibersihkan biar kebutuhan pakan burung tetap terpenuhi.

Jika Anda ingin bepergian jauh, semisal mau mudik ke kampung halaman, Anda bisa menggunakan wadah pakan modifikasi. Anda bisa membuat tempat pakan burung hasil dari modifikasi botol bekas.

Cara membuatnya, bisa Anda baca pada artikel Cara Mudah Membuat Tempat Pakan dan Minum Burung Otomatis dari Botol Bekas.

4. Beli wadah pakan anti tumpah

Di beberapa toko online sudah banyak yang menjual wadah pakan burung anti tumpah. Jadi, tempat pakan burung ini didesain dengan penyangga di bawahnya, mirip desain tempat minum ayam petelur.

Dengan tempat pakan anti tumpah tersebut, burung tidak akan bisa mengacak-acak pakan. Bahkan, pakan bisa otomatis mengisi sendiri. Kalau sedang ditinggal keluar kota, tempat pakan tersebut bisa diisi lebih banyak.

Bagi Anda yang tertarik membelinya, silakan ke toko perlengkapan burung atau cari di Google dengan keyword wadah pakan burung anti tumpah atau tempat pakan dan minum burung anti tumpah serta otomatis.

5. Menggunakan sangkar dengan penampung kotoran lebih lebar

Jika burung tetap tidak bisa dikendalikan, maka jalan satu-satunya adalah menggunakan sangkar dengan penampung kotoran lebih besar. Sangkar seperti ini mempunyai jarak antara jeruji bawah dengan bagian dasar sangkar.

Dengan demikian, kotoran burung yang bercampur dengan pakan tidak menumpuk dan mengundang bakteri serta jamur. Kalau jarak dasar sangkar terlalu dekat dengan jeruji, biasanya kotoran burung akan menumpuk.

Cara yang satu ini memang tidak bisa menghentikan burung mengotori sangkar atau menghentikan burung mengacak-acak pakan, tapi setidaknya burung tidak terkena penyakit yang diakibatkan oleh jamur dan bakteri.

Oh iya, jangan lupa segera membersihkan kotoran burung, serta mengganti pakan dan air minum setiap hari. Jangan sampai wadah pakan atau air burung terasa licin atau berwarna kehijauan. Kalau sudah seperti itu, tandanya wadah pakan sudah terkena jamur dan bakteri.

Selain itu, kalau tidak segera dibersihkan kotorannya, maka istri bisa marah besar. Istri paling tidak suka melihat pakan burung berserakan, terlebih mencium bau kotoran yang tidak sedap.

Tapi Anda tak perlu khawatir, jika istri suka marah-marah karena burung yang Anda pelihara, coba lakukan beberapa tips yang kami tulis pada artikel 10 Cara Membuat Istri Menyukai Burung Peliharaan Suami.

Itu tadi beberapa cara mengatasi burung yang mengacak-acak pakan hingga berceceran. Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • cara paling cepat menjinakkan burung jalak hitam
  • cara mengatasi makan locberd berantakan
  • cara mengatasi lovebird suka acak acak pakan
  • cara mengatasi lovebird agar tidak membuang pakan
  • cara lovebird suka makan
  • cara agar pakan lovebird tidak berceceran
  • cara agar pakan burung kenari tidak berceceran
  • cara agar burung lovebird tidak berantakan makan
  • burung kacer acak acak pakan
  • burubg lb sukak acak acak makNan

Be First to Comment

Comment here