Press "Enter" to skip to content

5 Cara Unik Membuat Lovebird Cepat Bunyi Menggunakan Barang Bekas

0

Burungnya.com – Lovebird dikenal memiliki suara yang unik, yakni suara ngekek panjang. Semakin panjang suara ngekeknya, maka harga Lovebird tersebut akan semakin mahal. Namun, untuk membuat suara Lovebird ngekek panjang tidak semudah yang dibayangkan.

Kicau mania senior saja membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membuat Lovebird ngekek panjang. Kata mereka yang terpenting adalah perawatan. Tanpa perawatan yang baik, maka Lovebird tidak akan bisa bunyi, apalagi ngekek panjang.

Oleh karena itu, yang harus dilakukan pertama kali pada Lovebird peliharaan Anda adalah membuatnya bunyi terlebih dahulu. Setidaknya, Lovebird bisa bunyi sambil ngekek walau hanya beberapa detik. Lama-lama, perawatannya ditingkatkan agar durasi suara ngekek Lovebird bisa lebih panjang.

Nah, berbicara tentang membuat Lovebird cepat bunyi, ternyata ada beberapa cara unik yang kemungkinan belum diketahui para pecinta burung. Cara-cara ini bukan tentang pemberian pakan khusus atau perawatan tambahan, melainkan hanya perlakuan unik untuk memancing Lovebird cepat bunyi.

Ya, Anda sebagai kicau mania dapat memancing Lovebird biar cepat bunyi dengan barang-barang tertentu. Bahkan, barang yang sudah bekas sekalipun. Lebih jelasnya, Anda bisa membaca ulasan berikut.

Cara memancing Lovebird cepat bunyi menggunakan barang bekas

1. Kaleng bekas

Kaleng bekas (ide-plus.blogspot.com)
Kaleng bekas (ide-plus.blogspot.com)

Kaleng bekas minuman ringan yang sudah tidak terpakai dapat digunakan untuk memancing Lovebird cepat bunyi. Caranya, bersihkan kaleng minuman menggunakan air, lalu isi kaleng tersebut dengan batu kecil atau kerikil.

Baca juga:  Cara Membuat Sari Apel dan Sari Anggur Biar Lovebird Moncer di Lapangan

Setelah itu, berdirilah dekat sangkar Lovebird sambil menggerak-gerakkan kaleng yang sudah diisi kerikil. Agar suara kaleng terdengar nyaring, peganglah bagian ujung kaleng, jangan digenggam.

2. Styrofoam

Busa styrofoam (anything-you-search.blogspot.co.id)
Busa styrofoam (anything-you-search.blogspot.co.id)

Tahukah Anda, busa styrofoam yang biasa ditemukan pada pengaman packing barang-barang elektronik ternyata bisa digunakan untuk memancing Lovebird agar cepat ngekek. Caranya, busa styrofoam dipotong secukupnya, lalu digesek-gesekkan pada permukaan kaca dengan cepat.

Suara cit.. cit.. yang dihasilkan dari gesekan tersebut akan membuat Lovebird penasaran dan akhirnya Lovebird terpancing untuk berkicau.

3. Mainan anak

Mainan cit-citan Lovebird (bukalapak.com)
Mainan cit-citan Lovebird (bukalapak.com)

Jika Anda memiliki adik atau anak, coba perhatikan mainan anak-anak Anda. Biasanya, di antara mainan tersebut terdapat mainan berupa cit-citan yang bisa dipakai untuk memancing Lovebird buka paruh dan cepat bunyi.

Mainan yang ada cit-citannya kebanyakan berbentuk mainan palu. Nah, manfaatkan mainan tersebut selagi anak Anda tidak memainkannya. Yang terpenting jangan rebutan mainan sama anak hanya karena Lovebird.

Lebih baik Anda beli sendiri mainan cit-citan di toko aksesoris burung. Bilang saja ke penjualnya, Anda sedang mencari mainan khusus burung paruh bengkok yang disebut pet-petan atau cit-citan. Mainan ini cukup dipencet dengan tangan dan akan menghasilkan suara yang mirip dengan ngekek Lovebird.

4. Kecrekan

Kecrekan (kaskushootthreads.blogspot.co.id)
Kecrekan (kaskushootthreads.blogspot.co.id)

Para pengamen sering menggunakan kecrekan untuk memainkan musik di angkutan umum. Nah, ternyata alat ini sedikit banyak dapat dipakai untuk membuat Lovebird cepat bunyi.

Baca juga:  Lovebird Marco Ngekek Panjang 5 Menit 25 Detik Tanpa Putus, Ini Videonya

Cara membuat kecrekan tidak terlalu sulit, Anda cukup mengumpulkan beberapa tutup botol bekas yang berbahan besi atau seng. Selanjutnya, pipihkan tutup botol tersebut hingga gepeng menggunakan batu atau palu.

Kalau sudah gepeng, paku beberapa tutup botol menjadi satu di sebuah tongkat atau papan. Terakhir, gerak-gerakan kecrekan hingga terdengar suara yang nyaring.

5. Plastik

Plastik kresek (pricepedia.org)
Plastik kresek (pricepedia.org)

Beberapa dari Anda pasti pernah menggunakan plastik untuk bersiul. Suara yang dihasilkan plastik sangat keras dan mirip dengan kicau suara burung. Manfaatkan plastik tersebut untuk membuat kicauan burung yang bisa memancing Lovebird cepat bunyi.

Caranya, potong plastik secukupnya, yang penting mudah dipegang. Kemudian, regangkan plastik dan tempelkan pada bibir. Lalu, tiup bagian tepi plastik hingga mengeluarkan suara seperti burung. Lakukan ini secara rutin supaya Lovebird Anda cepat bunyi.

Demikian beberapa cara membuat Lovebird cepat bunyi menggunakan barang-barang bekas. Jika Anda mempunyai cara-cara yang lain, silakan tambahkan pada kolom komentar. Terima kasih semoga bermanfaat.

Comment here