Press "Enter" to skip to content

5 Jenis Burung Kacer Terbaik Lengkap dengan Gambarnya

0

Burungnya.com – Komunitas pecinta burung pastinya sudah tak asing dengan yang namanya Kucica Kampung atau lebih akrab disapa burung Kacer. Ya, burung kicau yang sering dipanggil dengan sebutan Magpie Robin ini merupakan salah satu jenis burung yang paling sering dipelihara oleh masyarakat Indonesia.

Hampir semua lelaki dewasa mungkin sudah pernah memelihara dan merawat burung Kacer. Alasan mereka memelihara burung Kacer cukup beragam. Ada yang menyukai suara burung Kacer, ada pula yang terpikat dengan harga jual burung Kacer. Kendati demikian, apapun alasannya, yang terpenting pecinta burung Kacer harus mampu merawat burung Kacer dengan baik.

Nah, berbicara tentang burung Kacer, kira-kira ada berapa jenis burung Kacer yang Anda ketahui? Bagi Anda yang tinggal di Pulau Jawa, sepertinya Anda hanya mengetahui salah satu jenis burung Kacer, yakni burung Kacer Lokal. Hal ini wajar karena pulau Jawa paling didominasi oleh burung Kacer Lokal. Maka tak heran, banyak kalangan yang menyebut burung Kacer Lokal dengan nama burung Kacer Jawa.

Meski begitu, sebenarnya terdapat sekitar lima jenis burung Kacer yang hidup di Indonesia. Burung-burung tersebut tidak hanya tinggal di salah satu pulau di Indonesia, melainkan menyebar ke beberapa pulau lainnya. Selain pulau Jawa, penyebaran burung Kacer juga sampai ke pulau Sumatera, Kalimantan, hingga Bali.

Burung Kacer yang tinggal di luar pulau Jawa tentunya mempunyai nama yang berbeda satu sama lain. Penasaran dengan jenis-jenis burung Kacer di Indonesia? Berikut beberapa jenis burung Kacer terbaik dengan gambarnya. Kami sengaja menambahkan gambar burung Kacer, agar Anda lebih mudah membedakannya.

Baca juga:  Akibat Penangkapan Liar, Burung Kacer di Aceh Jadi Langka

1. Burung Kacer Sumatera atau Burung Kacer Poci

Burung Kacer Sumatera (tbparis.com)
Burung Kacer Sumatera (tbparis.com)

Burung Kacer Sumatera mempunyai ciri warna hitam pada bagian kepala, leher, punggung, dan ekor. Namun, bagian tubuh lainnya tidak semuanya berwarna hitam. Sebab, bagian dada, perut, dan tengah sayap burung Kacer berwarna putih.

Jenis burung Kacer Sumatera atau burung Kacer Poci dikenal sebagai burung kicau yang pandai menirukan ritme suara burung-burung lain. Saat ini, penyebaran burung Kacer Sumatera sudah meluas hingga ke negara Nepal, Thailand, Filipina, Tiongkok, dan Malaysia.

2. Burung Kacer Lokal atau burung Kacer Jawa

Burung Kacer Jawa (futura-sciences.com)
Burung Kacer Jawa (futura-sciences.com)

Dari namanya, sudah dapat diketahui bahwa burung Kacer Jawa berasal dari pulau Jawa, tepatnya Jawa Timur. Namun, banyak kalangan yang berpendapat bahwa burung ini juga berdomisili di Bali. Mungkin karena Jawa Timur dan Bali saling berdekatan, sehingga burung Kacer sering bermigrasi ke Bali.

Untuk perawakannya sendiri, hampir semua warna bulunya sama seperti burung Kacer Sumatera. Namun, burung Kacer Jawa lebih didominasi warna hitam. Burung ini hanya memiliki warna putih di bagian sayap tengah saja.

3. Burung Kacer Madagaskar

Burung Kacer Madagaskar (wantexpeditions.com)
Burung Kacer Madagaskar (wantexpeditions.com)

Burung Kacer Madagaskar hampir tak ada bedanya bila dibandingkan dengan burung Kacer Sumatera. Pasalnya, keseluruhan warnanya sangat mirip satu sama lain. Hanya saja, burung Kacer Madagaskar lebih bulat dan dikenal memiliki suara kristal dengan ekpresi mbagong yang khas. Selain itu, jenis burung Kacer yang satu ini bukan berasal dari Indonesia, melainkan dari dataran Afrika.

Baca juga:  13 Manfaat Memelihara Burung yang Hanya Dirasakan Pria

4. Burung Kacer Kalimantan

Burung Kacer Kalimantan (barraimaging.com.au)
Burung Kacer Kalimantan (barraimaging.com.au)

Lagi-lagi, burung Kacer Kalimantan memiliki kesamaan dengan burung Kacer Sumatera. Namun, hanya satu perbedaannya, yakni bagian dada burung Kacer Kalimantan berwarna hitam, sementara burung Kacer Sumatera berwarna putih. Burung Kacer Kalimantan hanya diselimuti warna putih pada tubuh bagian perut, pantat, dan ekor bagian bawah. Selebihnya, tubuh burung Kacer ini didominasi warna hitam pekat.

Burung Kacer Kalimantan paling mudah ditemukan di Kalimantan Barat, Timur, dan Utara. Selain pulau-pulau tersebut, Anda juga bisa menemukan burung Kacer tersebut di kawasan pulau Bali, Nias, dan Bangka Belitung.

5. Burung Kacer Blorok

Burung Kacer Blorok (nagpurbirds.org)
Burung Kacer Blorok (nagpurbirds.org)

Burung Kacer Blorok merupakan hasil persilangan antara burung Kacer Jawa dan burung Kacer Sumatera. Hal ini dikarenakan tubuhnya memiliki motif semburat hitam dan putih yang tidak beraturan. Motif belang-belang unik ini pulalah yang menjadikannya dipanggil sebagai burung Kacer Blorok.

Untuk suara, burung Kacer Blorok sepertinya menurun dari suara burung Kacer Sumatera yang terkenal bisa menirukan suara jenis burung lain. Tak hanya itu, mental burung Kacer ini juga sangat pemberani dan tak gampang takut jika didekati manusia.

Itu tadi beberapa jenis burung Kacer terbaik lengkap dengan gambarnya. Burung-burung tersebut paling banyak dipelihara daripada jenis burung yang lain.

Comment here