Press "Enter" to skip to content

5 Jenis Burung Peliharaan yang Cocok Untuk Keluarga dan Anak Kecil

0

Burungnya.com – Kira-kira, jenis burung apa yang paling disukai keluarga dan anak kecil? Pertanyaan semacam ini mungkin tidak terlalu penting untuk kalangan kicau mania karena tujuan mereka memelihara burung bukan untuk keluarga dan anak-anaknya, melainkan untuk lomba, hobi, hingga usaha.

Hal seperti ini tidak perlu terlalu dipermasalahkan, tapi alangkah baiknya jika keluarga dan anak-anak ikut merasakan nikmatnya merawat burung peliharaan. Untuk itu, Anda sebagai kicau mania harus tahu apa saja jenis burung yang cocok untuk keluarga dan anak kecil.

Menurut pengamatan sederhana yang dilakukan oleh tim Burungnya.com, kebanyakan keluarga dan anak kecil memiliki kecenderungan menyukai hewan-hewan yang lucu dan tidak galak.

Kriteria burung yang cocok untuk keluarga dan anak-anak

Nah, dari asumsi ini bisa diambil kesimpulan bahwa jenis burung yang tepat untuk keluarga dan anak-anak harus mempunyai empat unsur berikut:

  1. Burung setidaknya harus mudah berinteraksi dengan manusia. Maksudnya, burung yang sudah jinak, tidak mematuk saat diberi makan menggunakan tangan, dan bisa diajak bermain di luar sangkar.
  2. Burung tidak membahayakan keluarga dan anak-anak. Dengan kata lain, burung tersebut harus sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit sama sekali. Sehingga, saat keluarga dan anak-anak sedang bercengkerama dengan burung, maka mereka semua bahagia.
  3. Burung terlihat lucu dengan warna yang cerah dan pandai berkicau. Lebih bagus lagi, jika burung tersebut bisa menirukan suara manusia.
  4. Ukuran tubuh burung tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Takutnya, kalau terlalu besar, burung bisa membahayakan keluarga dan anak-anak di rumah. Namun, kalau burung terlalu kecil, takutnya malah burungnya yang disakiti anak-anak di bawah umur.
Baca juga:  Usaha Sampingan Ternak Lovebird Lengkap dengan Analisa Perhitungan Biaya

Oleh karena itu, kami menyarankan agar anak-anak yang berinteraksi dengan burung kalau bisa sudah berusia minimal 12 tahun. Hal ini untuk menghindari adanya sesuatu yang tidak diinginkan, seperti mengancam keselamatan burung peliharaan, maupun keselamatan anak-anak.

Jenis burung yang cocok untuk keluarga dan anak-anak

Lalu, jenis burung apa saja yang pas untuk dipelihara keluarga dan anak-anak? Dari kriteria tadi, kami telah mengumpulkan lima jenis burung yang semuanya berkemungkinan besar cocok untuk keluarga dan anak-anak. Berikut jenis burung yang cocok untuk keluarga dan anak-anak:

1. Lovebird

Jenis Lovebird yang bagus (facebook.com)
Jenis Lovebird yang bagus (facebook.com)

Lovebird memiliki bulu warna-warni yang pastinya sangat disukai anak-anak. Selain itu, jenis Lovebird sangat banyak yang bisa dioptimalkan kemampuannya untuk ikut lomba suara burung kicau atau Lovebird Beauty Contest.

Lovebird sendiri mempunyai fakta menarik yang tidak dimiliki oleh jenis burung lainnya. Tak hanya itu, Lovebird dikenal cerdas dan bisa dilatih untuk melakukan akrobat layaknya pemain sirkus.

Lihat video Lovebird atraksi sirkus berikut:

2. Kenari

Burung Kenari (pinterest.com)
Burung Kenari (pinterest.com)

Burung Kenari termasuk burung yang pintar menirukan suara burung lainnya. Ukuran tubuhnya kecil sehingga tidak terlalu berbahaya untuk anak-anak dan keluarga.

Burung Kenari tidak memerlukan perawatan yang rumit, cukup memberikan pakan harian, minum, penjemuran, dan membersihkan sangkar, maka dia sudah menyukainya.

Terlebih, suara burung Kenari sangat merdu sehingga keluarga dan anak-anak di rumah pasti senang memeliharanya. Apalagi, jenis burung Kenari juga banyak dan warna-warni. Hal ini tentunya akan lebih disukai anak-anak.

Baca juga:  Cara Meningkatkan Kekuatan Napas, Vokal, dan Mental Lovebird

Lihat video burung Kenari yang berkicau mirip Lovebird berikut:


3. Parkit

Burung Parkit (gloob-online.com)
Burung Parkit (gloob-online.com)

Burung Parkit tak jauh beda dengan Lovebird. Ukuran tubuhnya mirip sekali dengan Lovebird, hanya saja corak bulunya berbeda. Burung Parkit mempunyai garis-garis hitam di sekitar kepala dan punggungnya tapi warnanya tetap cerah seperti Lovebird.

Perbedaan lainnya yang cukup mencolok terletak pada suara kicauannya. Suara burung Parkit terdengar khas seperti nyecret sedangkan Lovebird terkenal dengan suaranya ngekeknya yang panjang.

Meski begitu, kalau burung Parkit sudah jinak, maka dia juga bisa dilatih dan diajak bermain di luar sangkar. Tentunya, ini akan membuat keluarga dan anak-anak bahagia.

Lihat video tempat budidaya burung Parkit berikut:

4. Cockatiel

Burung Cockatiel (coolwallpaper.website)
Burung Cockatiel (coolwallpaper.website)

Burung Cockatiel biasa disebut Falk, Palek, Parkit Australia, Kakatua Mini, hingga Werio. Burung ini dapat dilatih dan melakukan berbagai atraksi ketangkasan layaknya hewan-hewan di tempat sirkus.

Tak hanya tingkahnya yang pintar, kemampuan meniru suara manusia dan burung lainnya juga luar biasa. Bahkan, burung Cockatiel mampu menirukan suara yang didengarnya seperti suara komputer yang baru menyala, suara microwave, maupun suara bel.

Lihat video burung Cockatiel yang sedang dilatih berbagai atraksi berikut:

5. Pacific Parrotlet

Burung Pacific Parrotlet (pinterest.com)
Burung Pacific Parrotlet (pinterest.com)

Burung Pacific Parrotlet merupakan burung paruh bengkok yang pintar, kepo atau ingin tahu, dan terkadang cukup agresif mengejar sesuatu yang mereka anggap menarik. Sayangnya, burung Pacific Parrotlet kurang digemari di Indonesia.

Baca juga:  Unik, Ternyata Burung Merpati Bisa Dijadikan Sepatu, Begini Cara Membuatnya

Alasan pertama karena warna bulunya yang kurang menarik bila dibandingkan dengan Lovebird. Alasan kedua, karena harga burung Pacific Parrotlet cukup mahal yakni di atas Rp 1 juta hingga belasan juta.

Lihat burung Pacific Parrotlet saat bermain dengan anak-anak berikut:

Demikian beberapa jenis burung yang cocok untuk keluarga dan anak kecil. Semoga bermanfaat.

 

Comment here