6 Alasan Mengapa Orang Memelihara Burung

Orang Memelihara Burung (suaramerdeka.com)

Burungnya.com – 10 tahun yang lalu, tepatnya tahun 2006 terdapat sebuah survei yang menunjukkan alasan mengapa orang memelihara burung. Survei tersebut dilakukan oleh Burung Indonesia yang didukung oleh Pelestari Burung Indonesia (PBI). Nielsen Survey Indonesia, Aksenta, Universitas Oxford, serta Darwin Initiative.

Dari hasil survei yang mereka lakukan pada 1.781 responden di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar diketahui beberapa alasan mengapa orang memelihara burung.

  1. Burung mengingatkan saya akan suasana di desa
  2. Burung merupakan teman bagi saya
  3. Burung meningkatkan rasa keingintahuan dan ketertarikan saya
  4. Burung adalah sumber pendapatan saya
  5. Burung mendekatkan saya dengan aspek kebudayaan
  6. Burung membuat saya dihargai dalam komunitas
Hasil Survei Mengapa Orang Memelihara Burung (Birdkeeping)
Hasil Survei Mengapa Orang Memelihara Burung (Birdkeeping)

Seperti yang Anda lihat di atas, tabel hasil survei yang dilakukan Burung Indonesia menunjukkan bahwa kebanyakan orang memelihara burung karena ingin meciptakan suasana nyaman seperti keadaan di desa. Ini juga bisa diartikan bahwa mereka sebenarnya sudah bosan dengan suasana perkotaan yang padat dan lebih memilih suasana desa yang penuh dengan suara kicau burung.

Selain itu, ada juga yang menganggap bahwa memelihara burung merupakan kegiatan mereka selama dalam kesendirian. Beberapa pecinta burung di perkotaan mungkin selalu bekerja keras tanpa menyempatkan diri untuk bersosialisasi dengan teman atau tetangga. Nah, dengan adanya burung inilah, mereka bisa mengibaratkan burung sebagai teman di rumah. Sehingga mereka tidak kesepian lagi.

Ada pula yang berasalan bahwa burung adalah sumber pendapatan mereka. Ini sudah tak bisa dipungkiri dan sekarang sudah banyak orang yang menjadikan kegiatan memelihara burung sebagai ladang mencari uang. Bagaimana tidak, seekor burung Lovebird yang baru menang lomba saja, bisa dibanderol seharga Rp 300 juta. Bukankah itu merupakan nominal angka yang sangat fantastis?

Ini yang menjadikan pecinta burung di Tanah Air semakin bertambah dari tahun ke tahun. Mungkin, kalau survei seperti ini dilakukan lagi, bisa jadi alasan orang memelihara burung karena burung merupakan sumber pendapatan mereka, bukan untuk mengingatkan suasana di desa.

Kalau Anda sendiri, kira-kira apa alasan Anda memelihara burung?

Pencarian terkait:

  • Mengapa banyak orang yang beternak burung
  • alasan mengapa banyak orang yang beternak burung
  • mengaoa banyak orang berternak burung
  • sebutkan tiga alasan para penggemar burung kesayangan memelihara burung kacer

Comment here