Walang Kecek (youtube.com)

6 Cara Memilih Walang Kecek yang Bagus untuk Masteran Burung Cepat Gacor

Burungnya.com – Mungkin belum banyak yang tahu, bahwa belalang atau walang ternyata dapat dijadikan masteran berbagai jenis burung. Walang Kecek atau Kerek (belalang Rusa) misalnya. Walang ini sering digunakan sebagian kicau mania untuk memaster burungnya agar lebih gacor.

Namun, karena sekarang sudah ada ponsel atau smartphone yang bisa menyimpan MP3 suara burung masteran, maka suara walang Kecek jarang diberdayakan lagi. Lagian, saat ini mencari walang Kecek juga cukup sulit.

Terlebih, bagi Anda yang tinggal di perkotaan, pasti tidak ada suara serangga seperti walang Kecek. Kalau di desa, kemungkinan masih banyak habitat walang Kecek. Nah, Anda yang kebetulan tinggal di desa, jangan sia-sia kesempatan tersebut. Segera, cari walang Kecek dan manfaatkan untuk memaster burung peliharaan agar cepat gacor.

Tapi tunggu dulu, ternyata walang Kecek memiliki beberapa tipe, di antaranya walang Kecek yang bagus untuk masteran dan walang Kecek yang kurang bagus untuk Masteran. Walang Kecek yang bagus itu seperti apa?

Cara memilih walang Kecek yang bagus untuk masteran burung

1. Warna walang Kecek

Jika Anda mencari walang Kecek di ladang atau sawah, maka pilihlah walang Kecek yang berwarna hijau. Warna hijau menandakan walang Kecek masih berusia muda, dan bisa bertahan lama.

2. Kondisi tubuh walang Kecek

Untuk kondisi tubuhnya, pilihlah walang Kecek dengan kondisi tubuh yang komplit, tidak ada kecacatan ataupun anggota tubuh yang patah. Karena jika terjadi cacat, biasanya suaranya kurang gacor atau kurang nyaring saat malam hari.

3. Penempatan walang Kecek

Saat memaster, tempatkan walang Kecek di ruangan yang gelap. Jangan lupa, letakkan walang Kecek dalam kandang yang berisikan sayuran untuk makanannya. Lalu, kandang walang Kecek dikerodong dengan warna gelap, dan usahakan menggunakan media anti semut, baik itu kapur ajaib ataupun cepuk anti semut agar walang tidak dibunuh semut.

4. Pemberian makan walang Kecek

Makanan walang Kecek cukup mudah didapat, yaitu daun atau sayuran, tapi yang paling sering dia sukai adalah kacang panjang. Selain tahan lama, kacang panjang juga memiliki kadar air yang cukup tinggi, sehingga walang kecek mendapatkan asupan cairan dari kacang panjang tersebut. Selain itu, walang Kecek bisa dikasih 3 butir jagung dan kangkung agar durasi suaranya lebih lama.

5. Perawatan walang Kecek

Setiap seminggu sekali, kalau bisa walang Kecek disemprot embun secukupnya saja (2-3 kali semprot). Tujuannya, agar kondisi walang Kecek tetap prima dan mengeluarkan suara setiap malam, bahkan setiap harinya.

6. Membuat walang Kecek bersuara keras dan rajin bunyi

Jika Anda ingin suara walang Kecek lebih keras dan rajin bunyi, dalam satu kandang tempatkan dua walang Kecek. Kalau Anda kurang puas dengan suaranya, tempatkan walang Kecek di dua kandang yang berbeda agar saling saut-sautan satu sama lain.

Itulah cara memilih walang Kecek yang bagus untuk masteran burung lengkap dengan cara perawatannya. Oh iya, suara walang Kecek sendiri dapat digunakan untuk masteran burung lomba seperti, Murai Batu, Kacer, Cendet, Lovebird, dan lain-lain. Selain di sawah, walang Kecek lebih mudah ditemukan di dataran tinggi, seperti pegunungan, terutama kaki gunung.

Uniknya lagi, walang Kecek tak hanya untuk masteran burung saja, sebab di Malaysia dan China, belalang ini sering dilombakan dalam hal suara. Kontes belalang Kecek atau belalang Rusa sering digelar di Malaysia dan China dengan spesies yang berbeda-beda.

Kalau walang ini sudah bunyi, biasanya durasinya sangat lama. Bahkan, dia tak tidur di malam hari. Suara walang Kecek sangat keras. Saking kerasnya, suara walang Kecek bisa terdengar dalam radius 50 meter.

Suara walang Kecek terdengar seperti suara jangkrik dan suara Lovebird yang sedang ngekek. Jadi wajar, banyak kicau mania yang memakai walang Kecek untuk memaster Lovebird biar ngekek panjang.

Jika Anda penasaran dengan suara walang Kecek, saksikan video walang Kecek berikut:

Komentar