Press "Enter" to skip to content

7 Cara Menambah Volume Kenari Menjadi Lebih Keras

Burungnya.com – Kemampuan apa saja yang harus dimiliki burung Kenari saat akan mengikuti lomba? Salah satu kemampuan Kenari lomba adalah kekuatan volume suara kicauan. Artinya, burung Kenari harus mempunyai volume kicau yang keras agar tampil maksimal di perlombaan.

Bagaimana cara memaksimalkan volume suara Kenari? Ini salah satu topik yang sering ditanyakan Kenari mania di grup-grup pecinta burung. Dengan kata lain, sebagian besar dari mereka belum tahu cara meningkatkan volume suara Kenari agar lebih keras dan tembus.

Mungkin para master yang sudah lama berkecimpung di dunia Kenari tidak terlalu kesulitan membuat burung Kenari mengeluarkan suara keras. Namun, bagi pemula yang baru memelihara burung Kenari, tentunya cukup kesulitan melatih Kenari bersuara keras.

Maka dari itu, kami akan mengajak Anda membahas cara agar volume Kenari menjadi keras tanpa memperhatikan status Anda sebagai master atau pemula.

Baca juga: 10 Tips Perawatan Burung Kenari untuk Pemula yang Baru Pertama Kali Pelihara Burung

Suara Kenari dengan volume keras

Sebelum membahas perawatan Kenari agar mengeluarkan suara keras, sebaiknya Anda mengetahui fakta tentang suara burung Kenari.

Jadi, sebenarnya kualitas suara burung Kenari berasal dari dua hal, yakni keturunan dan perawatan. Suara burung Kenari yang bagus bisa dinikmati manakala burung tersebut berasal dari trah atau keturunan indukan yang suaranya bagus pula.

Meski begitu, perawatan burung Kenari sejak anakan atau piyik juga bisa menjadikan suara Kenari bertambah bagus. Walaupun, hasilnya tidak bisa didapat secara langsung, melainkan bertahap, mulai dari ngeriwik, gacor, ngerol panjang, dan tembus isian.

Baca juga: Perawatan Kenari Lomba Khusus Latihan Mental, Suara Kristal, dan Gacor Panjang

Oleh karena itu, perlu dipahami bersama bahwa perawatan burung Kenari yang sudah dewasa, kemungkinan hasilnya tidak bisa sebagus perawatan Kenari yang masih anakan (usia 0-4 bulan).

Sebab, Kenari dewasa terkadang sudah mempunyai karakter suara sendiri, sehingga ketika dilatih untuk mendongkrak volume suara, biasanya agak sulit.

Berbeda dengan Kenari anakan atau piyik, dia bisa dilatih menambah volume suara dengan mudah. Bahkan, Kenari muda dikenal paling gampang merekam suara masteran dan langsung diterapkan ke dalam suara kicauannya.

Itu tadi, sedikit penjelasan tentang suara burung Kenari, sekarang mari langsung ke topik pembahasan, yaitu cara meningkatkan volume suara Kenari menjadi keras.

Cara menambah volume Kenari menjadi lebih keras

1. Latihan di kandang umbaran

Mengapa harus melatih Kenari di kandang umbaran? Burung Kenari harus memiliki fisik yang kuat supaya bisa mengeluarkan suara yang keras.

Oleh sebab itu, latihan di kandang umbaran merupakan pilihan yang tepat. Latihan fisik Kenari di kandang umbaran bisa dilakukan tiga kali seminggu.

2. Menstabilkan birahi burung Kenari

Sebagai informasi saja, birahi Kenari jadi faktor penting dalam meningkatkan suara Kenari. Saat birahi burung Kenari rendah, biasanya Kenari jarang berkicau, sehingga suaranya tidak begitu keras.

Namun, saat birahi Kenari tinggi suaranya menjadi labil. Oleh karena itu, jalan satu-satunya adalah menstabilkan birahi burung Kenari.

Untuk menstabilkan atau menurunkan birahi burung Kenari, Anda bisa memandikan burung Kenari secara rutin dan melatihnya di kandang umbaran.

Kalau Anda ingin menaikkan birahi Kenari, Anda dapat memberikan biji fumayin secara berkala. Biji fumayin tidak boleh diberikan terlalu sering dan dalam jangka waktu yang panjang karena bisa membuat burung ketagihan dan membuat bulu menjadi kusam.

Baca juga: Unik, Begini Cara Menghilangkan Kutu pada Burung Kenari Pakai Sabun Cuci Piring

3. Menambah durasi penjemuran

Kalau selama ini Anda hanya menjemur burung Kenari selama 1 jam, maka coba ditambah durasinya menjadi 2 jam. Penjemuran dan pemandian merupakan perawatan yang baik untuk memicu suara Kenari menjadi semakin keras dan gacor.

4. Memberi pakan bernutrisi

Pakan bernutrisi Kenari bisa didapat dari berbagai jenis makhluk hidup, salah satunya kroto. Kandungan protein dan vitamin dalam kroto sangat bagus untuk burung Kenari.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan Thailand telah menunjukkan bahwa 100 gram kroto mengandung banyak nutrisi, di antaranya 493 kcal kalori, kadar air 22 persen, protein 24.1 g (ingat dihitung dari bahan basah, kalau ingin tahu kadar bahan kering koreksi dengan kadar air), lemak 42.2 g, karbohidrat 4.3 g, fiber 4.6 g, abu 2.8, kalsium 40 mg, fosfor 230 mg, besi 10.4 mg, vit A, 710 IU, B1 0.22 mg, B2 1.13 mg, dan niacin 5.7 mg.

Baca juga: Manfaat Daun Krokot Untuk Kenari dan Lovebird Lengkap dengan Cara Pemberian

5. Memberi daun mengkudu muda

Daun mengkudu mempunyai banyak manfaat, terutama untuk kesehatan manusia dan burung. Lebih jelasnya, Anda bisa membaca artikel 16 Manfaat Daun Mengkudu atau Pace Untuk Burung Kicau serta 4 Cara Pemberiannya.

Intinya, daun mengkudu muda dapat menyembuhkan serak, meningkatkan volume suara burung, menjadikan burung kicau cepat gacor, mengatasi suara burung ngeriwik agar cepat ngeplong, dan membuat burung lebih rajin berkicau.

6. Memberikan daun gingseng

Daun gingseng lebih bagus jika diberikan pada saat burung masih piyik atau anakan. Pemberian daun gingseng bisa dilakukan secara langsung sebagai pengganti sayuran. Jadi, Anda dapat menggantung daun gingseng di sangkar atau meniru cara pemberian daun mengkudu.

Manfaat daun gingseng untuk burung Kenari cukup banyak, antara lain sebagai berikut:

  • Daun gingseng sendiri dapat membuat tubuh burung Kenari menjadi lebih hangat dan meningkatkan volume suara Kenari.
  • Daun gingseng dapat menstabilkan birahi serta meningkatkan birahi burung Kenari.
  • Daun gingseng dapat menjaga kesehatan burung dan menyembuhkan burung Kenari lebih cepat.
  • Daun Ginseng mampu membuat burung Kenari kerja ngedur di lapangan dan tenaga yang lebih sehingga burung bisa tampil maksimal di lapangan.
  • Daun ginseng bisa meningkatkan daya tahan tubuh burung Kenari sehingga burung tidak mudah sakit.
  • Daun gingseng dapat membuat burung Kenari menjadi lebih lincah dan lebih rajin makan.

7. Memberikan telur puyuh

Selain daun-daunan, ternyata telur puyuh bisa menambah volume suara Kenari. Apa saja manfaat telur puyuh untuk burung Kenari?

Telur puyuh dapat membuat burung Kenari gacor, sehat, menambah volume suara, dan mampu meningkatkan stamina.

Namun, Anda harus berhati-hati karena telur puyuh dapat menjadikan burung Kenari gemuk. Maka dari itu, berikan telur puyuh secara berkala, misalnya tiga kali dalam seminggu.

Pemberian telur puyuh bisa dilakukan dalam keadaan matang dan disajikan langsung dengan cara dibelah menjadi dua. Tapi ingat, kalau sudah sore, sebaiknya telur puyuh dibuang agar tidak menimbulkan bau yang tidak sedap dan tidak mendatangkan berbagai macam penyakit.

Baca juga: 5 Cara Cepat Membuat Kenari Gacor dalam Hitungan Hari

Demikian beberapa cara menambah volume Kenari menjadi lebih keras. Cara-cara di atas dipercaya dapat meningkatkan volume suara Kenari, tapi kemungkinan hasilnya tidak serta merta langsung memuaskan karena volume suara Kenari dipengaruhi dari usia dan faktor genetik.

Perawatan Kenari hanya untuk membantu burung agar lebih mudah mendongkrak suaranya. Burung Kenari Anda biasanya akan menampakkan suaranya yang keras saat burung berusia 8 bulan.

Setelah itu, rawatlah burung Kenari lebih intens hingga berusia 2-3 tahun. Sebab, usia 2-3 tahun merupakan titik puncak performa Kenari. Pada saat itu, Anda akan melihat kemampuan Kenari di lomba dan memetik hasil dari perawatan yang Anda berikan selama ini.

Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • menambah volume kenari
  • cara memperbesar volume kenari
  • cara menambah volume kenari
  • kenari biar gacor keras
  • cara mendongkrak suara kenari
  • agar suara kenari keras
  • cara merawat kenari agar volume keras
  • cara biar kenari suara keras
  • cara meningkatkan volume kenari
  • agar volume kenari keras

Be First to Comment

Comment here