Bawang putih (Pexels)

8 Manfaat Bawang Putih Untuk Burung Kicau Lengkap dengan Cara Pemberiannya

Burungnya.com – Seperti yang kita ketahui bersama, bawang putih mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Namun sayang, banyak yang tidak menyukai bawang putih karena baunya yang menyengat. Padahal, sejatinya di balik bau bawang putih yang tak sedap terdapat banyak khasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit.

Kami jelaskan dulu apa manfaat bawang putih untuk kesehatan manusia. Setelah itu, baru penjelasan tentang manfaat bawang putih untuk burung kicau. Dengan begitu, kita bisa membandingkan lebih bagus mana antara manfaat bawang putih untuk manusia atau untuk burung. Berikut beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan manusia yang dikutip dari Intisari Online.

Manfaat bawang putih untuk manusia

  • Bawang putih bisa meningkatkan kesehatan jantung.
  • Bawang putih dapat mencegah pembekuan darah.
  • Bawang putih bisa mencegah kanker.
  • Bawang putih mampu melawan infeksi berbahaya.
  • Bawang putih bisa mengobati jerawat di wajah.
  • Bawang putih dapat mengobati masalah tenggorokan.
  • Bawang putih bisa mengurangi tingkat gula dalam darah.
  • Bawang putih mampu mengobati sakit gigi.

Banyak juga ya manfaat bawang putih untuk kesehatan manusia. Sekarang kalau untuk burung bagaimana? Apakah khasiat bawang putih sama seperti manfaat yang diterima manusia? Ternyata tidak, mungkin karena organ manusia dan burung berbeda, maka khasiatnya berbeda. Meski begitu, secara garis besar bawang putih mempunyai dampak positif terhadap burung kicauan. Berikut beberapa manfaat bawang putih untuk burung kicau, seperti yang disadur dari Omkicau.

Manfaat bawang putih untuk burung kicau

1. Bawang putih mengandung anti bakteri

Tahukah Anda, zat alisin yang terdapat pada bawang putih memiliki sifat anti bakteri. Artinya, burung yang mengonsumsi bawang putih, tidak akan mudah terkena serangan bakteri. Beberapa bakteri yang dapat ditolak dengan zat asilin antara lain, bakteri Salmonella, bakteri Escherichia, bakteri Streptococcus, bakteri Klebsiella, bakteri Bacillus, dan bakteri lainnya. Jadi, jika suatu saat burung Anda terkena gangguan percernaan yang disebabkan oleh bakteri, Anda bisa memberikan bawang putih ke burung peliharaan Anda.

2. Bawang putih mengandung anti jamur

Selain mempunyai khasiat anti bakteri, ternyata bawang putih juga berkhasiat melawan jamur. Bawang putih mampu menghambat pembentukan mikotoksin. Apa itu mikotoksin? Mikotoksin adalah racun atau toksin hasil dari proses metabolisme sekunder jamur yang dapat menyebabkan perubahan fisiologis abnormal atau pathologis pada manusia dan hewan. Jadi, intinya bawang putih dapat digunakan untuk mencegah beberapa penyakit yang disebabkan karena jamur.

3. Bawang putih mengandung anti parasit

Parasit merupakan hewan renik yang dapat menurunkan produktivitas hewan yang ditumpanginya. Nah, dengan zat alisin yang terkandung di dalam bawang putih tadi, maka beberapa jenis parasit tidak akan bisa menyerang burung. Ini juga berfungsi sebagai anti bodi untuk menanggulangi parasit masuk ke tubuh burung.

4. Bawang putih mengandung anti virus

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, di dalam bawang putih terdapat anti bodi untuk melawan berbagai jenis penyakit. Bawang putih juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh burung yang mengonsumsinya. Dengan demikian, burung menjadi aman dan terlindungi dari serangan virus-virus berbahaya.

5. Bawang putih dapat mencegah dan mengobati flu pada burung

Di musim hujan seperti sekarang, suhu udara menjadi tak menentu, kadang naik, kadang turun. Tentunya, hal ini tak baik bagi kesehatan burung dan dapat mengakibatkan burung terkena berbagai jenis penyakit. Oleh karena itu, berikan bawang putih ke burung peliharaan Anda supaya dia tidak terkena penyakit seperti flu dan gangguan kesehatan lainnya.

6. Bawang putih dapat menghangatkan tubuh burung

Hujan-hujan seperti ini sangat sulit mendapatkan sinar matahari. Kekebalan tubuh burung menjadi menurun karena kurang dijemur. Maka dari itu, gunakan bawang putih untuk membantu menghangatkan tubuh burung. Selain itu, jangan lupa ditambahkan sedikit jahe, kunyit, dan kencur agar tubuh burung lebih hangat.

7. Bawang putih bisa digunakan untuk mengobati luka

Bawang putih sering digunakan untuk mengobati luka pada burung kicau. Saat burung terluka karena terjepit pintu sangkar atau tersangkut alas sangkar, Anda bisa memberikan bawang putih untuk mengobati lukanya.

8. Bawang putih dapat digunakan untuk menumbuhkan bulu ekor

Biasanya bawang putih digunakan sebagai terapi dalam membantu penumbuhan bulu ekor atau sayap burung yang rusak. Anda tahu sendiri, burung bisa kapan saja mengalami mabung yang mengakibatkan bulunya rontok berjatuhan. Nah, supaya bulunya bisa cepat tumbuh, maka gunakan terapi bawang putih.

Setelah mengetahui berbagai manfaat bawang putih untuk burung kicau, sekarang lanjut ke tahap cara pemberian bawang putih. Anda bisa memberikan bawang putih dalam bentuk jus atau potongan kecil-kecil.

Cara pemberian bawang putih untuk burung kicau

1. Jus bawang putih

  • Siapkan beberapa siung bawang putih segar.
  • Blender bawang putih atau tumbuk bawang putih hingga halus kemudian cuci menggunakan air bersih.
  • Setelah bersih, campurkan tumbukan bawang putih ke dalam 1 gelas air panas atau hangat.
  • Diamkan sejenak sampai ekstrak bawang putih tercampur rata.
  • Kalau sudah tercampur, saring ampasnya dan simpan dalam gelas atau tempat air minum burung.
  • Setelah dingin, berikan jus bawang putih ke burung sebagai air minumnya.

2. Potongan kecil bawang putih

  • Bawang putih dipotong kecil-kecil.
  • Potongan kecil bawang putih dilolohkan ke burung peliharaan.
  • Cara ini biasanya dilakukan untuk burung Merpati, Perkutut, Derkuku, dan Puter.
  • Kalau burung kicau, sebaiknya Anda tidak memberikan potongan kecil bawang putih karena dia bisa tersedak dan akhirnya mati.
  • Alternatif lain bila Anda ingin memberikan bawang putih dalam bentuk potongan kecil-kecil, masukkan saja potongan tersebut ke dalam perut jangkrik. Ini lebih aman dan tidak membuat burung tersedak.

Demikian beberapa manfaat bawang putih untuk burung kicau lengkap dengan cara pemberiannya. Semoga bermanfaat.

Komentar