Terapi Lovebird biar gacor dan ngekek panjang (youtube.com)

8 Terapi Lovebird Biar Gacor dan Ngekek Panjang dalam 1 Minggu

Burungnya.com – Hampir semua kicau mania menginginkan Lovebird peliharaannya cepat gacor dan ngekek panjang dalam waktu singkat. Semua cara merawat Lovebird akan ditempuh, yang penting Lovebird bisa ngekek panjang. Nah, cara-cara yang paling sering dilakukan kicau mania antara lain, membuat racikan pakan Lovebird, membuat ramuan Lovebird, hingga memaster Lovebird dengan suara masteran burung lainnya.

Baca juga: Manfaat Daun Krokot Untuk Kenari dan Lovebird Lengkap dengan Cara Pemberian

Sebenarnya masih ada cara lain yang lebih ampuh untuk menggacorkan Lovebird, yaitu terapi Lovebird biar gacor dan ngekek panjang dalam satu minggu. Terapi ini merupakan kreasi dari Om Rahmad (Ragunan SF Jakarta) yang sudah terbukti mampu memperbaiki performa Lovebird dalam waktu 3-6 hari.

Menurut Om Rahmad, terapi Lovebird ini ditujukan untuk Lovebird yang sudah cukup umur, tetapi performanya belum maksimal. Selain itu, terapi ini juga cocok untuk Lovebird yang sudah gacor tapi mengalami penurunan performa, Lovebird yang dipelihara di rumah, dan Lovebird yang pernah dilombakan.

 

Berikut ini beberapa langkah terapi Lovebird yang bisa dilakukan setiap hari selama 1 minggu:

  1. Pukul 07.00, Lovebird dimandikan dengan cara disemprot (menggunakan hand sprayer) hingga basah kuyup. Jika selama ini Anda terbiasa membiarkan burung mandi dalam bak atau karamba, ya untuk sementara bisa diganti dengan cara disemprot dulu. Tapi ingat, penyemprotannya menggunakan mode penyemprotan halus agar Lovebird merasa seperti menjalani terapi mandi air hujan. Selain itu, sebisa mungkin Anda harus menyemprot Lovebird dari atas kepala dan tidak mengenai bagian mata.
  2. Setelah disemprot, Lovebird dijemur hingga pukul 10.00. Penjemuran Lovebird bisa dilakukan di teras rumah. Sebelumnya, Anda harus memastikan bahwa lokasi penjemurannya aman dari hewan-hewan predator seperti kucing, ular, tikus, semut, dan lain-lain. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Anda bisa membaca artikel di Burungnya.com tentang Cara Melindungi Burung dari Bahaya Tikus, Ular, Semut, Nyamuk, dan Kucing.
  3. Lovebird diangkat dari penjemuran, kemudian diangin-anginkan sekitar 5 menit. Proses mengangin-anginkan Lovebird terbilang penting karena ia harus beradaptasi dari suhu tinggi ke suhu rendah. Kalau Lovebird dari suhu yang panas langsung dipindahkan ke dalam ruangan yang bersuhu normal, tentunya kurang baik untuk kesehatan tubuh Lovebird.
  4. Selanjutnya, melakukan terapi mandi semprot tahap kedua. Caranya sama seperti tahap pertama, yaitu Lovebird disemprot hingga basah kuyup, lalu dijemur kembali hingga pukul 12.00. Namun, dalam tahap kedua ini tempat penjemurannya sedikit berbeda. Untuk terapi mandi tahap kedua, tempat penjemuran disarankan tidak langsung terpapar sinar matahari. Yang terpenting Lovebird merasakan hangatnya udara pada siang hari. Jika dipaksa dijemur di tengah teriknya sinar matahari, Lovebird justru bisa mati karena kepanasan.
  5. Lovebird diangkat dari penjemuran, kemudian digantung di tempat biasanya (diangin-anginkan). Biarkan lovebird Anda beristirahat, atau ditempel dengan burung yang biasa untuk memaster Lovebird. Satu hal yang perlu diperhatikan, beberapa Lovebird terkadang tidak berani dengan Lovebird yang performanya berada di atasnya. Jadi, tempel saja dengan jenis burung lain atau Lovebird yang performanya sepadan.
  6. Menu dan waktu pemberian pakan Lovebird tetap seperti biasanya. Khusus menu pakan Lovebird, usahakan bisa lebih bervariasi agar tidak monoton. Nah, untuk pakan Lovebird harian, Anda bisa memberikan milet putih atau milet merah, canary seed atau biji Kenari (Kanarium Memmum), biji oat atau haver (Avena sativa), jagung manis, buah apel merah, kecambah atau toge, dan kangkung. Sementara, untuk porsi dan takaran pakan Lovebird, Anda dapat membaca artikel di Burungnya.com tentang Inilah Menu Makanan dan Suplemen Lovebird Terbaik biar Ngekek Panjang.
  7. Jangan lupa selalu menjaga kebersihan sangkar lengkap dengan aksesorisnya, seperti wadah pakan, wadah minum, tangkringan, kotoran di dasar sangkar, dan lain sebagainya. Jika sangkar kayu terlihat kusam atau jamuran karena terkena air hujan, Anda bisa mengilapkan dengan cara sederhana. Lebih lengkapnya, Anda bisa membaca artikel di Burungnya.com tentang Tips Hemat Mengilapkan Sangkar yang Kusam Menggunakan Bahan Seadanya.
  8. Terapi ini biasanya mampu mengubah performa lovebird dalam waktu 3-6 hari, atau sedikitnya dalam rentang waktu tersebut sudah ada kemajuan daripada sebelum diterapi, seperti yang dikutip dari Omkicau. Untuk menambah performa Lovebird biar gacor dan ngekek panjang, Anda dapat mencontoh perawatan Lovebird Kusumo. Caranya bisa dilihat di artikel 5 Cara Melatih Lovebird Ngekek Panjang Seperti Perawatan Lovebird Kusumo.

Terapi Lovebird harian tadi sudah dipraktekkan langsung oleh Om Rahmad serta terbukti mampu membuat Lovebird ngekek panjang dan gacor. Anda bisa mencoba terapi ini siapa tahu cocok dengan kharakter Lovebird Anda. Jika memang belum cocok dan tidak membuahkan hasil, Anda bisa mengubah sendiri settingan perawatan Lovebird sesuai kharakter Lovebird Anda. Hal ini tentunya membutuhkan waktu, tapi hasilnya nanti akan lebih bagus.

Share jika artikel ini bermanfaat!

Komentar