Burung tidak turun tangkringan (kicaumania.or.id)

9 Cara Membuat Burung Nagen dan Mencegahnya Turun dari Tangkringan

Burungnya.com – Burung-burung di perlombaan yang gemar naik turun tangkringan dianggap kurang baik oleh sebagian besar kicau mania. Mengapa demikian? Sebab, burung yang sering turun tangkringan biasanya malas berbunyi. Sementara, burung yang nagen dan tidak turun tangkringan akan lebih fokus dalam berkicau serta mendapat nilai tambah dari juri-juri di lapangan.

Baca juga: 3 Juri Cantik Lomba Burung yang Bikin Mata Kicau Mania Tak Berkedip

Untungnya, kebiasaan buruk burung yang suka turun tangkringan ini dapat diatasi dengan memasang berbagai penghalang di lantai sangkar. Cara-cara ini sering dilakukan para kicau mania dan terbukti berhasil. Mereka menambahkan berbagai penghalang di lantai sangkar dan ajaibnya burung tidak mau turun dari tangkringan lagi.

Penghalang yang ditempatkan di lantai sangkar cukup beragam, mulai dari bola berwarna, karet pentil, duri, es batu, lilin, kipas angin, rumput plastik, hingga shampo. Meskipun, penghalang atau jenis ranjaunya berbeda-beda, tapi tujuannya sama, yakni mencegah burung turun dari tangkringan.

Baca juga: 14 Cara Mengatasi Burung Salto dalam Hitungan Hari

Langsung saja ya, biar tidak penasaran. Berikut beberapa cara membuat burung nagen dan tidak turun dari tangkringan.

Penghalang atau ranjau untuk mencegah burung turun dari tangkringan

1. Bola warna-warni

Bola warna-warni untuk mengatasi burung turun dari tangkringan (facebook.com/burungnyadotcom)
Bola warna-warni untuk mengatasi burung turun dari tangkringan (facebook.com/burungnyadotcom)

Sudah pernah mengajak anak main mandi bola? Kalau pernah, pasti Anda tahu bagaimana bentuk bola warna-warni yang biasa digunakan untuk mandi bola. Nah, bola tersebut bisa Anda gunakan untuk melatih agar burung tidak turun dari tangkringan. Warnanya yang mencolok pasti membuat burung ketakutan, sehingga dia enggan turun dari tangkringan dan lebih memilih untuk berdiam diri atau nagen di tangkringan.

2. Karet pentil atau karet gelang

Karet pentil (omkicau.com)
Karet pentil (omkicau.com)

Selama mengikuti lomba, banyak kalangan kicau mania yang menggunakan karet pentil atau karet gelang untuk mencegah burung mereka turun ke lantai sangkar. Cara ini terbukti ampuh dan burung tidak berani turun dari tangkringan. Burung yang menyentuh karet biasanya langsung kaget dan memilih untuk tetap berada di atas tangkringan atau tenggeran.

3. Tangkringan dipasang menyilang

Posisi tangkringan atas bawah (klubkicau.com)
Posisi tangkringan atas bawah (klubkicau.com)

Agar burung tidak naik turun tangkringan, maka solusinya adalah memasang tangkringan dengan model menyilang. Selain itu, Anda juga bisa menambah jumlah tangkringan, dari yang semula satu menjadi tiga atau empat. Tujuannya agar burung kesulitan saat turun ke dasar sangkar.

4. Es batu

Ilustrasi es batu (okezone.com)
Ilustrasi es batu (okezone.com)

Kalau ingin burung nagen di tangkringan, maka cobalah menggunakan es batu. Caranya, es batu dipotong kecil-kecil dan diletakkan di bagian tebok sangkar atau lantai sangkar. Burung yang mendapat perlakukan seperti ini tidak akan berani turun ke lantai sangkar. Dia takut kakinya kedinginan dan takut terhadap kemilau pantulan cahaya dari es batu.

5. Rumput plastik atau rumput sintetis

Rumput plastik (mediaronggolawe.com)
Rumput plastik (mediaronggolawe.com)

Rumput plastik atau rumput sintetis yang biasanya terdapat di lapangan futsal dapat digunakan untuk terapi mencegah burung turun dari tangkringan. Tekstur rumput yang kasar dan berduri akan membuat burung merasa risih. Tapi ingat, jangan mengambil rumput sintetis dari lapangan futsal, Anda bisa membeli rumput seperti ini di toko perlengkapan taman dan rumah tangga.

6. Ranjau berbentuk duri

Ranjau duri (olx.co.id)
Ranjau duri (olx.co.id)

Dari bentuknya memang terlihat menakutkan, tapi sebenarnya ranjau duri tidak membahayakan keselamatan burung. Soalnya, duri-duri ini terbuat dari bahan lunak, seperti kertas kaku berbahan plastik yang lentur. Sehingga duri-duri tadi aman untuk kelangsungan hidup burung.

7. Shampo

Ilustrasi disemprot shampo (rumahsangkicau.blogspot.co.id)
Ilustrasi disemprot shampo (rumahsangkicau.blogspot.co.id)

Untuk mencegah burung turun dari tenggeran, Anda dapat memanfaatkan shampo. Caranya, shampo dicampur dengan sedikit air lalu disemprotkan di lantai sangkar. Cara ini biasanya dilakukan sebelum burung turun ke lapangan. Namun, satu hal yang harus Anda ingat, penggunaannya jangan terlalu banyak. Kalau shamponya kebanyakan, burung menjadi tak stabil.

8. Lilin

Lilin dapat mencegah burung turun dari tangkringan (facebook.com/burungnyadotcom)
Lilin (facebook.com/burungnyadotcom)

Sebagian kicau mania menggunakan lilin untuk melatih burung nagen di tangkringan. Cara ini tergolong ekstrem karena burung dipaksa terus berada di atas tangkringan. Kalau dia berani coba-coba turun dari tangkringan, maka rasakan sendiri akibatnya. Namun, penggunaan lilin ini kurang dianjurkan karena membahayakan keselamatan burung.

9. Kipas angin kecil

Ilustrasi sangkar diberi kipas angin (berita10.com)
Ilustrasi sangkar diberi kipas angin (berita10.com)

Penggunaan kipas angin kecil untuk mencegah burung turun dari tangkringan memang sedikit berlebihan. Pasalnya, burung akan sangat ketakutan akibat udara dingin yang berhembus dari bawah sangkar. Kemungkinan, burung memang tidak akan berani turun ke lantai sangkar, tetapi potensi burung mengalami stres akan semakin besar. Jadi, untuk cara yang satu ini tidak terlalu disarankan.

Baca juga: 3 Sangkar Burung Unik Paling Langka di Indonesia

Demikian beberapa cara membuat burung nagen dan mencegahnya turun dari tangkringan. Semoga bermanfaat.

Komentar