Press "Enter" to skip to content

Burung Sage Grouse Jadi Burung Paling Unik di Dunia Karena Punya Payudara?

0

Burungnya.com – Apakah burung mempunyai payudara? Pertanyaan ini mungkin akan terlontar dari mulut Anda saat melihat burung Sage Grouse. Pasalnya, burung Sage Grouse hampir sama seperti wanita yakni memiliki payudara di bagian dadanya.

Namun, faktanya berkata lain. Burung Sage Grouse tidak memiliki payudara. Dada yang terlihat seperti payudara ini adalah kantong udara yang berfungsi sebagai sumber suara keras dan aneh.

Nah, suara keras dan aneh ini dipercaya mampu memikat lawan jenisnya. Tak hanya suara, burung Sage Grouse jantan juga memikat burung betina menggunakan ekornya yang tajam serta jambulnya yang indah. Maka tak heran, burung Sage Grouse diklaim sebagai burung paling unik di dunia.

Baca juga: 10 Jenis Burung Unik dengan Sistem Pertahanan Terbaik

Musim kawin burung Sage Grouse

Ketika musim kawin tiba, burung Sage Grouse jantan akan mengibaskan ekor runcingnya, suara dari kantong udara akan mengalun keras, dan jambul indah serta warna cerah di sekitar lehernya akan dikembangkan untuk memikat lawan jenis.

Selain itu, burung yang bernama latin Centrocercus urophasianus ini akan bersaing dengan jantan lainnya melalui tarian kepakan sayap dan dada. Siapa yang paling menarik dalam hal menari dan bernyanyi, dia yang akan mendapatkan burung Sage Grouse betina.

Terkadang, dalam persaingan mendapatkan burung Sage Grouse betina, para burung jantan sampai berkelahi seperti ayam jago yang sedang duel.

Burung Sage Grouse mirip ayam

Bicara tentang ayam, burung Sage Grouse memang mirip dengan ayam, terutama saat berdiri tegak. Ukuran tubuhnya yang paling besar sekitar 95 Cm dengan berat 6,5 Kg.

Ukuran burung Sage Grouse jantan bisa lebih besar dua kali lipat dari burung Sage Grouse betina. Kaki burung ini ditutupi bulu hingga jari kaki, tapi dia tidak memiliki jari kaki menonjol di bagian belakang.

Burung Sage Grouse juga jarang bermigrasi, sama seperti ayam. Kebanyakan burung ini hanya berdiam di area berkembang biak mereka sepanjang tahun tapi tidak menutup kemungkinan mereka juga bermigrasi, walaupun hanya sedikit.

Adapun dua spesies burung Sage Grouse yang terlihat bermigrasi adalah Ptarmigan dan Willow Grouse. Keduanya bermigrasi hingga ratusan kilometer jauhnya.

Tidak hanya itu saja, sarang burung Sage Grouse kebanyakan ditemukan di tanah. Kadang-kadang, sarangnya ditutupi dengan material tanaman, seperti semak-semak, rumput kering atau daun kering.

Intinya, burung Sage Grouse menyukai lahan yang kering dan berdekatan dengan hutan pinus atau pegunungan. Sayangnya, burung langka ini hanya bisa hidup di daratan Amerika saja, tepatnya di wilayah timur Utah dan Colorado, Amerika Serikat.

Burung Sage Grouse merupakan burung langka

Saat ini, burung Sage Grouse dinyatakan sebagai burung paling langka di dunia. Sebab, berdasarkan catatan organisasi konservasi alam IUCN, burung Sage Grouse statusnya sudah dikategorikan sebagai burung terancam punah.

Hal ini terbukti dari kehidupan burung Sage Grouse di alam liar hanya tersisa kurang lebih 5.000 ekor saja.

Mungkin sekarang, jumlah burung Sage Grouse sudah berkurang lebih banyak. Penurunan jumlah tersebut lebih besar karena beberapa faktor, di antaranya perburuan liar untuk diambil bulunya, alih fungsi lahan, kerusakan habitat, cuaca buruk, dan banyaknya hewan predator.

Baca juga: 20 Jenis Burung Langka di Indonesia Lengkap dengan Gambar

Padahal, proses perkembangbiakan burung Sage Grouse tergolong mudah dan cepat. Burung ini dapat bertelur cukup banyak, jumlahnya 5-12 butir telur. Masa pengeraman terbilang cepat, yakni 21 hari. Bahkan, dalam 3 hari anakan burung Sage Grouse sudah bisa terbang dan mencari makan.

Namun, karena faktor alam dan perburuan liar yang dilakukan manusia tak bertanggungjawab, burung Sage Grouse menjadi sangat langka.

Penasaran dengan kehidupan burung Sage Grouse di alam liar? Silakan lihat video berikut:

Itu tadi burung langka dan unik yang dikatakan memiliki payudara. Padahal kenyataannya, burung Sage Grouse tidak mempunyai payudara. Bagian menonjol di dadanya hanyalah kantong udara untuk mengeluarkan sumber suara tertentu.

Fakta lain yang cukup mengejutkan adalah burung Sage Grouse umumnya bersifat herbivora. Makanannya tunas, daun, ranting, dan lain-lain. Kalau dihitung-hitung, 95 persen makanannya berasal dari tumbuhan. Semoga info tentang burung Sage Grouse ini bisa menambah wawasan Anda.

Comment and sharing