Burung Unik Ini Hanya Berkicau Jika Ada Kematian

Burung Blue Jay (wikimedia.org)

Burungnya.com – Dari berbagai jenis burung unik di seluruh dunia, mungkin Anda akan merinding jika mendengar perilaku burung yang satu ini. Ya, burung bernama Blue Jay ini hanya mau berkicau jika ada kematian. Dengan kata lain, suara merdunya hanya bisa didengar apabila ada yang mati di sekitarnya.

Ngeri juga ya? Burung yang memiliki nama latin Cyanocitta cristata ini memang tampak seperti burung Gagak. Sebab, burung Gagak juga mempunyai kebiasaan serupa, yakni hanya mau berkicau ketika ada seseorang yang meninggal atau akan meninggal.

Setelah ditelusuri lebih jauh, ternyata memang benar. Burung Blue Jay masih memiliki ikatan darah dengan burung Gagak. Burung berwarna biru ini masuk dalam keluarga Gagak-gagakan atau Corvidae.

Baca juga: 10 Jenis Burung Unik dengan Sistem Pertahanan Terbaik

Kecerdasan burung Blue Jay

Kemudian, banyak yang bertanya, benarkah burung Blue Jay dapat mendeteksi kematian? Para peneliti dari Universitas California di Kota Davis California, Amerika Serikat akhirnya mau memberikan jawaban tentang kemampuan spesial yang dimiliki burung Blue Jay.

Menurut para peneliti tadi, burung Blue Jay memang mempunyai kecerdasan untuk mengenali makhluk hidup dan benda mati. Hal ini terlihat dari kebiasaan burung Blue Jay yang akan terbang mendekati mayat dan berkumpul di sekitar mayat sambil berkicau, seperti yang dikutip dari Arah.com (1/8/2017).

Loading...

Setelah itu, para peneliti mencoba metode lain dengan cara meletakkan bangkai seekor burung, boneka kayu, boneka burung Hantu, dan benda mati lainnya. Mereka ingin memastikan apakah burung Blue Jay benar-benar bisa membedakan makhluk hidup, makhluk yang sudah mati, dan benda mati.

Ternyata benar, burung Blue Jay tidak mau mendekati benda mati, padahal benda tersebut sudah menyerupai makhluk hidup. Burung ini justru berkicau ketika mendekati bangkai seekor burung.

Baca juga: Burung Sage Grouse Jadi Burung Paling Unik di Dunia Karena Punya Payudara?

Ini membuktikan bahwa burung Blue Jay memang cerdas serta mampu membedakan mana makhluk hidup dan mana benda mati. Selain itu, ternyata burung Blue Jay mempunyai kecerdasan yang bisa dibilang cukup unik.

Bagaimana tidak, burung ini bisa mengambil pakan yang diletakkan di luar sangkar menggunakan lidi. Jadi, ada suatu percobaan di mana pakan burung ditaruh di luar sangkar, lalu di dalam sangkar hanya diberi lidi. Ternyata, burung Blue Jay mampu mengambil pakan tersebut menggunakan lidi.

Tak hanya itu, burung Blue Jay juga memiliki kemampuan meniru suara burung lain dengan sangat baik, bahkan suara burung Elang sekalipun, sebagaimana yang disampaikan oleh Omkicau.com (29/1/2014).

Perilaku buruk burung Blue Jay

Sayangnya, di balik kecerdasan tadi, burung Blue Jay mempunyai perilaku yang buruk. Burung ini konon katanya gemar mencuri pakan milik burung lain, mencuri telur dari sarang spesies burung lain, dan menculik anakan atau piyikan burung lain yang sedang berada di sarang.

Padahal, makanan utama burung Blue Jay adalah biji-bijian, terus kenapa dia mencuri telur dan mencuri anakan burung lain? Inilah yang menjadikan sejumlah peneliti penasaran.

Baca juga: Unik, Burung Ini Bisa Menyamar Jadi Ulat Beracun saat Terancam

Keunikan burung Blue Jay

Terlepas dari semua pemberitaan miring tentang burung Blue Jay, ternyata burung ini mempunyai beberapa keunikan. Burung Blue Jay sering menurunkan jambulnya jika berada dalam keluarga dan kelompoknya, atau ketika sedang di sarang.

Namun, ketika burung Blue Jay sedang sendirian, maka dia akan menegakkan jambulnya, dan berani menantang satwa lain, seperti ular dan musang.

Walaupun terlihat berani di hadapan ular dan musang, entah mengapa burung Blue Jay justru minder ketika berhadapan dengan burung
Pelatuk kepala merah atau red-headed woodpecker, scrub Jay florida, serta tupai.

Burung Blue Jay juga tidak mau berkicau sama sekali ketika menghadapi lawannya. Dia justru berkicau jika di sekitarnya ada yang mati. Contoh sederhana saja, jika bertemu pemangsa seperti burung Hantu, burung Blue Jay akan menukik dan menyerangnya tapi tidak sekalipun berkicau.

Baca juga: 36 Fakta Unik dan Mitos Burung Hantu yang Mencengangkan

Persebaran burung Blue Jay

Wah, kalau begitu sebaiknya burung ini diletakkan di kuburan atau di pemakaman saja biar berkicau terus-menerus. Namun, apakah sejatinya burung ini hidup di tempat yang mengerikan seperti itu?

Tentu saja tidak, burung Blue Jay hidup di hutan. Burung ini sering dijumpai di pekarangan rumah-rumah warga di Amerika Utara. Dia juga diketahui mudah beradaptasi dengan beberapa burung khas Amerika Utara, di antaranya Kardinal atau Northern cardinal maupun Northern mockingbird.

Baca juga: Desa Unik Ini Berkomunikasi dengan Cara Bersiul Seperti Burung

Demikian penjelasan tentang burung Blue Jay yang mau berkicau ketika ada kematian. Semoga bermanfaat.

Jika info ini menarik, silakan like dan share. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • apakah suara burung hantu bisa menirukan burung lain
  • semut albino

Comment here