Press "Enter" to skip to content

Burung Unik Ini Mampu Berenang dan Berjalan di Dasar Sungai

Burungnya.com – Tak semua jenis burung bisa berenang dan berjalan di dasar sungai. Namun, burung unik yang satu ini justru mampu melakukan keduanya, bahkan di sungai berarus deras sekalipun. Sebut saja, namanya burung White-throated dipper yang terkenal sering menghabiskan waktunya untuk bermain-main di aliran sungai.

Ya, jika kebanyakan burung sering hinggap di dahan pohon, maka burung White-throated dipper malah mainan air di sungai. Hal ini karena sarangnya berada di celah-celah bebatuan dekat sungai. Burung akuatik ini terkadang juga membuat sarang di batang pohon yang terbawa arus dan tersangkut di tepian sungai.

Maka tak heran, burung White-throated dipper mempunyai kemampuan berenang dan berjalan di aliran sungai yang deras. Bahkan, burung yang memiliki nama latin Cinclus cinclus ini sering kali masuk ke dalam air sungai untuk menyelamatkan diri jika ada predator yang mau menyerang.

Anda bisa melihat aksi burung White-throated dipper di video berikut:

Burung ini terlihat santai walau aliran air sungai cukup deras. Dia justru asyik mencari ikan-ikan kecil. Tak jarang, burung ini juga menceburkan diri ke dalam sungai sambil berjalan-jalan di dasar sungai. Walau sempat terseret aliran sungai, dia tetap menerjang derasnya air sungai.

Kemampuan burung White-throated dipper tidak hanya berenang saja, dia juga mempunyai suara kicauan yang cukup merdu. Kicaunnya ini sering digunakan untuk memikat pasangan. Selain itu, dia juga menambahkan tarian-tarian agar calon pasangannya terpukau.

Burung White-throated dipper sendiri bisa ditemukan di berbagai wilayah, di antaranya Eropa, Asia Tengah, India, dan Timur Tengah.

Pencarian terkait:

  • burung berjalan unik

Be First to Comment

Comment here