Press "Enter" to skip to content

Cara Membuat Burung Jalak Sangat Jinak Hingga Mengikuti Keinginan Pemiliknya

0

Burungnya.com – Sudah banyak kicaumania yang berhasil menjinakkan burung Jalak. Bahkan, salah satunya adalah anak kecil bernama Revo. Dia mampu membuat seekor burung Jalak Riau menuruti semua kemauannya. Hebatnya lagi, burung Jalak tersebut justru menjaga Revo dari orang lain yang berniat jahat padanya.

Cerita selengkapnya tentang anak kecil yang bisa menjinakkan burung Jalak, bisa Anda baca pada artikel Kisah Nyata Persahabatan Seorang Anak dengan Burung Jalak.

Kami yakin, kisah anak tadi bisa menginspirasi untuk memperlakukan burung Jalak lebih baik dari sebelumnya. Sebab, dengan berlaku baik pada burung peliharaan maka burung tersebut akan berterima kasih dengan cara mengikuti semua keinginan kita. Seperti halnya, pengalaman yang dialami oleh Handy dan Asri di Dusun Jalangge, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Mereka mempunyai dua burung Jalak yang sangat jinak. Dua burung Jalak ini tidak takut dengan manusia dan justru terlihat memiliki kedekatan dengan pemiliknya. Bagaimana tidak, saat Handy dan Asri pergi, kedua burung Jalak tadi akan mengikuti mereka.

Walaupun mereka pergi menggunakan kendaraan bermotor, dua burung Jalak yang sangat jinak tadi akan tetap mengikutinya dari belakang. Asri juga mengatakan bahwa burung Jalak peliharaannya bisa jinak seperti itu karena dirawat sejak masih anakan.

Jadi, ceritanya begini, Asri tidak tega melihat kedua burung Jalak yang kehilangan induknya setelah sarangnya terjatuh dari pohon. Asri membawa anakan burung Jalak pulang dan merawatnya.

Di rumah, Asri sering mengelus-elus bulu burung Jalak tersebut sambil memberi mereka makan dan memandikannya secara teratur. Lama-lama, tindakan penuh kasih sayang yang diberikan oleh Asri mendapatkan ‘balasan’ dari kedua burung Jalak tadi.

Baca juga:  Berkat Sang Istri, Suami Gajian Rp 70 Juta Per Bulan dari Burung Murai Batu, Begini Kisahnya

“Tak sering kasih makan, elus-elus, kasih mandi biar cepat jinak dan pintar,” kata Asri warga Dusun Jalangge, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, seperti yang disadur dari Liputan6.

Burung Jalak yang dirawat sejak kecil tersebut menjadi sangat jinak dan mau mengikuti ke manapun Asri pergi. Bahkan, burung Jalak berusia 2 tahun ini tak ragu bertengger di bahu dan kepala orang yang baru ditemuinya.

 

Apakah burung Jalak Anda sudah jinak seperti dua burung Jalak milik Handy dan Asri? Jika belum, Anda bisa belajar menjinakkan burung dengan membaca artikel 5 Cara Menjinakkan Semua Jenis Burung Kicau Tanpa Mengeluarkan Biaya.

Cara penjinakan burung yang kami sajikan bisa berjalan lancar apabila burung peliharaan Anda masih muda atau anakan. Namun, kalau burung peliharaan Anda sudah tua, mungkin waktu penjinakannya akan lebih lama atau tak akan bisa maksimal. Semua tergantung usaha Anda dan kharakter burung Jalak milik Anda.

Di samping itu, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut sebelum menjinakkan burung.

6 Hal yang harus diperhatikan sebelum menjinakkan burung

  1. Kondisi burung harus sehat dan dalam keadaan fit.
  2. Lingkungan tempat latihan atau tempat penjinakan sebisa mungkin terbebas dari gangguan hewan-hewan lain seperti kucing, anjing, ayam, dan kendaraan bermotor, serta aktivitas manusia.
  3. Jangan melakukan latihan penjinakan burung pada siang hari karena burung mudah stres dan tidak mau berkonsentrasi pada latihan yang Anda berikan.
  4. Jangan pula melakukan latihan penjinakan burung pada sore hari, alasannya burung mudah kehilangan kontrol pada saat matahari akan terbenam. Jika ini dipaksakan maka burung kesayangan Anda bisa mengalami gangguan penglihatan.
  5. Kalau bisa melatih burung Jalak Kerbau atau Jalak Suren yang masih muda, karena dua jenis burung Jalak tersebut memiliki tingkat kecerdasan setara dengan burung paruh bengkok.
  6. Berikan makan sekali saja, yaitu pada pagi hari. Intinya, 3-4 jam sebelum memulai latihan penjinakan, pakan burung harus dijauhkan dari burung Jalak. Pasalnya, kondisi perut yang sedang lapar akan lebih mudah membuat burung menuruti perintah kita.
Baca juga:  3 Cara Ampuh Mengatasi Lovebird Tidak Mau Bunyi saat Lomba

Setelah melakukan persiapan tadi, Anda harus melanjutkan ke tahap selanjutnya, yakni tahap penjinakan burung yang dikutip dari Omkicau.

Tahap-tahap penjinakan burung Jalak

Perkenalan dengan memberi makan di telapak tangan

Burung Jalak dibiasakan berada di luar sangkar. Kalau bisa lepaskan burung Jalak di ruangan yang tertutup, misalnya di kamar atau di ruangan lainnya. Kemudian letakkan sangkar di lantai dan lepaskan burung Jalak Anda. Biarkan burung mengeksplorasi ruangan sambil panggil-panggil burung Anda dengan nama panggilan kesukaannya.

Langkah selanjutnya, coba pancing burung Jalak Anda dengan siulan dan memberikan pakan berupa ulat Hong Kong atau voer di telapak tangan. Ini mungkin sedikit sulit, tapi biasakan memberikan pakan dengan meletakkan di telapak tangan agar burung Jalak cepat jinak.

Setidaknya cara tadi dilakukan selama beberapa hari (3-4 hari, 2-3 kali sehari) sampai burung peliharaan Anda mau mengambil makan dari telapak tangan Anda. Kalau burung Anda tidak mau makan, coba berikan pakan di lantai saja.

Melatih burung masuk sangkar

Setelah menjalankan latihan memberikan pakan di telapak tangan, kini saatnya Anda melatihnya masuk ke sangkar. Caranya, coba bersiul atau menggunakan kata-kata yang bisa dikenali burung Anda. Di samping itu, pancing burung Anda menggunakan pakan kesukaannya sambil tetap bersiul di belakang sangkar. Cara ini harus dilakukan secara rutin sampai burung Anda mau masuk ke sangkar saat Anda suruh.

Baca juga:  6 Jenis Burung Jalak Terpopuler di Indonesia

Melatih burung di luar ruangan

Tahap ini memang sangat berisiko karena burung Anda bisa kabur kapan saja. Namun, kalau Anda yakin bahwa burung Anda sudah jinak maka Anda tak perlu khawatir. Sebagai tindakan pengamanan, sebaiknya ikat kaki burung dengan tali benang nilon.

Setelah diikat, berdirilah dengan jarak 2-3 meter dari burung. Lalu, panggil burung sambil menunjukkan pakan berupa ulat Hong Kong, jangkrik, atau voer. Jika burung mau mengikuti perintah Anda, maka jarak Anda dengan burung harus diperjauh, misal 10 meter.

Ingat kaki tetap harus diikat dengan tali benang nilon. Tali boleh dilepas apabila burung sudah mau beberapa kali menghampiri Anda walaupun jaraknya cukup jauh.

Nah, demikian tadi beberapa cara membuat burung Jalak sangat jinak hingga mau mengikuti keinginan pemiliknya. Cara penjinakan ini sangat berisiko, jadi harap berhati-hati, jangan sampai burung kesayangan Anda lepas begitu saja.

Comment here