Press "Enter" to skip to content

Cara Mencetak Lovebird Biola dengan Biaya Pas-Pasan tapi Berhasil

Burungnya.com – Dari semua jenis burung, mungkin hanya Lovebird yang harganya terus melonjak naik, terlebih harga Lovebird Biola. Pasalnya, saat ini Lovebird Biola green jantan yang siap produksi dijual sekitar Rp 15 juta per ekor. Sementara, harga Lovebird Biola green betina sekitar Rp 8 juta per ekor.

Melihat harga Lovebird yang sudah setara dengan satu unit motor, siapa yang tidak ingin memilikinya? Tentu semua kicau mania sangat menginginkan Lovebird Biola, tapi kebanyakan dari mereka mengaku terkendala masalah dana.

Ya, hal tersebut bisa dimaklumi mengingat harga Lovebird Biola memang sangat mahal. Bagaimana tidak mahal, Anda harus menyiapkan uang sekitar Rp 23 juta untuk mendapatkan sepasang Lovebird Biola jantan dan betina, seperti yang dikutip dari Omkicau.com (11/11/2017).

Namun, Anda tak perlu berkecil hati, sebab dengan biaya pas-pasan saja, Anda bisa mencetak Lovebird Biola. Bahkan, Anda masih bisa mencetak Lovebird Biola walau uang Anda tidak sampai Rp 23 juta. Bagaimana caranya?

Baca juga: 15 Jenis Warna Lovebird Termahal dan Paling Dicari Kicau Mania

Cara mencetak Lovebird Biola dengan biaya pas-pasan tapi berhasil

Lovebird Biola (instarix.com)
Lovebird Biola (instarix.com)

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kurang lebih harga Lovebird Biola Green jantan sekitar Rp 15 juta. Nah, Anda cukup memakai indukan Lovebird Biola yang jantan saja. Sedangkan untuk indukan Lovebird betina bisa menggunakan Lovebird jenis lain, seperti Lovebird Blue Fischeri atau sebagian orang menyebutnya Lovebird Sayur.

Walaupun Indukan Lovebird tidak semuanya dari jenis Biola, tapi Anda masih berkesempatan mendapatkan anakan Lovebird Biola berkelamin betina.

Hasil kawin silang Lovebird Biola Green jantan dengan Lovebird Blue Fischeri akan menghasilkan Lovebird Biola berkelamin betina dan Lovebird Hijau Standar (Josan) berkelamin jantan. Nah, anakan Lovebird Hijau Standar ini disebut split.

“Jadi apabila kita mengawinkan Lovebird jantan Biola Green dan Lovebird betina Blue Fischeri, maka anakan yang dihasilkan sudah pasti Biola dan Split. Harga Lovebird Split juga lumayan mahal lho,” kata Om Tony Music pemilik breeding Lovebird Music BF Jakarta sekaligus sosok yang memberikan tips mencetak Lovebird Biola.

Lalu, bagaimana jika keadaannya di balik, Lovebird Biola Green betina dikawinkan dengan Lovebird Blue Fischeri jantan?

Kalau di balik seperti ini modalnya memang lebih murah, tapi hasilnya berbeda. Semua anakan Lovebird Biola Green betina dan Lovebird Blue Fischeri jantan kemungkinan besar akan menghasilkan Lovebird Hijau Standar (Josan).

Namun, anakan Lovebird Josan yang berkelamin jantan memiliki sifat split Biola, sedangkan Lovebird Josan berkelamin betina non-split (terputus gen biolanya).

Meski begitu, perkawinan Lovebird seperti ini akan menguntungkan jika dilakukan pada fase berikutnya. Sebab, Lovebird Split Biola jantan bisa dikawinkan dengan Lovebird Biola betina. Hasilnya nanti sebagian anaknya akan berjenis Biola.

Baca juga: 10 Jenis Lovebird yang Paling Bagus dan Trend Warna Lovebird Terbaru

Cara mencetak Lovebird Biola 100 persen berhasil

Lovebird Biola (YouTube.com)
Lovebird Biola (YouTube.com)

Itu tadi tips mencetak Lovebird Biola untuk pemula dengan biaya pas-pasan. Kalau Anda mempunyai uang yang memadai, tak ada salahnya mencetak Lovebird Biola yang 100 persen berhasil, yaitu dengan indukan Lovebird jantan dan betina berjenis Biola.

Walau membutuhkan modal yang cukup banyak, tapi dalam dua kali masa produksi, Anda sudah bisa balik modal.

Misalnya, pada fase produksi pertama indukan Lovebird Biola menghasilkan dua ekor anakan Lovebird Biola. Tunggu sampai usia anakan Lovebird Biola mencapai 2-3 bulan, setelah itu Anda bisa menjualnya dengan harga Rp 7 juta per ekor.

Pada fase produksi kedua, menetas lagi dua ekor anakan Lovebird Biola. Jadi, dari dua fase produksi saja Anda sudah menghasilkan Rp 28 juta. Berarti Anda sudah balik modal dan untung Rp 5 juta. Keuntungan tadi sebagian bisa dipakai untuk biaya operasional.

Coba bayangkan, jika indukan Lovebird Biola bisa bertelur lebih banyak, pastinya keuntungannya akan lebih besar. Anda juga bisa memanen lebih cepat yakni pada umur 2 minggu. Kemudian anakan Lovebird Biola diloloh sendiri, maka proses produksi akan berjalan lebih cepat.

Baca juga: Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula yang Baru Memelihara Lovebird

Alternatif lain mencetak Lovebird Biola

Sebenarnya masih banyak cara menghasilkan anakan Lovebird Biola, seperti mengawinkan Lovebird Biola Lutino dengan Lovebird Blue Fischeri.

Kemungkinan anakan hasil perkawinan tadi adalah Lovebird jantan split Biola dan atau split Blue. Harga Lovebird split Biola dan split Blue sekitar Rp 7 juta – Rp 12 juta per ekor anakan.

Demikian beberapa gambaran cara mencetak Lovebird Biola dengan biaya pas-pasan tapi berhasil. Kalau mau benar-benar berbisnis di dunia burung, lebih baik langsung menggunakan modal yang besar sehingga hasilnya 100 persen Lovebird Biola.

Baca juga: Usaha Sampingan Ternak Lovebird Lengkap dengan Analisa Perhitungan Biaya

Namun, kalau masih pemula, Anda bisa mencoba dulu dengan modal kecil tapi risikonya nanti tidak semuanya menghasilkan anakan Lovebird Biola.

Jika artikel Burungnya.com bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman kalian. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • burungnya c
  • burungnya co
  • cara mencetak love bird biola menggunakan standart
  • cara mengatasi murai batu sering kebawah
  • caramenghasilkan love bird biola blue
  • Jenis burung yang bisa ngekek panjang
  • split biola dan harganya

Be First to Comment

Comment here