Press "Enter" to skip to content

Cara Mengetahui Burung Pleci yang Sedang Sakit

Burungnya.com – Melihat burung Pleci yang sedang berkicau, rasanya begitu tenang dan damai. Namun, kalau burung Pleci sedang sakit, hari-hari yang tadinya riang gembira, menjadi suram seketika. Hal seperti ini pastinya juga dirasakan oleh semua pemilik burung Pleci. Oleh sebab itu, sebelum burung kesayangan Anda tak tertolong keselamatannya, sebaiknya Anda mengetahui ciri-ciri burung Pleci yang sedang sakit.

Bagaimana cara mengetahuinya? Seluruh makhluk hidup tentunya memiliki gejala sakit yang berbeda-beda. Nah, untuk burung Pleci, ciri-cirinya hampir sama dengan burung kicau lainnya. Agar Anda bisa lebih mudah mengetahuinya, berikut ciri-ciri burung Pleci yang sedang sakit.

Hidung berlendir dan sering membuka paruh

Kalau burung Pleci sudah sering membuka paruh dan hidungnya berlendir, itu tandanya burung tersebut sedang sakit. Burung Pleci sering membuka paruh karena dia merasa sulit bernapas. Sementara, hidungnya yang berlendir menandakan bahwa cuaca terlalu dingin. Satu-satunya, jalan untuk menyembuhnya adalah diberikan obat serta vitamin. Di samping itu, jangan lupa setiap pagi burung Pleci harus dijemur di bawah terik matahari untuk menambah kekebalan tubuh.

Mata berwarna kemerahan

Cara mengetahui burung Pleci yang akan sakit dapat dilihat dari matanya. Kalau warna mata burung Pleci berubah menjadi kemerahan, biasanya burung tersebut sedang sakit. Selain mata merah, terkadang matanya juga terlihat sayu dan sering dipejamkan. Kalau sudah demikian, berikan obat dan vitamin agar penyakit burung Pleci lekas sembuh.

Sayap dan bulu nampak kusam

Burung Kaca Mata yang sedang sakit juga dapat diketahui dari warna sayapnya. Biasanya, warna sayap burung yang sedang sakit akan berubah menjadi kusam dan lunglai. Gerakannya yang tadinya lincah menjadi pendiam. Begitu juga dengan keseimbangannya. Burung Pleci akan mudah terjatuh saat sedang bertengger.

Napsu makan menurun

Ketika Anda melihat tempat makan burung Pleci masih penuh, bisa jadi burung tersebut sedang sakit. Mengapa bisa demikian? Sebab, burung Pleci yang sedang sakit biasanya napsu makannya menurun. Hal ini akan diikuti oleh berat badannya yang juga menurun. Lalu, secara berangsur-angsur, tubuh burung Pleci Anda bakal mengecil dan kemungkinan bisa mengalami kematian.

Sudah tahukan cara mengetahui burung Pleci yang sedang sakit? Nah, mulai sekarang, Anda bisa lebih waspada dan burung Pleci Anda tak akan mengalami masalah kesehatan yang lebih parah.

Pencarian terkait:

  • Cara mengatasi pleci sakit
  • sakit pada burung pleci
  • obat mata buat burung pleci
  • obat ampuh pleci sakit
  • mengobati burung pleci yang lagi sakit muyung
  • kenapa ya burung pleci murung
  • kenapa burung pleci terlihat mengantuk
  • kenap mata pleci merem
  • Gambar pleci sakit
  • ciri ciri pleci kurang sehat

One Comment

  1. Tono 19 September 2017

    Bos pleci saya kakinya ada benjolan merah ..apa obatnya ya bos

Comment here