Press "Enter" to skip to content

Cara Mudah dan Murah Membuat Nektar Buatan untuk Burung Kicau

Tahukah Anda apa itu nektar? Nektar adalah cairan manis di dalam bunga yang berfungsi untuk memikat serangga. Selain serangga ternyata terdapat beberapa jenis hewan yang menyukai nektar, seperti burung Madu Kelapa, burung Sogok Ontong atau Sun Bird, burung Pleci, burung Madu Sriganti, burung Kolibri Sepah Raja dan lain-lain. Apakah sebagian dari Anda ada yang memelihara burung tersebut?

Jika memang ada yang memelihara burung tersebut pastinya Anda kesulitan mencari nektar di alam liar dan pasti anda lebih memilih untuk membuat cairan manis sendiri menggunakan madu.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa madu tidak sama seperti nektar karena madu dihasilkan oleh serangga sementara nektar dihasilkan oleh bunga, jadi rasanya pasti beda.

Lantas bagaimana, apakah tidak ada cara lain untuk mendapatkan nektar selain di alam? Tentu saja ada, bahkan Anda dapat membuatnya sendiri. Bagaimana cara membuat nektar?

Sebelum membuat nektar ada beberapa hal yang harus anda lakukan, di antaranya menyiapkan bahan dan peralatan untuk membuat nektar. Kalau semuanya sudah siap barulah kita membuat nektar buatan.

Bahan dan peralatan yang diperlukan

  • Air bersih secukupnya
  • Gula pasir putih yang tidak mengandung pemanis buatan secukupnya
  • Panci logam yang bersih dan tidak berkarat atau stainless
  • Sendok untuk mengaduk

Kami ingatkan kembali, semua bahan di atas harus memiliki tingkat kebersihan yang tinggi. Sebab yang akan kita buat adalah cairan gula yang mudah terkontaminasi oleh bahan atau peralatan yang berkarat. Jadi, kalau bisa gunakan peralatan yang bersih, steril, dan berbahan stainless.

Proses cara pembuatan nektar buatan

  1. Idealnya, takaran untuk membuat nektar buatan adalah 4 : 1 yaitu empat gelas air dan satu sendok gula pasir putih. Namun, kalau Anda ingin membuat nektar lebih banyak, Anda bisa menambah takaran tersebut.
  2. Setelah itu, masukkan semua bahan tadi ke dalam panci dan aduk hingga merata. Bila sudah tercampur merata, rebuslah air gula pasir putih tersebut dengan setelan api kecil untuk membantu proses pelarutan agar benar-benar menyatu dengan air.
  3. Oh ya, ada satu hal yang penting, Anda tidak boleh memanaskan air gula dengan api yang besar. Pasalnya, air gula tidak boleh mendidih karena bisa mengubah rasio air dan gula akibat penguapan.
  4. Kalau gula sudah larut dalam air maka angkatlah panci dari kompor. Tunggu beberapa saat sampai larutan tersebut dingin secara sempurna. Kalau mau lebih cepat, masukkan ke dalam kulkas selama 15 menit.
  5. Ingat, larutan yang masih panas tidak boleh dimasukkan ke dalam wadah air minum burung yang terbuat dari plastik karena bisa membuat wadah tersebut retak dan pecah.
  6. Setelah nektar benar-benar dingin, Anda bisa memberikannya kepada burung. Sisanya bisa disimpan kembali dalam kulkas untuk diberikan lain hari.

Jenis burung yang bisa mengonsumsi nektar buatan

Jenis-jenis burung yang bisa mengonsumsi nektar buatan ada banyak, seperti burung Madu, burung Pleci, burung Cucak Kombo, burung Nuri atau Kasturi, dan burung Serindit. Tak hanya itu, ada beberapa jenis burung lain yang bisa mengonsumsi nektar buatan tapi tidak boleh diberikan setiap hari melainkan hanya seminggu sekali. Burung-burung tersebut adalah Cucak Hijau, Robin, Opior Jawa, dan lain-lain.

Cairan nektar buatan mudah terkontaminasi

Sekadar info saja, cairan gula atau nektar buatan ini mudah sekali terkontaminasi oleh jamur dan bakteri. Oleh karena itu, jika nektar buatan sudah terlihat mulai kotor maka segera ganti dengan yang baru. Kemudian, hindarkan larutan nektar buatan dari sinar matahari dalam jangka waktu yang lama.

Waspada terhadap serangan semut

Anda juga harus waspada karena nektar buatan sangat disukai semut dan serangga kecil lainnya. Untuk itu Anda harus memberikan penghalang semut menggunakan kapas yang dicelupkan minyak kelapa atau minyak goreng. Penghalang semut tersebut, letakkan di bagian atas sangkar (di bawah gantungan sangkar) agar semut tidak bisa menjangkau nektar buatan.

Baca juga: Cara Melindungi Burung dari Bahaya Tikus, Ular, Semut, Nyamuk, dan Kucing

Bagi Anda yang malas membuat nektar buatan, Anda bisa membeli nektar yang sudah jadi di toko online seperti Bukalapak, Tokopedia, dan lain-lain. Salah satu produk nektar yang sudah jadi adalah Crystal nektar. Crystal nektar yang isinya 50 gram hanya dijual seharga Rp 20.000 di Bukalapak.

Demikian beberapa cara mudah dan murah membuat nektar buatan untuk burung kicau. Semoga bermanfaat.

Pencarian terkait:

  • cara membuat super nektar
  • cara membuat nektar untuk cucak kombo
  • cara membuat nektar
  • cara membuat super nektar untuk kolibri
  • cara bikin nektar
  • cara membuat makanan kolibri
  • cara membuat nektar untuk kolibri
  • cara membuat nektar kolibri
  • apa itu nektar
  • cara membuat nektar untuk kolibri ninja

Be First to Comment

Comment here