Press "Enter" to skip to content

Cara Mudah Membuat Tempat Pakan dan Minum Burung Otomatis dari Botol Bekas

Burungnya.com – Terkadang hobi memelihara burung bisa membuat was-was dan ketakutan. Pasalnya, saat pemilik meninggalkan burung peliharaan di rumah, maka burung tersebut tidak akan ada yang memberikan pakan dan minum. Kalau ada pembantu atau anggota keluarga yang lain sebenarnya tak terlalu bermasalah. Namun, jika tak ada orang sama sekali yang tinggal di rumah dan tetangga juga sedang sibuk, maka jalan satu-satunya adalah memberikan pakan dan minum burung dalam jumlah yang banyak.

Masalahnya, memberikan pakan atau minuman yang berlebihan juga tak baik. Soalnya, burung bisa menumpahkan pakan dan minum kalau diisi terlalu banyak. Selain itu, pakan bisa jamuran karena terkena cipratan air minum burung. Oleh karena itu, solusi terbaik dari masalah ini adalah membuatkan tempat pakan dan minum burung otomatis.

Alat dan bahan membuat tempat pakan dan minum burung otomatis

Alat dan bahan yang dibutuhkan tidak terlalu sulit karena sudah tersedia di sekitar Anda. Memangnya, apa saja yang dibutuhkan untuk membuat tempat pakan dan minum burung otomatis? Anda cukup menyiapkan botol bekas (ukuran menyesuaikan), wadah tempat pakan dan minum burung biasa, dan kawat atau tali.

Cara pembuatan tempat pakan dan minum burung otomatis

Cara pembuatannya sangat mudah, Anda tinggal memasukkan pakan berupa voer atau biji-bijian ke dalam botol kemudian membalikkan kepala botol pada bagian cepuk atau tempat pakan dan minum burung. Kurang lebih gambaran tempat pakan dan minum burung refill yang sudah jadi seperti ini:

Tempat pakan dan minum burung otomatis (gembala-news.blogspot.co.id)
Tempat pakan dan minum burung otomatis (gembala-news.blogspot.co.id)

Tempat makanan dan minuman burung otomatis ini diadaptasi dari tempat makan dan minum Ayam Broiler. Sehingga pakan dan minum burung akan terisi secara otomatis jika sudah mau habis menggunakan gaya gravitasi bumi. Yang perlu diperhatikan cuma satu, yakni letak kepala botol. Sebab, posisi kepala botol yang menentukan seberapa banyak jumlah pakan dan minum burung di dalam cepuk.

Semakin tinggi Anda meletakkan kepala botol di dalam cepuk maka isinya semakin banyak. Namun, alangkah lebih aman jika kepala botol digantung setengah dari kedalaman cepuk agar pakan dan minum burung tidak tumpah.

Modifikasi tempat pakan dan minum burung otomatis ini diperkirakan dapat bertahan hingga 10 hari, tergantung dari besar kecilnya botol dan seberapa banyak jumlah pakan dan minum yang dikonsumsi burung. Jadi, jika Anda mau bepergian selama berhari-hari, Anda tidak perlu khawatir lagi. Terlebih, sebentar lagi mau mudik Lebaran, maka tempat pakan dan minum burung otomatis ini bisa dijadikan alternatif.

Tempat pakan dan minum burung otomatis model dispenser

Nah, itu tadi cara membuat wadah pakan dan minum burung otomatis menggunakan botol bekas. Kalau Anda tidak mau ribet membuatnya, Anda juga bisa membeli tempat pakan dan minum burung otomatis di toko online.

Tempat pakan dan minum burung otomatis model dispenser (Bukalapak dan tokopedia)
Tempat pakan dan minum burung otomatis model dispenser (Bukalapak dan tokopedia)

Sebenarnya cara kerja tempat pakan dan minum burung tersebut sama saja. Namun, kalau beli di toko online, barangnya terlihat lebih bagus dan sedap dipandang mata. Untuk harga, tempat pakan dan minum burung otomatis model dispenser (kapasitas 500 liter) biasanya dijual di kisaran harga Rp 20.000 hingga Rp 30.000.

Menariknya lagi, Anda juga dapat memberikan kandungan gizi dari jangkrik menggunakan tempat pakan seperti di atas. Bagaimana mungkin? Apa jangkrik bisa dimasukkan ke dalam tempat pakan tersebut? Jangkrik yang diberikan tidak dalam keadaan hidup, melainkan sudah dalam bentuk tepung.

Baca juga: Masukkan Kulkas! Solusi Alternatif Menyimpan Jangkrik Agar Tahan Lama, Begini Caranya

Sekarang sudah banyak yang menjual tepung jangkrik di toko burung atau pasar burung. Dengan pakan tepung jangkrik, burung peliharaan Anda tetap mendapatkan protein yang mencukupi, walau Anda tinggal pergi ke luar kota atau ditinggal mudik Lebaran.

Demikian cara membuat tempat pakan dan minum burung otomatis dari botol bekas. Share jika bermanfaat.

Pencarian terkait:

  • kenapa burung lb sering naroh umpan d tempat minum
  • tempat makan burung otomatis
  • cara menbuattempat makan burunglovebird
  • cara membuat tempat pakan burung dari botol bekas
  • cara membuat tempat minum burung dari botol bekas
  • membuat tempat pakan lovebird
  • cara membuat tempat pakan lovebird otomatis
  • carA membuat tempat makan lovebird
  • mebuat dispenser paan
  • cara membuat tempat makan burung

Be First to Comment

Comment here