Press "Enter" to skip to content

Cara Mudah Mengetahui Kondisi Kesehatan Burung Pleci dari Bentuk Kotoran

0

Burungnya.com – Kotoran burung Pleci dapat digunakan sebagai indikator bagaimana kondisi kesehatannya. Oleh sebab itu, perhatikan seperti apa bentuk kotoran burung Pleci Anda. Kalau kotorannya berbentuk padat berarti burung Pleci Anda sehat, tapi kalau berbentuk cair atau sedikit encer berarti ada yang tidak beres dengan burung Pleci Anda.

Warna kotoran burung Pleci juga dapat dipakai untuk melihat jenis pakan yang dia makan. Untuk burung Pleci yang hidup di alam liar, kebanyakan kotorannya berwarna putih. Namun, burung Pleci yang dipelihara di dalam sangkar beda lagi. Burung Pleci di dalam sangkar biasanya sudah mengonsumsi voer atau pakan kering lainnya. Jadi, warna kotorannya menyesuaikan warna pakan tersebut.

Baca juga: Ternyata Kotoran Burung Bermanfaat Untuk Kecantikan Wajah

Lalu, mengapa kotoran burung Pleci ada yang cair? Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, kalau kotoran Pleci ada yang cair atau encer berarti ada yang tidak beres dengan kesehatannya. Bisa jadi, burung Pleci Anda mengalami gangguan saluran pencernaan atau gangguan kesehatan lainnya.

Mari kita bahas satu persatu, di mulai dari bentuk kotoran burung.

Kotoran burung Pleci (kicau193.blogspot.co.id)
Kotoran burung Pleci (kicau193.blogspot.co.id)

1. Kotoran burung Pleci berbentuk kecil dan padat

Apabila kotoran burung Pleci berbentuk kecil dan padat, berarti burung tersebut dalam kondisi yang sangat sehat. Biasanya, dia mudah berkicau dan memiliki mental yang baik karena kondisi kesehatannya sedang prima. Bahkan, bentuk kotoran yang kecil-kecil dapat dijadikan pertanda bahwa burung Pleci sudah siap untuk diikutkan lomba.

Baca juga:  Cara Merawat Burung Jalak Suren Anakan Agar Cepat Gacor dalam 1 Bulan

2. Kotoran burung Pleci encer dan bercampur air

Nah, kalau sudah masuk ke pembahasan kotoran burung Pleci berbentuk cair, maka penjelasannya sedikit lebih panjang. Sebab, bentuk kotoran seperti ini menunjukkan bahwa burung Pleci sedang mengalami gangguan kesehatan atau sakit.

a. Kotoran burung Pleci bercampur air

Ketika kotoran burung Pleci Anda bercampur air, ini menandakan bahwa burung terlalu banyak minum air. Tapi, mengapa burung Pleci meminum banyak air? Alasannya sederhana, burung kehausan karena ditempatkan di dalam ruangan yang minim ventilasi dan jendela. Tak hanya itu, saat burung Pleci terlalu lama dijemur di bawah terik matahari, dia juga sering meminum banyak air.

Kejadian ini kalau dilihat dari sisi ilmu pengetahuan, burung mengeluarkan kotoran bercampur air karena dia tidak memiliki kelenjar keringat. Berbeda dengan manusia, mereka mempunyai kelenjar keringat sehingga kalau sedang kepanasan cairan di tubuhnya akan keluar melalui keringat. Nah, karena burung tidak punya kelenjar keringat, maka cairan berlebih saat kepanasan dikeluarkan melalui kotoran.

Celakanya, kotoran burung Pleci yang bercampur air bisa menyebabkan masalah yang serius bagi kesehatan Pleci. Masalah tersebut di antaranya gangguan ginjal dan paru-paru. Oleh sebab itu, amati terus kotoran burung Pleci Anda dan lakukan tips pencegahan sebagai berikut.

Tips agar kotoran burung Pleci tidak bercampur air

  • Menempatkan burung Pleci di lokasi yang terbuka biar mendapatkan udara segar.
  • Burung Pleci tidak boleh terlalu lama dijemur.
  • Pemberian pakan buah-buahan tidak perlu berlebihan.
  • Berikan pakan kesukaan burung Pleci saja, jangan gonta-ganti dengan merek lain, biar Pleci tidak stres.
Baca juga:  12 Cara Mengembalikan dan Menambah Durasi Ngekek Lovebird Ala Om Sigit WMP

b. Kotoran burung Pleci berupa cairan

Burung Pleci yang sering mengeluarkan kotoran berupa cairan, berarti ada penyakit serius yang sedang menyerangnya. Penyakit ini bermacam-macam tergantung dari penyebabnya. Berikut beberapa penyakit yang ditunjukkan dengan kotoran berupa cairan.

  • Burung Pleci mengalami infeksi pada ususnya karena bakteri. Hal ini disebabkan oleh air minum terlalu kotor dan terkontaminasi bakteri. Jadi, gantilah air minum burung Pleci setiap hari dan jangan terlalu sering terpapar sinar matahari. Air minum yang kotor dan tidak diganti selama beberapa hari biasanya rentan terkena bakteri.
  • Burung Pleci mengalami diare. Penyebab burung Pleci mengalami diare cukup banyak, seperti perubahan suhu atau cuaca, pola makan tidak teratur, dan burung tersebut kurang sehat.
  • Burung Pleci mengalami dehidrasi. Penyebab dehidrasi sudah dapat dipastikan karena burung Pleci terlambat dikasih air minum. Kalau hal seperti ini dibiarkan dalam waktu yang lama, maka burung Pleci bisa mati karena kekurangan cairan.

Demikian beberapa cara mudah mengetahui kondisi kesehatan burung Pleci dari bentuk kotorannya. Semoga bermanfaat.

Comment here