Press "Enter" to skip to content

Fenomena Langka, Burung Perkutut Pakai Perhiasan Emas, Harganya Jadi Mahal

Burungnya.com – Masih ingat dengan burung Perkutut bertanduk yang sempat menghebohkan grup-grup pecinta burung di media sosial? Burung Perkutut tersebut ternyata mempunyai saudara yang tak kalah langka, yakni burung Perkutut dengan perhiasan emas.

Perkutut langka ini memang lain daripada yang lain. Sosoknya jarang ditemukan di pasaran maupun di perlombaan sekalipun. Pasalnya, hanya pengoleksi burung Langka yang memelihara Perkutut dengan perhiasan emas.

Anda para pecinta burung kicau pastinya kurang familiar dengan burung unik seperti ini. Sebab, tidak ada burung kicau yang menggunakan tindik emas, kalung emas, cincin emas, ataupun gelang emas.

Kalaupun ada, tentunya itu bukan perhiasan emas melainkan cincin atau ring burung berbahan aluminium.

Harga burung Perkutut dengan perhiasan emas

Saat ini, jenis burung Perkutut yang memakai aksesoris perhiasan emas memang terbilang langka. Jumlahnya mungkin bisa dihitung dengan jari. Maka tak heran, harga burung Perkutut dengan perhiasan emas lebih mahal dari Perkutut biasa.

Jadi, nilai jualnya bukan lagi karena suara, anggungan, ataupun katuranggan, tetapi berganti ke faktor keunikan, faktor kelangkaan, dan pembawa keberuntungan.

Semakin unik perhiasan yang dipakai, biasanya harga Perkutut tersebut semakin mahal. Sebagai contoh, burung Perkutut katuranggan Jawa milik Bang Ary.

Menurut SuaraBojonegoro.com (12/2/2017), Bang Ary mempunyai tujuh jenis Perkutut katuranggan Jawa yang semuanya memakai perhiasan emas, mulai dari tindik, kalung, cincin, hingga gelang.

Baca juga: 31 Jenis Burung Perkutut Lengkap dengan Ciri-Ciri dan Mitosnya

Salah satu dari burung Perkutut tersebut jadi favorit Bang Ary, yakni Perkutut Udan Emas Rojokoyo. Burung Perkutut ini paling disukai Bang Ary karena dipercaya dapat menambah rezeki, keberuntungan, kebahagiaan, dan ketentraman.

Burung Perkutut Udan Emas Rojokoyo (facebook.com)
Burung Perkutut Udan Emas Rojokoyo (facebook.com)

Harga Perkutut Udan Emas Rojokoyo ditaksir senilai ratusan juta rupiah. Burung Perkutut ini sempat ditawar Rp 75 juta, tapi tidak diberikan.

“Ada tujuh jenis Kutut katuranggan Jawa yang saya miliki, semua burung ini punya sandangan emas dari tindik, kalung, cincin di jari, hingga gelang, semua terbuat dari emas. Namun, yang paling favorit adalah Kutut Udan Mas Rojokoyo, kemarin ditawar 75 juta tidak saya kasih,” ungkap Bang Ary.

Tak hanya burung Perkutut Udan Emas Rojokoyo, Bang Ary juga punya burung Perkutut Putih Surung Derajat yang penampilannya terlihat lebih glamor.

Burung Perkutut Putih Surung Derajat (facebook.com)
Burung Perkutut Putih Surung Derajat (facebook.com)

Burung Perkutut ini menggunakan aksesoris perhiasan emas lengkap, mulai dari anting atau tindik, kalung, gelang, serta cincin.

Mitosnya, burung Perkutut yang satu ini dapat meningkatkan kewibawaan bagi pemiliknya. Oleh karenanya, burung ini konon digunakan sebagai sarana ritual para pejabat.

Untuk harga, tak berbeda jauh dengan burung Perkutut Udan Emas Rojokoyo. Harga Perkutut Putih Surung Derajat dibanderol ratusan juta rupiah.

Bagaimana burung Perkutut menggunakan perhiasan emas?

Ketika ditanya bagaimana burung Perkutut menggunakan perhiasan emas? Adanya perhiasan emas pada tubuh burung Perkutut tersebut, konon katanya sudah begitu dari alam tanpa ada campur tangan manusia.

Namun anehnya, saat tim SuaraBojonegoro.com mengonfirmasi hal tersebut, pihak narasumber tidak menjelaskan asal mula perhiasan emas pada tubuh burung Perkutut.

Oleh sebab itu, sampai sekarang burung Perkutut dengan perhiasan emas masih menjadi misteri.

Kalau dilihat dari ‘kacamata’ orang awam, pastinya mereka mengira perhiasan emas tersebut dipasang sendiri oleh pemiliknya agar terlihat antik, unik, dan cantik.

Namun, kalau dilihat dari segi mistis atau supranatural, sepertinya fenomena burung Perkutut pakai perhiasan emas ada sangkut pautnya dengan makhluk yang tak kasat mata.

Kami sendiri belum berani menyimpulkan apakah burung Perkutut tadi asli seperti itu dari alam atau memang ada oknum yang sengaja memasang perhiasan di tubuh burung Perkutut.

Video burung Perkutut dengan mahkota emas

Ini yang membuat banyak orang tidak percaya kalau ada burung Perkutut pakai perhiasan emas. Namun, video yang diunggah om Dimas Rachmadi di YouTube sepertinya bisa dijadikan bukti bahwa burung Perkutut pakai perhiasan emas memang ada.

Dilihat dari video tersebut, burung Perkutut bernama Sri Mantini ini menggunakan mahkota emas, anting emas, serta gelang emas. Tidak hanya itu saja, om Dimas Rachmadi juga mengupload video burung Perkutut lain yang juga menggunakan perhiasan.

Namun, kelihatannya bukan perhiasan emas, tetapi tombak kecil yang menembus dari sisi kepala samping. Di bagian kolom deskripsi tertulis, burung Perkutut tersebut bernama Perkutut Pusaka. Spesifikasinya, tombak pamor tembus di kepalanya, warna bulu putih di leher seperti kalung. Burung tersebut sudah bunyi, harganya mencapai Rp 270 juta.

Demikian fenomena langka tentang burung Perkutut dengan perhiasan emas. Walau harganya mahal dan menyimpan mitos yang luar biasa, tetapi kalau tubuhnya penuh dengan perhiasan emas, kami jadi tak tega melihatnya. Bagaimana pendapat Anda tentang burung Perhiasan yang pakai perhiasan emas?

Jika info ini menarik, jangan lupa like dan share. Terima kasih.

Pencarian terkait:

  • ciri ciri perkutut pancuran emas
  • ciri perkutut pancuran emas
  • orang jawa memakai banyak emas
  • harga burung perkutut pancuran emas
  • grup perkutut
  • foto burung perkutut talang emas
  • pusaka kutut emas
  • ciri ciri burung perkutut pancuran emas
  • cara perkutut katuranggan
  • burung perkutut hantu

Be First to Comment

Comment here