Press "Enter" to skip to content

Keindahan Bulu Burung Merak saat Dilihat Menggunakan Mikroskop

0

Burungnya.com – Burung Merak merupakan salah satu jenis burung yang paling beruntung karena memiliki bulu yang sangat indah. Bulu burung Merak seakan bisa menyala saat terkena cahaya. Apakah ada yang istimewa di balik di keindahan bulu burung Merak? Untuk mengetahuinya, para ilmuwan dari Univertas Fudan melakukan serangkaian penelitian guna mengungkap apa yang membuat bulu Merak terlihat sangat indah.

Ternyata, di balik bulu burung Merak terdapat rambut-rambut sangat kecil yang mampu menyaring dan memantulkan cahaya dengan aneka panjang gelombang.

Selain itu, para ilmuwan fisika yang bernama Jian Zi dan rekan-rekannya juga mengungkap bahwa warna-warna cerah pada bulu burung Merak bukan dihasilkan oleh molekul pemberi warna atau pigmen, tetapi oleh struktur dua dimensi berukuran sangat kecil yang menyerupai kristal.

Baca juga: 10 Burung Tercantik di Dunia Tak Pernah Tergantikan Hingga Sekarang

Ini belum seberapa, karena ilmuwan tadi terus mengkaji bulu burung Merak secara optis dan penghitungan. Hasilnya, mereka menemukan ruang di antara batang-batang tipis atau kristal-kristal tersebut. Nah, ruang yang terdapat dalam kristal tersebut menyebabkan cahaya dipantulkan dengan beragam sudut yang memiliki perbedaan sangat kecil hingga akhirnya memunculkan beraneka warna.

“Ekor burung Merak jantan memiliki keindahan yang memukau dengan pola-pola berbentuk mata yang berkilau, cemerlang, beraneka ragam dan berwarna. Ketika saya memandang pola berbentuk mata yang terkena sinar matahari, saya takjub akan keindahan bulu-bulu yang sangat mengesankan tersebut,” kata Jian Zi.

Baca juga:  9 Manfaat Oyong atau Gambas untuk Burung Kicau

Seperti yang dikutip dari Harunyahya, desain tata ruang atau celah pada kristal-kristal tersebut sangat istimewa. Pengaturan antar ruangnya sungguh memukau. Jika hal ini tidak ditata sedemikian rupa, maka keanekaragaman warna pada ekor bulu burung Merak tidak akan terbentuk.

Sekarang, keindahan bulu burung Merak telah menginspirasi para ilmuwan lain untuk menciptakan suata alat menggunakan mekanisme ruang-ruang di dalam kristal bulu burung Merak.

Sebut saja, Andrew Parker, ilmuwan zoologi dan pakar pewarnaan di Univertas Oxford yang ikut menafsirkan bahwa penemuan Zi dia sebut sebagai kristal-kristal fotonik yang dapat digunakan dalam penerapan di dunia industri dan komersial. Bahkan, kristal-kristal ini dapat digunakan untuk melewatkan cahaya pada perangkat telekomunikasi, atau untuk membuat chip komputer baru berukuran sangat kecil.

Untuk membuktikan keindahan bulu burung Merak, seorang fotografer bernama Waldo Nell memperlihatkan foto-foto bulu Merak secara detail dari lensa Makro dan mikroskop.

Waldo Nell menggunakan berbagai fokus dan jarak untuk memperoleh gambar bulu Merak paling detail. Dia juga menyempurnakan foto bulu burung Merak menggunakan teknik editing gambar yang disebut stacking.

Daripada penasaran, lebih baik Anda langsung menyimak foto-foto bulu ekor burung Merak yang dilihat dari Mikroskop berikut:

 

(Photo: Waldo Nell)
(Photo: Waldo Nell)
(Photo: Waldo Nell)
(Photo: Waldo Nell)
(Photo: Waldo Nell)
(Photo: Waldo Nell)
(Photo: Waldo Nell)
(Photo: Waldo Nell)
(Photo: Waldo Nell)
(Photo: Waldo Nell)
(Photo: Waldo Nell)
(Photo: Waldo Nell)
(Photo: Waldo Nell)
(Photo: Waldo Nell)
(Photo: Waldo Nell)
(Photo: Waldo Nell)
(Photo: Waldo Nell)
(Photo: Waldo Nell)
Sumber foto: Petapixel.com

Comment here