Press "Enter" to skip to content

Kicau Mania Ini Pakai Ambulans Untuk Ikut Lomba Burung Sambil Jualan Pakan Burung

Burungnya.com – Warga Bengkulu sempat dihebohkan dengan hadirnya mobil ambulans di lokasi lomba burung berkicau. Pasalnya, mobil ambulans tersebut tidak digunakan untuk mengangkut orang yang sakit atau sedang kritis, melainkan dipakai untuk alat transportasi mengikuti lomba burung sambil berjualan pakan burung.

Mobil ambulans yang disalahgunakan (redaksibengkulu.co.id)
Mobil ambulans yang disalahgunakan (redaksibengkulu.co.id)

Hal ini diketahui dari foto-foto yang diunggah oleh salah satu penumpang di mobil ambulans. Dia bersama teman-temannya terlihat berfoto selfie di dalam mobil ambulans dan menjual beberapa produk makanan burung. Dari foto-foto yang beredar di Facebook, warga Bengkulu mulai mencari tahu dari instansi mana mobil ambulans itu berasal.

Mobil ambulans untuk jualan pakan burung (redaksibengkulu.co.id)
Mobil ambulans untuk jualan pakan burung (redaksibengkulu.co.id)

Pengakuan Kepala Dinas Kesehatan

Tim dari RedaksiBengkulu.co.id sempat menanyakan kehebohan berita ini kepada Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kepahiang, Sudarno. Ternyata Sudarno tidak tahu kalau ada mobil ambulans yang disalahgunakan. Sudarno justru terkejut mendengar informasi dari RedaksiBengkulu.co.id. Selain itu, dia pun tidak begitu paham ambulans dari puskesmas mana yang digunakan oleh oknum-oknum tersebut.

“Wah saya tidak hafal ambulans puskesmas mana yang dipakai itu. Saya catat dulu nomor plat (ambulans) nya. Nanti saya cari tahu dulu puskesmas mana ambulans itu”, kata Sudarno, seperti yang disadur dari RedaksiBengkulu.co.id (21/5/2017).

Identitas kicau mania yang menggunakan mobil ambulans

Sehari kemudian, tanda tanya besar tentang oknum yang menyalahgunakan mobil ambulans terkuak. Usut punya usut, kicau mania yang menggunakan mobil ambulans untuk berjualan pakan burung adalah sang pengunggah foto-foto itu sendiri, yaitu Rija Rjb Canary Yogya. 

Dari sini, misteri mulai terbongkar satu-persatu. Diketahui Rija Rjb Canary Yogya atau M. Agus Rijaya adalah keponakan Kepala Puskesmas Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, Rabiatul Aini. Menurut penuturannya, mobil ambulans tersebut memang milik Puskesmas Kabawetan. Dia meminjamkan mobil ambulans kepada keponakannya yang bernama Rija pada hari Minggu pagi. Hanya saja, setahu dia mobil ambulans itu digunakan untuk mengunjungi kerabatnya yang sedang sakit.

“Memang benar ambulans itu yang pinjam keponakan saya. Katanya sama saya, untuk kunjungi saudara di Bengkulu yang sakit. Saya tidak tahu kalau ternyata digunakan untuk kegiatan lomba burung dan menjual pakan burung. Saya sendiri dibohongi dan terkecoh”, jelas Rabiatul kepada RedaksiBengkulu.co.id  via telepon, Senin (22/5/2017).

Saat itu juga, Rabiatul Aini mengaku salah karena telah meminjamkan mobil ambulans untuk kegiatan yang tidak semestinya. Ke depan ia berjanji akan berhati-hati lagi dalam segala hal khususnya terkait mobil ambulans.

“Saya ngaku salah. Ke depan saya akan berhati-hati”, ujar Rabiatul Aini.

Surat teguran dari Kepala Dinas Kesehatan

Terlepas dari hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kepahiang, Sudarno Kusuma menyatakan jika ia sudah memanggil dan meminta klarifikasi kepada Kepala Puskesmas atas penyalahgunaan mobil ambulans tersebut. Sudarno juga menyatakan bahwa pihaknya sudah mengeluarkan surat teguran kepada Kepala Puskesmas yang bersangkutan.

“Saya juga sudah mengeluarkan Surat Edaran (SE) dan saya kirimkan kepada seluruh puskesmas yang ada di Kepahiang terkait etika penggunaan ambulans di masing-masing puskesmas”, jelas Sudarno.

Permohonan maaf karena menyalahgunakan mobil ambulans

Dari kejadian tersebut, sepertinya Rija mendapatkan pelajaran yang sangat berharga. Dia langsung meminta maaf kepada masyarakat Bengkulu. Dia menyadari apa yang telah dia lakukan bersama teman-temannya adalah salah. Permohonan maaf tersebut dia lakukan melalui akun Facebook pribadinya, Rija Rjb Canary Yogya.

PERMOHONAN MAAF

Sehubungan dengan telah terjadinya penyalahgunaan fasilitas Mobil Ambulance Pukesmas Kabawetan Kepahiang pada hari Minggu 21 Mei 2017 di Taman Remaja Bengkulu,
Maka dengan ini saya :
Nama : M. Agus Rijaya / Rija Rjb Canary Yogya
Umur : 32th
Alamat : Desa Permu kec. Kepahiang

Dengan ini menyampaikan permohonan Maaf yang sebesar besarnya kepada Masyarakat Bengkulu, khususnya masyarakat kab. Kepahiang atas Kehilafan Saya dan ketidaknyamanan yang telah terjadi.

Demikian permohonan maaf ini saya sampaikan dengan kerendah hati dan rasa penyesalan yang sangat mendalam.

Ttd
M. Agus Rijaya

Permohonan Maaf Rija Rjb Canary Yogya (Facebook.com)
Permohonan Maaf Rija Rjb Canary Yogya (Facebook.com)

Permohonan maaf dari Agus Rijaya mendapatkan komentar positif dari teman-temannya. Sebagian besar dari mereka mengatakan bahwa permohonan maaf Agus Rija adalah tindakan yang penuh tanggungjawab.

Berikut komentar dari teman-teman Agus Rijaya

Arif Kurniawan: Jooos hu… Wani berbuat Wani tanggung jawab

Ferrykuse: Jadikan pelajaran dan pengalaman berharga tuk kita semuanya,,smoga kedepan tidak terjadi lgi…tetap semangat brother…

Qiew Coeroep: Salut buat Rija Rjb Canary Yogya berani berbuat,brani bertanggung jawab, pengalaman buat pelajaran tuk kt semua… masih adakah org yg berani meminta maaf,menggunakan mobil dinas khusus nya buat lomba burung…??? The Next…serba serbi lomba burung kicau…!!!

Genta Ronalta: Mantap bro, salut gue bro, idk satu kito nengok mobil dinas kadang di lomba burung, ck mano yg di bwak liburan apo di bwak untuk jalan2 hari libur? Itu trmsuk mnyalahgunakanbukan yo? Uda lupokan.
tetap strong bro ku Rija Rjb Canary Yogya

Dian Rahardiasyaini: Berani berbuat berani bertanggung jawab ini baru namany lelaki sejati sip 1000 jempol but sobat kita Rija Rjb Canary Yogya berani memintak maaf ke pada elemen2 dan lapisan2 masyarakt sprovinsi bengkulu khusus ny di kabupaten kepahiang semoga apa yg di lakukan atu di perbuat tidak akn terulangi lgi yg ke dua kali ny in pljran but sluruh para sahabat di mn pun berada, dan buat sobat kita rija rjb canary yogya ambl lah hikmah dari suatu permasalahn dan selalu bersabar dalam menghadapi cobaan hdup in semoga permasalahny cepat kelar dan permohon maaf nya bisa di terima olh seluruh masyrakat kepahiang amin..

Budi Satria: Nah dukungan dari teman2 mu sudah sangat jelas..semoga kedepannya tambah dewasa bisa melihat apa yg akan di lakukan slah atau tdak… Aku tambah bangga punya ponakan yg berani mengakui kesalahan dan meminta maaf…

 

Pencarian terkait:

  • kandang ternak burung paling unik

Be First to Comment

Comment here