Lovebird Balibu (wilkinsonsworld.com)

Kumpulan Tips Memilih dan Melatih Lovebird Balibu Ala Pakar Lovebird

Burungnya.com – Sebagian kicau mania lebih memilih untuk membeli Lovebird jawara ketimbang harus melatih Lovebird Balibu. Alasannya simpel, mereka tak perlu membuang-buang waktu untuk melatih Lovebird dan bisa langsung ikut lomba.

Namun, tidak semua kicau mania berpikiran demikian. Ada pula kicau mania yang memilih untuk mencari Lovebird Balibu dan melatihnya sendiri. Lovebird Balibu atau Lovebird di bawah usia 5 bulan ini memang mempunyai daya tarik tersendiri, terutama kepuasaan yang tak ternilai harganya saat kelak mampu mengorbitkan Lovebird hasil perawatan sendiri.

Sayangnya, masih sedikit kicau mania yang mengetahui mana Lovebird Balibu bermental juara dan Lovebird Balibu standar. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips memilih Lovebird Balibu yang fighter.

Pemilihan Lovebird Balibu sendiri bisa dibilang gampang-gampang susah, karena biasanya pembeli harus mengambilnya dari kandang ombyokan. Nah, agar Anda tidak kebingungan saat memilih Lovebird Balibu yang berkualitas, kami akan berikan tips cara memilih Lovebird Balibu bermental juara.

Baca juga: 5 Cara Melatih Lovebird Ngekek Panjang Seperti Perawatan Lovebird Kusumo

Tips memilih Lovebird Balibu

  1. Lovebird Balibu harus sehat dan terlihat lebih lincah dari burung lainnya yang berada dalam satu sangkar.
  2. Bentuk kepala Lovebird besar agar volume otak besar dan bermental bagus.
  3. Lovebird Balibu kalau bisa memiliki leher yang jenjang atau panjang serta lebar.
  4. Pilih Lovebird Balibu yang paruhnya panjang, lebar, tebal, dan besar.
  5. Bulu sayap dan ekor Lovebird Balibu mengapit rapat serta tidak mekar.
  6. Cari Lovebird Balibu yang paling mendominasi di dalam kandang, lebih galak dari Lovebird lainnya. Ini menandakan Lovebird Balibu tersebut memiliki keberanian dan mental bagus.
  7. Batang kaki Lovebird Balibu dan kondisi tubuhnya harus mulus dan tidak cacat.
  8. Cakar Lovebird Balibu harus kuat saat mencengkeram.
  9. Sorot mata Lovebird Balibu tajam, tidak berair, dan tidak belekan.
  10. Lubang hidung kering atau tidak berair. Hal ini untuk memastikan bahwa Lovebird bebas dari gangguan pernapasan.
  11. Cari Lovebird Balibu yang sudah belajar ngekek panjang atau sudah bisa ngekek.
  12. Burung Lovebird Balibu dapat menyahut suara masteran MP3.
  13. Lovebird Balibu memiliki nafsu makan yang tinggi.

Setelah memilih Lovebird Balibu, sekarang dilanjutkan ke pembahasan tentang tips melatih Lovebird Balibu agar bermental juara. Untuk tips cara memilih Lovebird Balibu berkualitas, kami mendapat beberapa bocoran dari beberapa pakar Lovebird, seperti Omkicau dan Om Benny LWS.

Tips Melatih Lovebird Balibu ala Omkicau

Penggunaan kandang Lovebird Balibu

Lovebird Balibu dipelihara dalam kandang battery selama 2-3 minggu pertama. Anda bisa menempatkan dua tenggeran di dalam sangkar, masing-masing ditempatkan di dekat tempat pakan dan wadah air minum.

Hal itu bertujuan agar Lovebird Balibu jadi lebih aktif dan banyak bergerak untuk meraih pakan dan air minum. Selain itu, dapat melatih otot sayap dan dada Lovebird, sehingga pernapasannya lebih panjang.

Meski Lovebird Balibu sudah menggunakan sangkar bulat, penggunaan kandang battery bisa dilanjutkan dalam waktu beberapa hari sekali. Dalam hal ini, kandang battery bisa difungsikan sebagai kandang umbaran minimalis.

Pemilihan pakan Lovebird Balibu

Anda bisa memberikan pakan harian berupa milet putih, dilengkapi jagung muda manis. Setiap beberapa hari sekali, Lovebird diberi pakan tambahan atau extra fooding (EF) seperti kangkung segar, 5 – 6 biji kwaci yang dikupas kulitnya, dan egg food untuk meningkatkan staminanya.

Pemandian Lovebird Balibu

Biasakan Lovebird mandi dalam keramba. Bisa juga dengan menyediakan bak mandi kecil ke dalam sangkarnya. Mandi secara rutin dapat membantu Lovebird Balibu mengolah napas dan suaranya.

Penjemuran Lovebird Balibu

Untuk penjemuran Lovebird Balibu bisa dilakukan di bawah sinar matahari. Tujuannya untuk mengeringkan bulu-bulunya, sekaligus dapat membantu menghilangkan kutu atau parasit yang bertempat dalam bulu-bulu tersebut. Penjemuran secara rutin, dengan durasi yang tepat, dapat membuat Lovebird muda ini terpancing untuk lebih rajin berbunyi dan ngekek panjang.

Pelatihan mental Lovebird Balibu

Jika Anda ingin melatih mental Lovebird Balibu , Anda bisa melakukannya dengan menggantang sangkar burung di tempat ramai, seperti dekat mesin atau peralatan elektronik yang suaranya berisik, atau digantung berdekatan dengan burung peliharaan lain yang ramai berkicau seperti Kenari, Cililin, Tengkek Buto, dan Pelatuk.

Jangan terlalu sering menggantang Lovebird dengan burung sejenis, baik yang masih muda maupun dewasa. Hal ini untuk melatih sifat tarungnya, serta mencegah Lovebird Balibu tersebut menjadi latah.

Namun sesekali (misalnya 2 minggu sekali), Lovebird Balibu bisa digantang berdekatan dengan burung sejenis. Bahkan, kalau mau Lovebird Balibu dapat digantang di sekitar arena latberan untuk membangkitkan mental tarungnya, sekaligus melatihnya agar terbiasa dengan suasana lomba.

Baca juga: 8 Terapi Lovebird Biar Gacor dan Ngekek Panjang dalam 1 Minggu

Tips perawatan Lovebird Balibu agar rajin bunyi setiap hari

Memandikan Lovebird Balibu rutin setiap hari

Memandikan Lovebird hingga basah kuyup dipercaya bisa meningkatkan stamina dan mental yang membuatnya lebih rajin berbunyi dengan suara panjang.

Namun, cara memandikan Lovebird Balibu tidak boleh sembarangan. Berikut ini beberapa tips memandikan Lovebird hingga basah kuyup :

  • Pagi hari, sekitar pukul 07.00, Lovebird Balibu disemprot hingga basah menggunakan semprotan atau sprayer. Bisa juga menggunakan keramba atau bak mandi jika kebiasaannya selama ini begitu.
  • Setelah itu, Lovebird Balibu dijemur hingga pukul 10.00 siang, kemudian diangin-anginkan sebentar kurang lebih selama 5-10 menit.
  • Jika bulunya sudah kering, Lovebird Balibu disemprot lagi hingga basah kuyup, lalu dijemur hingga pukul 12.00.
  • Setelah dijemur, Lovebird Balibu digantang di tempat teduh atau tempat biasanya.
  • Selama Lovebird Balibu bersantai hingga sore hari, Anda bisa melakukan pemasteran dengan memutarkan suara masteran rekaman burung atau menggantang burung masteran tidak jauh dari sangkarnya.

Baca juga: 12 Aplikasi Suara Burung Kicau Terbaik Untuk Masteran Gratis

Pemilihan pakan Lovebird Balibu secara tepat

Pemberian pakan Lovebird muda diusahakan bervariasi, baik pakan bijian yang biasa dikonsumsi seperti milet putih, juga campuran milet merah dan putih, hemp seed, pellet, kuaci dan sebagainya.

Alternatif lain untuk pakan Lovebird muda adalah pakan bijian berkecambah. Pakan tersebut memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi.

Jika hanya diberi milet putih saja, burung cenderung mengalami kegemukan. Selain itu, dengan pakan serasi dan seimbang, Anda sudah memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Tak hanya itu, jangan lupa memberikan extra fooding (EF) buah dan sayuran pada Lovebird Balibu.

Berikan sayuran seperti kangkung, tauge dan jagung muda pada Lovebird muda Anda, karena bisa membantu meningkatkan birahinya, sehingga mempercepat proses rajin bunyi. Pakan tersebut bisa diberikan ke Lovebird Balibu secara bergantian setiap harinya. Buah-buahan bisa diberikan 1-2 kali seminggu.

Baca juga: Inilah Menu Makanan dan Suplemen Lovebird Terbaik biar Ngekek Panjang

Tips melatih Lovebird Balibu usia 3 bulan ala Om Benny LWS

Om Benny LWS (mediaronggolawe.com)
Om Benny LWS (mediaronggolawe.com)

Pakan Lovebird Balibu

Lovebird Balibu diberi pakan yang memiliki kadar protein dan karbohidrat yang seimbang. Selama ini, pakan utama yang digunakan Om Benny berupa milet putih.

Untuk extra fooding (EF) terdiri atas jagung muda (¼ potong) dan kangkung (1 batang) setiap hari. Pakan ini diberikan sejak anakan berumur 1,5 bulan hingga memasuki usia 3,5 bulan.

Pemandian Lovebird Balibu

Banyak pecinta Lovebird memandikan burungnya menggunakan hand sprayer, tetapi Om Benny menggunakan metode lain, yaitu memegang langsung anakan Lovebird yang akan dimandikan.

Anakan Lovebird dipegang dalam posisi di bawah kran air yang mengalir lembut. Tubuh burung lalu diusap-usap mulai dari kepala, sayap, hingga ekor (layaknya memandikan burung perkutut) sehingga semua tubuhnya basah kuyup.

Metode seperti ini diyakini dapat memunculkan hubungan batin antara Lovebird dan pemilik. Hubungan batin yang terbina baik juga menjadi salah satu faktor penentu Lovebird bisa tampil moncer di arena lomba.

Baca juga: 6 Cara Membuat Ramuan Alami Untuk Memandikan Burung Kicau

Penjemuran Lovebird Balibu

Setelah dimandikan, Lovebird Balibu diangin-anginkan sebentar, tetapi jangan langsung terkena sinar matahari. Jadi, tunggu dulu sampai kondisi bulu Lovebird Balibu setengah kering. Setelah itu, Lovebird dijemur selama 15-20 menit (mulai pukul 08.30 hingga 08.50).

Lebih baik lagi, jika Lovebird Balibu dijemur langsung di atas lantai (bukan digantang). Namun pastikan lokasi penjemuran Lovebird bebas dari gangguan semut, tikus, kucing, ular, dan binatang pengganggu lainnya.

Baca juga: Cara Melindungi Burung dari Bahaya Tikus, Ular, Semut, Nyamuk, dan Kucing

Pemasteran Lovebird Balibu

Setelah dijemur, Lovebird Balibu dimasukkan ke ruang pemasteran. Ini biasa dilakukan Om Benny LWS mulai pukul 09.00 hingga 16.00.

Diusahakan kondisi ruang pemasteran cukup ramai, artinya ada lalu-lalang atau aktivitas manusia di sekitar ruangan tersebut, agar burung terbiasa dengan suasana yang ramai.

Kalau sudah, sekitar pukul 16.00 Lovebird Balibu dikerodong full dan dibiarkan beristirahat total dalam ruang pemasteran tersebut. Kerodong baru kembali esok hari sekitar pukul 07.30.

Demikian beberapa kumpulan tips memilih dan melatih Lovebird Balibu ala pakar Lovebird. Anda bisa menggunakan semua tips tersebut atau memilih salah satunya yang sesuai dengan kharakter Lovebird Anda. Semoga bermanfaat.

Komentar