Press "Enter" to skip to content

Lovebird Belalang Tempur Ditawar Rp 20 Juta, Ternyata Rahasianya Bawang Putih

0

Burungnya.com – Beberapa waktu lalu, Lovebird Belalang Tempur menjadi buah bibir di kalangan Lovebird mania Jakarta. Ini dikarenakan sepak terjangnya yang saat itu baru berusia 3 bulanan, tetapi sudah mengoleksi banyak prestasi yang membanggakan.

Prestasi Lovebird Belalang Tempur

Dalam kurun waktu satu bulan, Lovebird Belalang Tempur sudah meraih hampir 20 kali juara 1. Kalau di lapangan, Lovebird Albino ini mempunyai ciri khas konslet, yakni bunyi sendiri sambil tertidur tanpa memikirkan lawannya. Selain itu, kinerja Lovebird Belalang Tempur hampir tanpa jeda, bisa puluhan kali nariknya, dan bisa main lebih dari tiga sesi.

Awal mula kemunculan Lovebird Belalang Tempur

Lovebird Belalang Tempur didapat Om Abdul Fatah dari hasil ternakan anggotanya. Kebeteluan Om Abdul Fatah adalah ketua dari Komunitas Lovebird Jiung Kemayoran Jakarta Pusat.

Om Abdul Fatah mengatakan saat pertama kali melihat Lovebird Belalang Tempur, dia memang sudah ada kontak kemistri atau hubungan batin yang sangat mendalam.

Keunikan Lovebird Belalang Tempur

Menurutnya, ciri khas yang dimiliki Lovebird Belalang Tempur berbeda dengan Lovebird pada umumnya. Jika kebanyakan Lovebird baby sudah narik-narik saat didekatkan dengan sesama Lovebird baby, tapi Lovebird Belalang Tempur justru tertidur pulas sambil ngeriwik, seperti burung sakit.

Om Abdul Fatah menjadi penasaran dengan Lovebird Belalang Tempur. Untuk menjawab rasa penasarannya, dia mencoba memisahkan Lovebird Belalang Tempur dari Lovebird baby lainnya untuk digantungkan sendirian. Setelah dipisah, ternyata Lovebird Belalang Tempur malah ngekek panjang sambil tertidur.

“Saat itu, Lovebird Belalang Tempur disandingkan dengan Lovebird baby yang seumurnya. Lovebird baby lain tempur dan mulai narik-narik, akan tetapi Belalang Tempur hanya tertidur pulas dan ngeriwik, seperti burung sakit.”

“Rasa penasaran saya lebih mendalam, dan mulai memisahkannya untuk digantungkan sendirian. Dan ternyata Lovebird Belalang Tempur malah narik panjang sambil tertidur, seperti ciri–ciri burung konslet lah. Dengan begitu, saya bayar dan akhirnya saya rawat,” kata Om Abdul Fatah, seperti yang disadur dari MediaRonggolawe.com (21-2-2017).

Baca juga: Kelamin Jantan, Lovebird Mbah Marijan Ngekek Panjang 10 Menit, Begini Perawatannya

Rahasia bawang putih tunggal

Keahlian Om Abdul Fatah tenyata tidak hanya sekadar memilih bibit unggul saja, tetapi juga beresperimen untuk membuat pakan racikan Lovebird miliknya.

Baca juga:  8 Cara Mengatasi Lovebird Telat Ngekek di Lapangan Ala Om Sigit WMP

Biasanya jika pakan racikan buatan Om Abdul Fatah sudah dianggap berhasil diterapkan pada Lovebird-Lovebird miliknya, dia selalu membagikan resep rahasia pakannya kepada para anggotanya.

Nah, kali ini Om Abdul Fatah akan berbagi rahasia pakan racikan bawang putih tunggal.

Baca juga: 7 Tips Rahasia Merawat Burung yang Dibocorkan Pemilik Lovebird Kusumo

Kandungan bawang putih tunggal

Ternyata di balik ukuran bawang putih tunggal yang kelihatan kecil tersebut, tersimpan banyak kandungan yang bermanfaat untuk Lovebird, di antaranya minyak atsiri, allicin, kalsium, saltivine, protein, lemak, fosfor, zat besi, dan juga mengandung vitamin A, B1, C.

Manfaat bawang putih tunggal

Bawang putih tunggal (Mendetail.com)
Bawang putih tunggal (Mendetail.com)

Manfaat bawang putih tunggal untuk cukup banyak, seperti mengobati flu, obat penurun kolestrol, mencegah penyakit kanker, meningkatkan daya ingat, serta menjaga stamina. Semua manfaat ini ditujukan untuk manusia.

Kalau manfaat bawang putih tunggal untuk burung Lovebird beda lagi. Menurut Om Abdul Fatah, Lovebird dikasih bawang putih tunggal supaya tidak mudah terserang penyakit dan menambah stamina Lovebird agar tidak mudah lelah.

Manfaat bawang putih untuk burung kicau

Bawang putih (Pexels)
Bawang putih (Pexels)

1. Bawang putih mengandung anti bakteri

Tahukah Anda, zat alisin yang terdapat pada bawang putih memiliki sifat anti bakteri. Artinya, burung yang mengonsumsi bawang putih, tidak akan mudah terkena serangan bakteri.

Beberapa bakteri yang dapat ditolak dengan zat asilin antara lain, bakteri Salmonella, bakteri Escherichia, bakteri Streptococcus, bakteri Klebsiella, bakteri Bacillus, dan bakteri lainnya.

Jadi, jika suatu saat burung Anda terkena gangguan percernaan yang disebabkan oleh bakteri, Anda bisa memberikan bawang putih ke burung peliharaan Anda.

2. Bawang putih mengandung anti jamur

Selain mempunyai khasiat anti bakteri, ternyata bawang putih juga berkhasiat melawan jamur. Bawang putih mampu menghambat pembentukan mikotoksin.

Apa itu mikotoksin? Mikotoksin adalah racun atau toksin hasil dari proses metabolisme sekunder jamur yang dapat menyebabkan perubahan fisiologis abnormal atau pathologis pada manusia dan hewan. Jadi, intinya bawang putih dapat digunakan untuk mencegah beberapa penyakit yang disebabkan karena jamur.

3. Bawang putih mengandung anti parasit

Parasit merupakan hewan renik yang dapat menurunkan produktivitas hewan yang ditumpanginya.

Nah, dengan zat alisin yang terkandung di dalam bawang putih tadi, maka beberapa jenis parasit tidak akan bisa menyerang burung. Ini juga berfungsi sebagai anti bodi untuk menanggulangi parasit masuk ke tubuh burung.

Baca juga:  Berhasil Kalahkan Kusumo di Lomba Burung, Lovebird Ini Ditawar Rp 150 Juta

4. Bawang putih mengandung anti virus

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, di dalam bawang putih terdapat anti bodi untuk melawan berbagai jenis penyakit.

Bawang putih juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh burung yang mengonsumsinya. Dengan demikian, burung menjadi aman dan terlindungi dari serangan virus-virus berbahaya.

5. Bawang putih dapat mencegah dan mengobati flu pada burung

Di musim hujan seperti sekarang, suhu udara menjadi tak menentu, kadang naik, kadang turun. Tentunya, hal ini tak baik bagi kesehatan burung dan dapat mengakibatkan burung terkena berbagai jenis penyakit.

Oleh karena itu, berikan bawang putih ke burung peliharaan Anda supaya dia tidak terkena penyakit seperti flu dan gangguan kesehatan lainnya.

6. Bawang putih dapat menghangatkan tubuh burung

Hujan-hujan seperti ini sangat sulit mendapatkan sinar matahari. Kekebalan tubuh burung menjadi menurun karena kurang dijemur.

Maka dari itu, gunakan bawang putih untuk membantu menghangatkan tubuh burung. Selain itu, jangan lupa ditambahkan sedikit jahe, kunyit, dan kencur agar tubuh burung lebih hangat.

7. Bawang putih bisa digunakan untuk mengobati luka

Bawang putih sering digunakan untuk mengobati luka pada burung kicau. Saat burung terluka karena terjepit pintu sangkar atau tersangkut alas sangkar, Anda bisa memberikan bawang putih untuk mengobati lukanya.

8. Bawang putih dapat digunakan untuk menumbuhkan bulu ekor

Biasanya bawang putih digunakan sebagai terapi dalam membantu penumbuhan bulu ekor atau sayap burung yang rusak.

Anda tahu sendiri, burung bisa kapan saja mengalami mabung yang mengakibatkan bulunya rontok berjatuhan. Nah, supaya bulunya bisa cepat tumbuh, maka gunakan terapi bawang putih.

Cara pembuatan racikan bawang putih tunggal

Bagaimana cara membuat racikan pakan bawang putih tunggal untuk Lovebird? Caranya mudah, Anda cukup menyiapkan beberapa bawang putih tunggal, kemudian diparut.

Hasil parutannya diberi air hangat. Untuk takaran air hangatnya, disesuaikan dengan kebutuhan saja. Setelah itu, yang digunakan hanyalah air rendaman bawang putih tunggal tersebut.

Jangan lupa, saring sisa-sisa bawang putihnya hingga bersih, dan air bawang putihnya bisa digunakan untuk merendam milet. Tunggu beberapa jam agar air bawang putih dapat meresap ke dalam milet tersebut (Kalau miletnya 1/2 Kg beri 3 biji bawang putih tunggal, kalau miletnya 1 Kg, diberi bawang putih tunggal 5 biji saja).

Baca juga:  3 Cara Ampuh Mengatasi Lovebird Tidak Mau Bunyi saat Lomba

Kalau sudah selesai masa perendaman, milet bisa kita jemur hingga kering. Jika Anda memiliki oven, Anda bisa gunakan oven biar lebih cepat proses pengeringannya.

Perawatan Lovebird Belalang Tempur harian dan menjelang lomba

Untuk harian, perawatan Lovebird Belalang Tempur sangatlah mudah dan tidak merepotkan. Lovebird Belalang Tempur hanya rutin mandi setiap malam hari sekitar pukul 18.00 dan jarang sekali dijemur.

Makanannya pun hanya milet saja, tetapi milet yang sudah diracik menggunakan rendaman air bawang putih tunggal tadi.

Untuk persiapan lomba, perawatan Lovebird Belalang Tempur cukup sederhana karena dia hanya diberi jagung muda saja. Pemberiannya saat mulai dari H-1, hingga memasuki hari H.

Namun ada tambahan lagi, katanya Om Abdul Fatah tidak lupa memberikan ebod strong, 1 minggu 2 kali dengan dosis pemberian hanya 2 sampai 3 tetes saja, di air minum Lovebird Belalang Tempur.

Baca juga: 5 Cara Melatih Lovebird Ngekek Panjang Seperti Perawatan Lovebird Kusumo

Lovebird Belalang Tempur ditawar Rp 20 juta

Setelah melihat performa Lovebird Belalang Tempur di lapangan, banyak sekali kicau mania yang mencoba meminang Lovebird Belalang Tempur. Sedikitnya, terdapat 30 orang yang menawar Lovebird Belalang Tempur dengan harga yang berbeda-beda.

Kebanyakan dari mereka menawar Lovebird Belalang Tempur saat dia beraksi di lapangan, tapi ada pula yang menawar melalui telepon. Peminatnya pun cukup banyak, baik dari Jakarta maupun luar kota Jakarta.

Tawaran terakhir Lovebird Belalang Tempur sampai menembus angka Rp 20 juta. Namun, tawaran tersebut ditolak karena Om Abdul Fatah masih sayang dengan Lovebird Belalang Tempur. Di samping itu, Om Abdul Fatah ingin melihat seperti apa kelak perkembangan Lovebird Belalang Tempur.

Baca juga: Lovebird Putri Dewi, Dulu Belinya Rp 10 Juta Sekarang Ditawar Rp 600 Juta

Semoga saja, Lovebird Belalang Tempur menjadi salah satu Lovebird fenomenal yang ngekek panjang dan moncer di lapangan.

Demikian khasiat bawang putih yang ternyata dapat meningkatkan stamina Lovebird Belalang Tempur hingga ditawar Rp 20 juta. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman. Terima kasih.

Comment here