Press "Enter" to skip to content

Lovebird Kusumo Mulai Diternak, Anakannya Sudah Banyak yang Pesan

0

Burungnya.com – Akhir bulan Agustus kemarin, Om Sigit WMP sempat menunjukkan isyarat bahwa Lovebird Kusumo akan pensiun dari perlombaan burung. Ternyata, hal tersebut bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, saat ini Lovebird Kusumo benar-benar masuk kandang breeding untuk diternak.

Mendengar keputusan Om Sigit WMP Klaten, penggemar dan teman-temannya banyak yang kurang setuju. Tapi mau gimana lagi, keputusan Om Sigit WMP sudah bulat untuk memasukkan Lovebird Kusumo ke kandang breeding.

Lovebird Kusumo terakhir tampil di Solo Vaganza

Meski begitu, Lovebird Kusumo masih diizinkan menikmati perlombaan untuk terakhir kalinya. Lovebird Kusumo menutup perjalanan panjangnya di event Solo Vaganza.

Om Sigit WMP sendiri juga sudah mengatakan bahwa Solo Vaganza jadi lomba bersejarah bagi Lovebird Kusumo. Selesai mengikuti lomba Solo Vaganza, Lovebird Kusumo langsung masuk kandang breeding.

Baca juga: 5 Cara Melatih Lovebird Ngekek Panjang Seperti Perawatan Lovebird Kusumo

“Sepulang dari Solo Vaganza, Lovebird Kusumo langsung masuk kandang breeding. Kebetulan jodohnya sudah siap,” kata Om Sigit WMP Klaten, seperti yang dikutip dari Burungnews.com (5/9/2017).

Lovebird Kusumo di depan glodok (burungnews.com)
Lovebird Kusumo di depan glodok (burungnews.com)

Mengenang sepak terjang Lovebird Kusumo

Saat ini, Lovebird Kusumo memang sudah tidak terlalu sering mendapat juara 1. Walaupun begitu, Kusumo adalah Lovebird fenomenal pertama yang paling rajin kerja, suara ngekek panjang, dan konsisten di beberapa sesi lomba.

Bisa dibilang, Lovebird Kusumo adalah Lovebird konslet. Bagaimana tidak, Lovebird Kusumo tampil konsisten dengan ciri khas ngekek panjang selama dua tahun lebih. Ya, Lovebird Kusumo memang menjadi satu-satunya burung yang konslet dan tak terkalahkan.

Baca juga:  Lovebird Bertanduk Muncul Lagi di Solo, Harganya Rp 15 Juta

Bahkan, penggemar Lovebird Kusumo sudah tersebar di seluruh kota di Indonesia. Saat Lovebird Kusumo mengikuti lomba di daerah tertentu, penggemarnya datang mengerubungi bak fans minta tanda tangan artis idolanya dan mengikuti di belakangnya ketika mau digantang.

Mereka semua dulunya tak tahu kalau Lovebird Kusumo merupakan Lovebird berkelamin betina. Sebab, Lovebird Kusumo terlihat begitu perkasa di lapangan dan kuat main beberapa sesi dalam satu event. Namun, setelah Om Sigit WMP memberitahukan bahwa Lovebird Kusumo adalah Lovebird betina, semua penggemarnya terkejut.

Umumnya, Lovebird konslet zaman sekarang memang didominasi oleh Lovebird berkelamin jantan. Bahkan, kini Lovebird jantan bisa ngekek panjang hingga durasi 10 menit. Contohnya, Lovebird Mbah Marijan yang belakangan sering diperbicangkan kemampuannya karena bisa ngekek panjang dengan durasi sekitar 5-10 menit.

Alasan Lovebird Kusumo mulai diternak

Sampai saat ini, Lovebird Kusumo masih ngekek panjang dan stabil di perlombaan. Namun, Om Sigit WMP ingin berbagi kesempatan dengan generasi yang lebih muda. Sebab, sekarang mulai bermunculan Lovebird konslet dan ngekek panjang yang kemampuannya tak jauh beda dengan Lovebird Kusumo.

Maka dari itu, Lovebird Kusumo dimasukkan kandang breeding untuk mendapatkan anakan Lovebird jawara dengan trah Lovebird fenomenal yang mampu ngekek panjang.

“Lovebird Kusumo sudah saatnya masuk kandang, ini memang bukan keputusan mudah. Kita pernah merasakan masa-masa jaya, sekarang harus mau menerima keadaan bila para penerusnya sudah banyak berdatangan, Kusumo harus mau memberikan tempat kepada generasi yang lebih muda, dan lebih gagah.”

Baca juga:  Maling Burung Kelas Kakap, Puluhan Indukan Murai Batu Jawmin BF Kudus Disikat Habis

“Masuk kandang breeding adalah pilihan yang menurut saya tepat ya sekarang ini, selagi masih mau tampil. Jangan sampai terlambat setelah benar-benar tak mau tampil baru kita masukkan kandang,” ujar H. Sigit WMP Klaten.

Baca juga: Cara Ternak Lovebird Untuk Pemula yang Baru Memelihara Lovebird

Anakan Lovebird Kusumo sudah banyak dipesan

Walaupun sekarang Lovebird Kusumo berada di kandang breeding, dia tetap bisa menghibur H. Sigit WMP.

“Masih bisa menikmati Lovebird Kusumo saat di kandang breeding sembari ngopi-ngopi kok,” kata Om Sigit WMP.

Om Sigit WMP menikmati Lovebird Kusumo sambil ngopi (facebook.com)
Om Sigit WMP menikmati Lovebird Kusumo sambil ngopi (facebook.com)

Om Sigit WMP sempat menceritakan bahwa Lovebird Kusumo bertugas menata sarang sebelum tidur.

“Kemarin siang si jantan ada di luar, tapi semalam tidur bareng di glodok semua. Yang menata sarang sebelum dipakai tidur Lovebird Kusumo,” imbuhnya.

Tak hanya itu, ternyata anakan Lovebird Kusumo sudah banyak dipesan, terutama sahabat-sahabat Om Sigit WMP. Ketika mendengar permintaan sahabatnya, Om Sigit WMP menanggapi dengan tertawa.

Semoga nantinya, Lovebird Kusumo mempunyai anakan yang istimewa dan mampu tampil stabil di lapangan serta ngekek panjang bermenit-menit.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Lovebird Telat Ngekek di Lapangan Ala Om Sigit WMP

Jika artikel ini dirasa menarik, jangan lupa like dan share ke teman-teman. Terima kasih.

Comment here