Press "Enter" to skip to content

Mengapa Burungnya Tidak Mau Berkicau?

0

Burungnya.com – Mengapa burungnya tidak mau berkicau? Pertanyaan seperti ini sering kali dilontarkan oleh orang yang baru membeli burung (orang awam). Sebenarnya, tidak semua burung suka berkicau. Terkadang, ada beberapa burung yang malas berkicau. Apakah burung tersebut sedang stres atau sakit? Tak hanya stres dan sakit saja, banyak faktor yang menyebabkan burung tidak mau berkicau.

Berikut beberapa faktor penyebab burung tidak mau berkicau:

1. Burung sedang dalam masa mabung

Burung yang sedang mengalami masa mabung atau merontokkan bulu, biasanya tidak mau berkicau. Sebab, fisiknya belum terlalu kuat untuk berkicau. Kalau sudah demikian, Anda harus segera memberikan makanan bernutrisi agar burung Anda mau berkicau kembali. Satu hal yang harus Anda tahu, terkadang seusai masa mabung, burung tetap tidak mau berkicau. Hal ini karena burung harus melewati masa dua bulan untuk memulihkan kondisi fisiknya.

2. Burung hasil tangkapan dari hutan

Burung yang ditangkap dari hutan memang tidak suka berkicau. Hal ini disebabkan oleh faktor lingkungan yang berbeda. Biasanya, kalau di hutan suasananya sunyi, sehingga burung bebas berkicau kapan saja. Sementara, kalau burung tersebut dirawat manusia, maka lingkungan yang tadinya sunyi menjadi ramai. Alhasil, burung menjadi stres dan ketakutan. Burung seperti ini sulit beradapsi dengan lingkungan barunya dan harus dijinakkan terlebih dahulu. Setelah burung dijinakkan, beberapa bulan kemudian, biasanya burung tersebut mau berkicau kembali, tergantung dari mental si burung.

Baca juga:  Bisnis Burung Paruh Bengkok, Omzet Mahasiswa UNS Mencapai Rp 72 Juta

Baca: 5 cara menjinakkan semua jenis burung kicau tanpa mengeluarkan biaya

3. Burung hanya mau berkicau pada saat-saat tertentu saja

Burung yang hanya mau berkicau pada saat-saat tertentu, biasanya dialami oleh burung yang belum birahi. Ini artinya, jika burung Anda belum birahi atau belum siap kawin, maka burung Anda akan diam saja. Masalah seperti ini, solusinya harus bersabar dan tunggulah sampai burung Anda birahi dengan sendirinya. Kalau mau lebih cepat birahi, Anda harus rajin memberikan vitamin dan makanan yang bergizi pada burung tersebut.

4. Burung yang ‘jago kandang’

Burung ‘jago kandang’, maksudnya burung tersebut hanya mau berkicau di dalam rumah. Setelah keluar rumah atau mengikuti perlombaan, burung tersebut tidak mau berkicau. Burung pemalu seperti ini mau berkicau lagi, jika dia sudah terbiasa bertemu dengan lawan-lawannya. Oleh sebab itu, belilah burung kicau satu lagi atau dekatkan dengan burung kicau tetangga untuk membantu menguatkan mentalnya. Lama-kelamaan, burung Anda akan birahi dan mau berkicau di manapun.

Itulah, sepenggal ulasan tentang faktor penyebab burung tidak mau berkicau. Dengan begitu, Anda tak perlu bertanya lagi, mengapa burungnya tidak mau berkicau?

Comment here