Press "Enter" to skip to content

Mengenal Lovebird Euwing atau Ewing Lengkap dengan Ciri dan Harga Terbaru

0

Burungnya.com – Terdapat beragam jenis Lovebird di Indonesia, salah satunya Lovebird Euwing atau Ewing. Jenis Lovebird yang satu ini memang cukup sulit ditemukan di Indonesia. Maka tak heran, harga Lovebird Euwing atau Ewing lumayan mahal. Sama dengan Lovebird Biola yang termasuk jenis Lovebird termahal di Indonesia.

Nah, berbicara tentang Lovebird Euwing, ternyata jenis Lovebird ini mempunyai banyak varian mutasi, seperti Lovebird Biola Euwing, Lovebird Euwing biru atau Lovebird Euwing blue, Lovebird Ewing violet, Lovebird Euwing dark violet fischeri, Lovebird Euwing olive, Lovebird parblue Euwing, Lovebird Euwing green series, Lovebird Euwing mouve, dan lain-lain.

Apa itu Lovebird Euwing atau Ewing?

Lovebird Euwing adalah akronim dari Eumelanin dan Wing yang artinya bagian sayap Lovebird mengalami peningkatan Eumelanin atau faktor gelap. Ini juga menjadi alasan mengapa sayap Lovebird Euwing lebih gelap dari sayap Lovebird lainnya.

Karena sayap Lovebird Euwing berwarna lebih gelap, maka bagian punggungnya terlihat lebih cerah. Jadi, kalau diperhatikan dengan saksama, bagian punggung Lovebird Euwing seperti ada simbol huruf V.

Baca juga: 10 Jenis Lovebird yang Paling Bagus dan Trend Warna Lovebird Terbaru

Ciri-ciri Lovebird Euwing atau Ewing

Untuk mengetahui ciri Lovebird Euwing tidak hanya dilihat dari bagian punggungnya yang berbentuk huruf V, tapi juga ada ciri lainnya. Berikut ciri-ciri Lovebird Euwing atau Ewing:

  • Bagian kepala Lovebird Euwing biasanya berwarna hitam seperti Lovebird Dakori. Namun, ada juga Lovebird Ewing yang kepalanya berwarna merah atau orange seperti Lovebird Biola.
  • Kebanyakan paruh Lovebird Euwing berwarna merah.
  • Kalau dilihat pada bagian punggung, sayap Lovebird Euwing akan membentuk hufuf V. Ini terlihat kontras karena warna punggung dan kedua sayapnya berbeda.
  • Pigmen bulu Lovebird Euwing tidak sempurna, sehingga punggungnya membentuk V-Forming. Untuk Lovebird Euwing SF V-Forming tanda V hanya terlihat kecil, sedangkan pada DF V-Forming semakin besar melebar.
  • Kedua sayap Lovebird Euwing mempunyai warna trotol-trotol mirip Lovebird blorok dan sebagian bagian sayapnya berwarna hitam gradasi warna kuning.
  • Bagian dada Lovebird Euwing berwarna lebih cerah, seperti kuning cerah atau putih.
  • Pada mutasi Lovebird Euwing Green Series warna V-Formig, bagian dada dan area perut akan berubah menjadi kuning (DF lebih berwarna kuning daripada SF).
  • Sementara, pada mutasi Lovebird Ewing Blue Series warna V-Formig, dada dan area perut akan berubah menjadi kelabu (DF lebih berwarna putih daripada SF), seperti yang dikutip dari catatan Sugianto Limanto/ KimmiG House.
  • Ketika Lovebird Euwing ditingkatkan warna gelapnya (Dark Factor) menjadi Dark Euwing (D Euwing) atau Double Dark Euwing (DD Euwing) maka bulu dadanya akan lebih kelihatan lebih gelap (tidak cerah).
  • Lovebird Ewing mayoritas berwarna kuning kehitaman.
  • Bagian ekor Lovebird Ewing berwarna kehitaman dan bergradasi kuning.
Baca juga:  Terungkap Arti Tato Burung Phoenix di Kaki Menteri Susi Pudjiastuti

Baca juga: 13 Cara Membedakan Lovebird Jantan dan Betina yang Paling Akurat

Sejarah Lovebird Euwing atau Ewing

Lovebird Euwing pertama kali ditemukan oleh Piet Verhijde dari Belanda pada tahun 2004. Konon katanya, Lovebird ini terlahir dari indukan Lovebird hijau atau ijo standar dengan Lovebird Lutino fischeri.

Sekilas, Lovebird Euwing mirip seperti Lovebird Olive, tapi memiliki warna kuning kehijauan yang lebih menyala dan tegas. Sementara, Lovebird Olive sendiri warnanya lebih kusam.

Kenapa dinamakan Lovebird Euwing? Seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi, hal ini karena terjadi peningkatan warna gelap atau hitam pada bagian sayapnya sehingga membentuk huruf V di bagian punggung.

Nah, karena ada peningkatan warna gelap pada sayap yang disebabkan oleh Eumelanin, sehingga Lovebird Euwing disebut dengan Eumelamin on the wing dan disingkat Euwing.

Baca juga: Kampung Lovebird di Sumenep Jadi Kampung Lovebird Pertama di Indonesia

Harga Lovebird Euwing atau Ewing tahun 2017

Harga Lovebird Euwing mengalami kenaikan setiap tahunnya. Untuk tahun 2017, diketahui harga Lovebird Euwing atau Ewing di pasaran berada di kisaran Rp 2,3 juta – Rp 5,5 juta. (Sumber: Komunitas Lovebird Euwing Indonesia)

Untuk lebih jelasnya, kami akan memberikan kisaran harga yang dijual oleh salah satu Lovebird mania di Malang (Yusuf Christoper).

  • Harga Lovebird Euwing green perso usia 3 bulan = Rp 2,3 juta
  • Harga Lovebird Euwing fischeri usia 3 bulan = Rp 3,2 juta
  • Harga Lovebird Pied Euwing sable usia 3 bulan = Rp 4 juta
  • Harga Lovebird Euwing Dark Blue atau Vio fischeri usia 7 bulan = Rp 5,5 juta
Baca juga:  Penghormatan Terakhir Untuk Burung Kesayangan yang Sudah Meninggal

Mohon diperhatikan, harga yang tertera di atas berasal dari satu penjual Lovebird Euwing saja.

Untuk harga Lovebird Euwing lainnya, bisa saja lebih mahal atau lebih murah dari harga tersebut. Namun, yang pasti harga Lovebird Euwing tidak jauh dari kisaran harga Rp 2,3 juta – Rp 5,5 juta.

Demikian pengenalan tentang Lovebird Euwing atau Ewing lengkap dengan ciri-ciri, sejarah, dan harganya. Jika info ini bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman lainnya. Terima kasih.

Comment here