Press "Enter" to skip to content

Penangkaran Murai Batu Ekor Terpanjang di Dunia Ternyata Ada di Indonesia

5

Burungnya.com – Salah satu daya tarik burung Murai Batu adalah ekornya yang panjang. Di Indonesia, ekor Murai Batu terpanjang dimiliki oleh burung Murai batu yang berasal dari habitat aslinya, yaitu Aceh.

Murai Batu Aceh mempunyai ekor paling panjang di Indonesia, yaitu antara 19-27 cm. Ekor Murai Batu terpanjang selanjutnya berasal dari Medan yakni 18-22 cm. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa baca artikel 12 Daftar Panjang Bulu Ekor Murai Batu Berdasarkan Habitat Aslinya.

Ekor Murai Batu terpanjang di dunia

Ternyata, ekor Murai Batu Aceh masih belum ada apa-apanya bila dibandingkan dengan ekor Murai Batu terpanjang di dunia. Dikutip dari Mediaronggolawe.com (15/6/2017), sampai saat ini ekor Murai Batu paling panjang di dunia mencapai 36 cm. Hal ini diketahui dari hasil survei yang telah dilakukan oleh Om Catur, pemilik penangkaran CTR BF atau Catur Bird Farm.

Penangkaran burung Murai Batu ekor terpanjang di dunia (facebook.com)
Penangkaran burung Murai Batu ekor terpanjang di dunia (facebook.com)

Menurut Om Catur, berdasarkan hasil survei yang ia lakukan di beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, dan Laos, burung Murai Batu miliknya saat ini adalah yang terpanjang di dunia dengan ekor sepanjang 36 cm.

Murai Batu milik Om Catur jadi yang terpanjang di dunia karena habitat aslinya bukan berasal dari Indonesia, tapi dari Singapura.

Penangkaran Murai Batu ekor terpanjang di dunia

Kebanyakan indukan Murai Batu milik Om Catur memang didatangkan dari Singapura. Murai Batu asal Singapura dikenal mempunyai kualitas di atas rata-rata dari burung Murai Batu lainnya.

Baca juga:  3 Alasan Mengapa Burung Tidak Kesetrum saat Bertengger di Kabel Listrik

Bahkan, Om Catur sampai membuat penangkaran sendiri yang dinamakan CTR BF, di mana burung-burung Murai Batu yang ditangkarkan memiliki ekor yang panjang-panjang.

Sayangnya, Om Catur tidak berniat untuk menjual Murai Batu ekor panjang di penangkarannya. Semua indukan Murai Batu yang didatangkan dari Singapura akan diternak sendiri. Ya, burung Murai Batu milik Om Catur didatangkan dari Singapura, kemudian diternak di Bogor.

“Indukan yang saya miliki tidak diperjualbelikan, semuanya untuk bibit Catur Bird Farm. Dibayar berapapun tetap tidak akan dilepas karena burung Murai Batu yang sudah sampai di Bogor merupakan suatu perjuangan yang sangat spesial sehingga tak terpikir untuk dijual,“ kata Om Catur.

Impor Murai Batu dari Singapura

Lantas, bagaimana Om Catur bisa mengimpor burung Murai Batu dari Singapura? Ketika ditanya demikian, Om Catur mulai menceritakan kisah hidupnya. Dia pindah ke Singapura dan menetap di sana. Setelah tinggal di Singapura selama 10 tahun, Om Catur merasa jatuh cinta dengan Murai Batu Singapura.

Maka dari itu, dia memutuskan untuk memelihara Murai Batu Singapura dan mulai memperdalam seluk beluk tentang Murai Batu tersebut.

Begitu kembali ke Indonesia, pria yang kerja sebagai Contractror Expert ini ingin menangkarkan Murai Batu Singapura. Alasannya simpel, burung Murai Batu Indonesia ekornya tidak terlalu panjang, yakni rata-rata ekornya mencapai 23-24 cm.

Baca juga:  8 Jenis Burung Kicau Paling Populer di Pulau Jawa Indonesia

Oleh karena itu, dia memutuskan untuk mendatangkan indukan Murai Batu dari Singapura karena mempunyai keturunan ekor yang panjang.

Kalau menggunakan indukan Murai Batu habitat asli Indonesia, ekornya tidak akan terlihat panjang seperti Murai Batu Singapura. Menurutnya, walaupun perawatan Murai Batu itu sudah baik, kalau genetik bawaannya dari Murai Batu ekor pendek, maka anaknya juga memiliki ekor yang pendek.

Oleh karena itu, dia memilih indukan Murai Batu dari Singapura yang dikenal memiliki ekor panjang-panjang.

Harga Murai Batu ekor panjang

Tadi, Om Catur sempat menuturkan bahwa dirinya tidak akan menjual burung Murai Batu ekor panjang. Ternyata, burung yang tidak boleh dijual tersebut adalah indukannya saja. Kalau anakan Murai Batu ekor panjang tetap dijual oleh Om Catur. Namun, tunggu dulu, Anda jangan kaget ketika mengetahui harga anakan Murai Batu ekor panjang.

Untuk anakan Murai Batu betina, Om Catur menjualnya seharga Rp 50 juta. Sementara, anakan Murai Batu jantan ditawarkan dengan harga Rp 45 Juta.

Baca juga: Berkat Sang Istri, Suami Gajian Rp 70 Juta Per Bulan dari Burung Murai Batu, Begini Kisahnya

Jika Anda berminat beli Murai Batu ekor panjang di CTR BF, Anda bisa membeli anakannya dengan harga di kisaran Rp 45 juta – Rp 50 juta.

Nah, agar lebih mudah saat proses pembelian burung Murai Batu ekor panjang, Anda bisa langsung menghubungi Om Catur melalui Facebook dengan nama ‘Catur BF Purwo Banyuwangi’ atau meneleponnya di nomor 081318832963.

Baca juga:  Berkat Sang Istri, Suami Gajian Rp 70 Juta Per Bulan dari Burung Murai Batu, Begini Kisahnya

Namun, jika Anda takut adanya tindak penipuan jual beli burung online, maka Anda bisa langsung datang ke Bird Shop di Jl. Sukahati, Bogor.

Demikian ekor burung Murai Batu terpanjang di dunia. Jika ada burung Murai Batu yang memiliki ekor lebih panjang dari Murai Batu milik Om Catur, Anda bisa menginfokannya melalui kolom komentar. Terima kasih.

    • Kenapa link youtubenya gak di lampirkan? Itu pembahasannya semua dapt dr youtube saya.

  1. paidjo gogik

    ? ? ? PANJANG EKOR/?SUKAK NDEPROK GAK YA?

  2. masih anakan aja harganya Rp 45 juta – Rp 50 juta, gimana kalo udah menang kontes berkali-kali, 1 burung pasti bisa buat beli rumah baru tuh.. hehehe..

Comment here