Press "Enter" to skip to content

Pencurian Burung Lovebird di Sampang Sangat Meresahkan Warga

0

Burungnya.com – Dari hari ke hari, harga burung Lovebird semakin meningkat. Dalam beberapa tahun terakhir, harga Lovebird bisa mencapai ratusan juta rupiah. Bahkan, ada Lovebird yang dihargai sampai miliaran rupiah.

Semakin mahal harga Lovebird, tentunya banyak kicau mania yang ingin memeliharanya. Namun, sepertinya tak hanya kicau mania saja, sebab para pelaku tindak kejahatan juga memanfaatkan peningkatan harga Lovebird sebagai ladang bisnis baru.

Ya, kita bisa menengok di wilayah Sampang, Madura. Di daerah ini jenis burung Lovebird menjadi incaran tindak kejahatan atau bahasa umumnya pencurian.

Baca juga: Ngekek Panjang 5 Menit, Lovebird Marco Terjual di Atas Rp 500 Juta

Hal ini diketahui setelah Lovebird milik Pak Anto (56) yang raib dicuri maling burung. Pria setengah baya yang tinggal di Jalan Pahlawan, Kelurahan Rongtengah, Kabupaten Sampang, Madura ini mengaku kehilangan dua pasang Lovebird sekaligus.

Tak hanya itu, selang satu hari setelah pencurian burung Lovebird milik Pak Anto, Lovebird milik Pak Sugik (39) yang tinggal di Kelurahan Rongtengah, juga hilang digondol maling.

Sepertinya, pelaku pencuri burung Lovebird bakal semakin marak terjadi di Sampang, mengingat harga Lovebird sangat mahal.

“Kami minta kepada penegak hukum supaya bertindak, karena pencurian Lovebird di Sampang semakin meresahkan warga,” kata Pak Anto, seperti yang disadur dari Beritajatim.com (9/10/2017).

Baca juga: Lovebird Rossiddin Belinya Rp 1 Juta, Setelah Jadi Lovebird Konslet Ditawar Rp 600 Juta

Baca juga:  Orang Kaya Ini Ajak 80 Burung Elang Naik Pesawat dengan Biaya Ratusan Juta

Ini cuma satu kelurahan saja, kemungkinan masih banyak kelurahan lain di Sampang Madura atau di kota lain yang diresahkan oleh kejahatan pencurian burung Lovebird.

Untuk itu, kita sebagai kicau mania harus semakin waspada dengan pencurian burung, terutama Lovebird. Setidaknya, Anda harus tahu, apa saja modus pencurian burung biar tidak kemalingan.

Setelah memahami modus pencurian burung, lakukan beberapa tips melindungi dan menjaga burung dari maling:

  1. Anda harus mengunci rapat pintu, jendela, serta pagar.
  2. Menggantung sangkar burung di lokasi yang tinggi atau berada di jangkauan orang rumah.
  3. Sebaiknya memasang kamera CCTV di lokasi-lokasi strategis.
  4. Kalau bisa menambahkan alarm tempel di pintu dan jendela.
  5. Ketika rumah ditinggal pergi, Anda harus menyalakan lampu, televisi, tape, atau radio agar suasana rumah terlihat berpenghuni.
  6. Sediakan ruang khusus untuk menyimpan burung yang bisa dipantau kapan saja.
  7. Jika Anda pergi keluar kota, titipkan burung pada tetangga atau satpam.
  8. Waspada di waktu-waktu tertentu, seperti waktu Subuh hingga terbit matahari, siang hari saat semua orang istirahat atau kerja, dan malam hari ketika lingkungan sepi saat ditinggal keluar atau solat Tarawih.

Demikian sedikit info tentang maling burung Lovebird yang semakin merajalela. Semoga dengan adanya info ini, kicau mania di seluruh nusantara bisa lebih berhati-hati dan selalu waspada terhadap maling burung.

Baca juga:  7 Cara Paling Ampuh Membuat Lovebird Cepat Bertelur, Banyak Peternak yang Berhasil

Baca juga: Lovebird Putri Dewi, Dulu Belinya Rp 10 Juta Sekarang Ditawar Rp 600 Juta

Jika info ini bermanfaat, jangan lupa like dan share ke teman-teman yang lain. Terima kasih.

Comment here